Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Melirik Prosesi Adat "Adu" Menantu di Desa Tanjung Berangin

Kegiatan adat "Adu" menantu di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, Minggu (28/10/2018). Foto Jampos Yahya
Jambipos Online, Bungo-Kegiatan adat "Adu" menantu di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, Minggu (28/10/2018).

M.Amin 45 berasal dari Desa Sungai Baung, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun menyerahkan anak laki laki nya yang bernama .M Dayat kepada nenek mamak tuo tenganai di Desa Tanjung Beringin berjalan aman lancar dan sukses.

Prosesi adat itu dihadiri dari kedua belah pihak. Yang sangat menarik. Ulur. Antar. Sampai sebatas tengah laman rumah saja.

Pihak laki-laki yang ulur mengantar pihak perempuan yang terima selesai acara serah terima. Adat sama tapi pegang pakai yang berbeda. 

Setelah keluarga dari M Dayat (kelurga besar) Umi dan ayahnya. Sempat hadir ikut mengantar kerumah perempuan sampai ditengah halaman lalu beri salam dengan megucapkan kami datang menyerahkan M Dayat dengan hati yang suci muka yang jernih.

Dengan 1000 kata yang dilontarkan. Akhirnya pihak perempuan menerima dengan ribuan jawaban akhirnya sepakat ulur antar serah terima berjalan lancar dan sukses. 

Tokoh masyarakat Desa Tanjung Beringin Abdullah yang dijumpai Jambipos ditanya masalah adat di sini. Dia jawab, Adat sama tapi pegang pakai yang berlainan. (JP-Yah)






Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar