Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pj Sekda Buka Pelatihan Manajemen Bencana

Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef memasang tanda peserta.
Jambipos Online, Merangin-Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef membuka acara pelatihan dasar manajemen bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merangin, Rabu (28/12/2018).

Pelatihan yang berlangsung di Aula Hotel Cantika tersebut, diikuti puluhan perserta.

"Sebagaimana kita ketahui, Kabupaten Merangin memiliki kondisi wilayah geografis dan hidrologi yang memungkinkan terjadinya bencana,’’ujar Pj Sekda.

Bencana itu lanjut Pj Sekda, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, maupun faktor manusia. Bencana tersebut, baik banjir, longsor, puting beliung, kebakaran dan berbagai bencana lainnya yang harus cepat ditangani.

"Pelatihan ini memiliki makna penting, terutama untuk meminimalisir dampak korban dan luasan bencana serta percepatan dalam penanganan bencana. Relawan dan masyarakat merupakan ujung tombak,’’terang Pj Sekda.

Para relawan dan masyarakat yang menjadi peserta pelatihan itu, diharapkan bisa berfungsi melakukan kajian secara cermat dan tepat di lokasi bencana, membantu satuan koordinasi perlaksana BPBD Kabupaten Merangin.

Bantuan itu penting dalam pengaktifkan Posko dalam penanggulangan bencana, memperlancar koordinasi dengan seluruh sektor terkait dalam penanganan bencana.

Selain itu diharapkan relawan dan masyarakat bisa melakukan pemetaan daerah rawan bencana, mambuat laporan kejadian bencana dan melaporkan bencana tersebut ke dinas terkait.

"Pelatihan ini merupakan bagian dari penanggulangan bencana. Saya berharap agar peserta dapat mengikuti dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga sangat bermanfaat,’’pinta Pj Sekda.(JP-Yah)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar