Home » , » 33 Peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 Dinyatakan Kompeten

33 Peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 Dinyatakan Kompeten

Written By jambipos-online on Sabtu, 10 November 2018 | 21:02

Foto Bersama Panitia, penguji, Peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018, Saat penutupan UKW, Sabtu (10/11/2018).WA
Jambipos Online, Jambi- Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) PWI Pusat Dr Rajab Ritonga MSi mewakili tim penguji mengumumkan sebanyak 33 dari 42 peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V dinyatakan lulus atau kompeten. Sementara 9 peserta dinyatakan belum lulus karena faktor disiplin, sakit dan juga belum kompeten. Peserta yang tidak lulus ini dari tingkat Utama dan Muda, sementara dari tingkat Madya seluruhnya dinyatakan kompeten.

Demikian Dr Rajab Ritonga MSi saat mengumunkan hasil UKW PWI Provinsi Jambi yang didukung penuh oleh SKK Migas KKKS Jambi di Hotel Abadi Grand, Sabtu (10/11/2018) siang. 

Peserta UKW angkatan ke V yang berlangsung dua hari Jumat-Sabtu (9-11/11/2018) ini dibagi dalam enam kelompok dengan tiga tingkatan yakni Utama 14 orang (2 kelompok), Madya 7 orang (satu kelompok) dan tingkat Muda 21 orang (3 kelompok). Tingkat Utama ini setara pemimpin redaksi, Madya setingkat Redaktur dan Muda setara tingkat wartawan.  

Menurut Dr Rajab Ritonga MSi, untuk peserta yang belum lulus bisa mengikuti UKW berikutnya. Peserta yang lulus UKW diharapkan untuk lebih baik lagi dan lebih professional dalam menjalankan profesi Jurnalis di media masing-masing. 

 
Sementara Komisi Kompetensi Wartawan PWI Pusat Kamsul Hasan dalam sambutan penutupan UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V, Sabtu (10/11/2018) mengatakan, untuk UKW tahun 2019 dan seterusnya aka nada penambahen materi pengujian yakni pemahaman soal Hukum IT, UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan juga Undang-Undang yang erat kaitannya soal pemberitaan.

Kamsul Hasan yang juga tim penguji UKW tingkat Muda ini menambahkan, 33 peserta UKW Angkatan Ke V Tahun 2018 (Utama, Madya, Muda) yang dinyatakan kompeten harus lebih mengasah diri lagi dan mengaplikasikan UKW tersebut dalam profesi di media masing-masing. 

Disebutkan, sejalan dengan Tema UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan V Tahun 2018 “Wujudkan Profesionalisme Wartawan dan Cegah Hoax”, diharapkan peserta UKW yang kompeten bisa menularkan ilmunya kepada sesame profesi di media masing-masing.

Baik Dr Rajab Ritonga MSi dan Kamsul Hasan mengucapkan selamat kepada 33 peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018. 
Kelompok Peserta UKW Tingkat Madya (Redaktur) dengan Penguji Dr Rajab Ritonga MSi ( ke 4 dari kiri) saat penutupan UKW, Sabtu (10/11/2018). Tujuh peserta UKW Tingkat Madya dinyatakan lulus semua. Foto WA
Dari bocoran tim penguji UKW, peserta nilai terbaik pada pelaksanaan UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 yakni pada UKW Utama Pirma Satria (Harian Jambi Ekspres) dengan total nilai 550, Melani Kadar (Jek TV) dengan total nilai 540. 

Kemudian dari tingkat Madya atas nama Rosenman Manihuruk alias Asenk Lee Saragih (Jambipos Online) dengan total nilai 665. Sedangkan di tingkat Muda atas nama  Siti Hawa Hazroni (TVRI) dengan total nilai 750 dan Daniel Saputra (TVRI) dengan total nilai 750.

Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt mengatakan, masih banyak jurnalis di Provinsi Jambi yang belum mendapat kesempatan ikut UKW. Semoga kedepan pelaksanaan UKW oleh PWI Provinsi Jambi bisa berkelanjutan dengan menggandeng pihak lain. 

Saman SPt juga mengatakan, dengan bertambahnya 33 lulus UKW Angkatan ke V Tahun 2018, PWI Provinsi Jambi telah mencatat sebanyak 183 wartawan lulus UKW. Hasil dari UKW ini bisa diterapkan di media masing-masing dengan menjalankan profesionalisme wartawan dan memerangi hoax.

Saman juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Tim Penguji UKW dalam pelaksanaan yang berjalan dengan baik selama dua hari. Memohon maaf juga atas kekurangan pengurus PWI Provinsi Jambi dan Panitia UKW.

Sementara Pirma Satria, mewakili peserta UKW dalam sambutan penutupan mengatakan, terimakasih kepada PWI Provinsi jambi dan juga SKK Migas dan KKKS Jambi yang memberikan dukungan sehingga terlaksananya UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018.  
  
Sebelumnya, pelaksanaan UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar yang diwakili Kabiro Humas Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah SE MM di Abadi Grand Hotel Pasar Jambi, Jumat (9/11/2018) pagi. 

Tim penguji dari PWI Pusat, diantaranya Hendro Basuki dan Aat Surya Safaat untuk tingkat Utama, Dr Rajab Ritonga (Tingkat Madya), untuk tim penguji tingkat Muda yakni Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt, Ketua PWI Sumut, Hermansyah dan Kamsul Hasan. Pelaksanaan UKW PWI Provinsi Jambi ini didukung penuh CSR SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Jambi.(JP-Lee)
Kelompok Peserta UKW Tingkat Muda dengan Penguji Ketua PWI Sumut Hermansyah ( ke 4 dari kiri) saat penutupan UKW, Sabtu (10/11/2018).WA
Kelompok Peserta UKW Tingkat Muda dengan Penguji Saman SPt (ke 4 dari kiri) saat penutupan UKW, Sabtu (10/11/2018).WA
Kelompok Peserta UKW Tingkat Utama dengan Penguji Utama saat penutupan UKW, Sabtu (10/11/2018).WA
 42 Peserta UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018


Share this article :

Posting Komentar