Home » , » M. Dianto Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

M. Dianto Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Written By jambipos-online on Senin, 01 Oktober 2018 | 17:04

M. Dianto Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Humas
Jambipos Online, Jambi-Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. M. Dianto, M.Si Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018, bertempat dilapangan Depan Kantor Gubernur, Senin (01/10/2018).

Adapun Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 kaliini. "Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa."

Upacara kesaktian Pancasila diikuti seluruh jajaran pegawai negeri sipil dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Polri/TNI, para mahasiswa dan pelajar dan organisasi lainya. Upacara ini rutin digelar setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Jambi juga diseluruh Indonesia sebagai memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara.

"Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan ditumpasnya kudeta Gerakan 30 September 1965 atau dikenal dengan Peristiwa G30/SPKI. Hari Kesaktian Pancasila diperingati 1 Oktober setiap tahunnya," katanya.

Sekda menjelaskan, Hari Kesaktian Pancasila  untuk mengigatkan kembali bagi generasi muda kejadian yang sangat luar biasa pada tahun 1965 ada salah satu organisasi yang ingin meluluh lantakkan bangsa Indonesia yang ingin merubah idiologi negara Indonesia," Jelas Sekda

"Untuk itu generasi muda harus mengetahui sejarah bangsa, melalu buku sejarah dan filim-filim sejarah, tadi malam salah satu TV Nasional disiarkan ulang tentang peristiwa 30 september 1965 dengan tujuan agar generasi muda mengetahui sejarah bangsa dan peristiwa yang sama jangan sampai terulang kembali terjadi." sambung Sekda

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, pada apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila itu juga dibacakan janji ikrar yang mewakili masyarakat, ASN, Pemuda dan pelajar yang dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi.

"Ikrar yang dibacakan agar generasi muda bisa mempertahankan dan memperjuangkan negara ini dari rong-rongan, organisasi manapun, negara manapun yang ingin menjatuhkan dan ingin merobah Idiologi bangsa Indonesia yang sudah disepakati yaitu Pancasila perlu kita pertahankan secara bersama," ujar Sekda.

"Kita perlu menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang tak bisa tergoyahkan oleh siapapun, karena Pancasila sebagai pemersatu bangsa, karena sejarah telah membuktikan bahwa hanya Pancasila yang mampu menyatukan bangsa Indonesia, " tutur Sekda.

Selain itu Sekda mengajak generasi muda agar secara jernih memahami masa lalu dan sejarah bangsa. "Mari kita sama -sama mempertahankan negara Indonesia dan mempertahankan Idiologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila," katanya. (JP-Hms-Sapra Wintani)



Share this article :

Posting Komentar