Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Harga TBS di Jambi Turun

ILUSTRASI-TBS KELAPA SAWIT.GOOGLE
Jambipos Online, Jambi-Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Jambi terus mengalami penurunan hingga saat ini. Berdasarkan hasil rapat Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jambi, yang juga dihadiri perusahaan mitra dan pihak terkait lainnya, Kamis (15/11/2018) pagi, harga TBS untuk periode 16 hingga 22 November 2018, mengalami penurunan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Standarisasi dan Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Jambi, Putri Rainun mengatakan, sesuai hasil rapat, ada penurunan harga TBS di Provinsi Jambi, untuk TBS usia  10 tahun. “Harga turun Rp. 126, untuk umur 10 tahun.” Katanya.

Penyebab turunnya harga TBS ini, yakni diakibatkan oleh pasokan buah diperusahaan menumpuk. Selain itu juga, memang saat ini minat pembeli memang kurang.

Dari hasil rapat tersebut, terdapat harga CPO rata-rata yakni seharga Rp. 5.567,04. Sedangkan inti sawit, sebesar Rp. 3.520, 52. Katanya, agar petani bisa memperoleh harga yang masih layak, pihaknya menghimbau masyarakat, khususnya petani sawit supaya menjual buah secara bermitra. Sehingga tidak ada permainan harga, yang dilakukan oleh oknum pembeli.

“Ya himbaun kami untuk petani mitra maupun swadaya, supaya menjual TBS secara bermitra, atau menjual langsung ke pabrik. Agar bisa memperoleh harga yang sesuai,” katanya.(JP-Lee)

Berikut harga TBS terbaru, untuk periode 16 hingga 22 November 2018 :


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar