Home » » Sabet Emas Sepakbola, Son Heung Min Bebas Wajib Militer

Sabet Emas Sepakbola, Son Heung Min Bebas Wajib Militer

Written By jambipos-online on Minggu, 02 September 2018 | 14:29

Pesepak bola Korea Selatan Son Heung Min (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Jepang Daiki Sugioka pada Babak Putra Pertandingan Medali Emas Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari,Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). ( Foto: ANTARA FOTO/INASGOC / Dwi Prasetyo )


Medali emas cabang sepakbola ini membuat tim Korsel lega karena bisa terbebas dari wajib militer.

Korsel meraih emas setelah menundukkan Jepang 2-1 lewat babak tambahan.

Jambipos Online, Bogor - Korea Selatan akhirnya sukses menyabet medali emas cabang sepakbola putra setelah di final menundukkan Jepang, 2-1, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/9/2018). Gol penentu kemenangan Korea Selatan dilesakkan Lee Seung-woo dan Hwang Hee-chan saat babak tambahan. Sementara gol balasan Jepang dilesakkan Ayase Ueda. 

Laga harus dilanjutkan dengan babak tambahan setelah dalam waktu 2 x 45 menit, kedua tim bermin imbang tanpa gol. Kemenangan ini tentunya disambut lega oleh kapten Korsel, Son Heung-min dan kawan-kawan. Pasalnya, dengan medali emas yang mereka raih di Asian Games 2018 ini, mereka dipastikan terbebas dari keharusan mengikuti wajib militer. 

Wajib militer wajib dijalani setiap pria dewasa di Korsel. Kewajiban ini kadang menjadi penghalang bagi karier para pemain sepakbola. Namun medali emas ini membuat mereka terbebas dari kewajiban ini.

Hasil ini sekaligus mengulang sukses Korsel empat tahun silam pada Asian Games di Incheon. Saat itu Korsel yang menjadi tuan rumah juga berhasil menundukkan Korea Utara, 1-0, juga lewat perpanjangan waktu.

Kedua tim menampilkan permainan yang sangat menghibur dengan saling serangsejak kick-off. Meski tim asuhan Kim Hak Bum lebih mendominasi dengan lebih sering melakukan serangan, namun pertahanan Jepang yang sangat ketat menunjukkan kualitas yang sama dengan Korsel.

Korea melancarkan tujuh kali tendangan percobaan dengan salah satunya mengarah ke gawang. Sementara Jepang hanya melepaskan tiga kali percobaan tendangan dan satu yang mengarah ke gawang.

Korea Selatan mengawali permainan dengan langsung membangun serangan yang beberapa kali mengancam lini pertahanan Jepang. Selama babak pertama, Korea mendominasi penguasaan bola dengan 66 persen berbanding 34 persen penguasaan bola Jepang.

Serangan yang sangat baik dimulai ketika gelandang Korea Selatan mencuri bola dari kaki lawan di tengah lapangan pada menit keenam. Kapten SonHeung Min langsung mengkreasikan serangan yang dilanjutkan umpan Hwang Hee Chan persis di depan gawang, namun sayangnya pencetak gol terbanyak Korsel Hwang Ui Jo gagal menyambut bola di depan gawang.

Korea Selatan lebih mendominasi pertandingan di awal permainan dengan langsung mengkreasikan sejumlah serangan berbahaya. Namun Jepang bermain disiplin sehingga pertahanan begitu solid untuk ditembus. Beberapa kali peluang yang diciptakan pemain Korea Selatan masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Jepang.

Hwang Ui Jo pada menit ke-23 mencoba menusuk masuk ke area kotak penalti dan melepaskan tendangan keras ke sisi kanan gawang. Namun Kiper Ryosuke Kojima masih berhasil menepisnya.

Peluang emas Jepang tercipta lewat kapten Miyoshi Koji dengan tendangan di dalam kotak penalti. Tetapi peluang tersebut gagal dikonversi menjadi gol karena kiper Korea Selatan Jo Hyeon Woo berhasil menepisnya.

Sisa babak pertama masih terus dilanjutkan dengan serangan Korea Selatan bertubi-tubi, namun selalu kandas oleh pertahanan Jepang. Tim Samurai Biru memanfaatkan serangan balik cepat untuk mengancam dan berupaya menciptakan gol. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua kedua tim masih terlibat jual beli serangan. Beberapa peluang juga didapatkan kedua kubu namun tak ada satu pun berbuah gol sampai wasit Aziz Asimov dari Uzbekistan meniupkan peluit panjang. Laga pun harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Korsel akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-93 melalui aksi Lee Seung Woo. Pemain didikan akademi Barcelona La Masia ini menjebol gawang Jepang memanfaatkan bola yang sebenarnya tengah dikuasai rekannya Son Heung Min. Bola yang tengah dibawa pemain Tottenham Hotspur itu, langsung dieksekusi dengan kaki kiri oleh Lee dan membuat kiper Ryosuke Kojima tak berdaya.

Delapan menit kemudian, Korsel menambah keunggulan melalui aksi striker Hwang Hee-chan. Pemain klub Jerman Hamburg SV ini menyambut tendangan bebas ke arah tiang jauh dengan sundulan dan membawa timnya unggul 2-0.

Jepang mampu memperkecil ketinggalan pada menit ke-115 melalui sundulan Ayase Ueda. Pemain bernomor punggung 15 ini berhasil menyambut sepak pojok dengan sundulan dan menjebol gawang Korsel yang dijaga Joo Hyeon-wu, kiper Korsel diPila Dunia 2018 di Rusia.  

Jepang terus berupaya melakukan tekanan hingga pertandingan usai. Beberapa peluang mereka dapatkan namun selalu berhasil dimentahkan. Skor 2-1 untuk kemenangan Korsel bertahan hingga laga usai.(*) 



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar