Home » , » 5 Negara Kirim Bantuan Hercules C-130

5 Negara Kirim Bantuan Hercules C-130

Written By jambipos-online on Jumat, 05 Oktober 2018 | 08:01

5 Negara Kirim Bantuan Hercules C-130

Wiranto mengatakan, ia telah berkomunikasi dengan para dubes yang negaranya berencana memberi bantuan. Negara yang bersedia mengirimkan Hercules C-130, yakni Singapura, Malaysia, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Jambipos Online, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, sejumlah negara bersedia membantu meminjamkan pesawat angkut Hercules C-130 untuk penanganan pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Wiranto mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan para dubes yang negaranya berencana memberi bantuan.

"Kita minta bantuan pesawat Hercules C-130. Pesawat jenis itu yang bisa melakukan short landing dan take off di runway yang pendek," ujar Wiranto dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Dia mengungkapkan, negara yang bersedia mengirimkan pesawat Hercules C-130, yakni Singapura, Malaysia, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

"Jumlah pesawat angkut yang dibantu negara-negara lain akan sangat memadai, dan ini sangat membantu," ujar Wiranto.

"Base (pangkalan) nanti bisa dari Balikpapan atau dari Makassar yang jarak terbangnya cukup dekat namun bisa memasok kebutuhan-kebutuhan ke Palu dengan sangat cepat," imbuhnya.

Dengan tercukupinya supply kebutuhan pokok, kata Menko, maka kehidupan di wilayah terdampak di Sulawesi Tengah bisa segera pulih kembali.

"Kita harapkan kalau makanan cukup, air cukup, dan roda kehidupan segera pulih, maka masyarakat bisa menjadi tenang," ujar Wiranto.(*)

Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar