Home » , » Kapal Pembangkit Listrik di Kupang Akan Dikerahkan ke Palu

Kapal Pembangkit Listrik di Kupang Akan Dikerahkan ke Palu

Written By jambipos-online on Senin, 01 Oktober 2018 | 16:04

Kapal pembangkit listrik. ( Foto: Antara )
Tahap awal sudah mulai mendatangkan sebanyak 30 unit genset berkapasitas kecil. Saat ini yang menjadi persoalan adalah rusaknya fasilitas listrik yang berlokasi di pinggir pantai.

Jambipos Online, Makassar - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan kapal pembangkit (marine vessel power plant/MVPP) berkapasitas 125 megawatt (MW) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dikerahkan ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, untuk memulihkan pasokan listrik pascagempa Jumat (28/9/2018).

"Kita segera menarik kapal listrik dari Kupang, selain juga mengerahkan genset," kata Rini saat mengunjungi kota Palu, Sulteng, untuk memastikan pasokan BBM dan ketersediaan listrik pascagempa, Senin (1/10/2018).

Ia menjelaskan tahap awal sudah mulai mendatangkan sebanyak 30 unit genset berkapasitas kecil untuk disebar di beberapa lokasi bencana. "Dua pembangkit minidiesel berkapasitas 0,5 MW juga akan tiba besok, Selasa (2/10/2018)," ujarnya.

Sedangkan kapal pembangkit dari Kupang, diharapkan dapat mengatasi kekurangan pasokan listrik dalam 1-2 bulan ke depan.

Diakuinya bahwa saat ini yang menjadi persoalan adalah rusaknya fasilitas listrik yang berlokasi di pinggir pantai.

"PLN bersama sejumlah BUMN bersinergi untuk segera memperbaiki. Sambil menunggu perbaikan akses di sejumlah lokasi kita juga akan mencari jalan lain untuk mengatasi ketersediaan listrik," katanya.

Pada kesempatan itu, Menteri BUMN meninjau sejumlah lokasi untuk memastikan pasokan BBM seperti SPBU Jl RE Martadinata Palu dan SPBU Trio Celebes, Palu Bagi.

"BBM jenis solar tambahan sudah sampai sekitar 4.000 liter tadi pagi, selajutnya Pertalite sebanyak 4.000 liter, dan pasokannya akan ditambah setiap hari," kata Rini.(*)



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar