Home » , , , » Sektor Efesus GKPS Jambi Bangkitkan Nasionalisme Anak Lewat Lomba Nyanyi Lagu-Lagu Nasional

Sektor Efesus GKPS Jambi Bangkitkan Nasionalisme Anak Lewat Lomba Nyanyi Lagu-Lagu Nasional

Written By jambipos-online on Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:48

Ragam Lomba Memeriahkan HUT RI Ke 73
Dian Saragih Saat Menyayikan Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa, pada lomba menyanyikan lagu-lagu Nasional  di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (17/8/2018). Foto Asenk Lee Saragih

Jambipos Online, Jambi-Sektor Efesus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi mewarnai tersendiri makna dari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (18/8/2018). Salah satu lomba yang membangkitkan Rasa Nasionalisme pada anak sekolah minggu adalah lomba menyanyikan lagu-lagu Nasional. Juri pada lomba inipun khusus Juri Tunggal yakni pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos.

Sebanyak 9 orang Anak Sekolah Minggu (ASM) sekolah dasar (SD) dari Sektor Efesus plus Sektor Korintus ikut ambil bagian dalam lomba-lomba lagu Nasional ini. Peserta dibebaskan untuk memilih lagi nasional yang diketahui. Misalnya Lagu “Tanah Airku”, “Garuda Pancasila”, “Bagimu Negeri”, “Indonesia Pusaka” “Hari Merdeka”, “Ibu Kita Kartini”, “Satu Nusa Satu Bangsa” dan diiringi Keybord oleh Sy Friston R Sinaga SPd. 

Peserta yang ikut lomba diantaranya Sunday Dabukke, Moses Juneri Manihuruk, Yobel Saragih, Fredrik Dabukke, Keyla Purba, Ezer Twopama Manihuruk, Kristian Saragih, Ocha Damanik, Dian Saragih, Aura Br Silalahi. 

Selian peserta bisa menyanyikan lagu Nasional, juri  St Radesman Saragih S Sos juga menanyakan kepada peserta lomba siapa pencipta lagu yang dinyayikan mereka. Diakhir lomba lagu Nasional, St Radesman Saragih juga menyanyikan lagu “Tanah Airku” dan mengajak semua yang hadir menyanykannya bersama.(Videonya KLIK di FB Ini)

Berdasarkan hasil penilaian juri, tampil sebagai juara kategori anak laki-laki yakni Juara I Ezer Twopama Manihuruk (Hari Merdeka), Juara II Fredrik Dabuke (Garuda Pancasila), Juara III Moses Juneri Manihuruk (Garuda Pancasila). Khusus kategori ini hadiah berupa uang tunai dari St ML Br Sidauruk.

Sementara tampil sebagai juara kategori anak perempuan yakni Juara I Keyla Purba (Indonesia Pusaka), Juara II Dian Saragih  (Satu Nusa Satu Bangsa), Juara III Aura Br Silalahi (Ibu Kita Kartini).

Puluhan Jemaat Sektor Efesus GKPS Jambi yang terdiri dari kaum Bapa, Wanita, Pemuda, Remaja dan Anak Sekolah Minggu larut dalam kemeriahan sejumlah lomba yang diadakan. 

Pimpinan Majelis GKPS Jambi St Radesman Saragih (Porhanger), St Thomas Iwan Dabukke (Sekretaris Jemaat), Penginjil Wanita (PW) Denni Br Damanik STh  juga ikut menyaksikan ragam lomba. 

Ketua Sektor Efesus GKPS Jambi Sy Rahmad Efendi Purba SE mengatakan, pelaksanaan kegiatan ragam lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 73 secara bersama-sama dan lebih dekat dengan sesama anggota Sektor Efesus. Lewat ragam lomba, juga menanamkan rasa Nasionalisme kepada anak-anak sejak dini lewat kegiatan gereja.

Ragam Lomba

Kegiatan Sektor Efesus GKPS Jambi dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (18/8/2018) diawali dengan ibadah singkat dan Doa Pembuka oleh PW Denni R Br Damanik STh.
Lomba menyanyikan lagu-lagu Nasional  oleh Anak Sekolah Minggu di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (17/8/2018). Foto Asenk Lee Saragih

Kemudian kata sambutan oleh Pimpinan Majelis GKPS Jambi St R Saragih SSos dan Sambutan Ketua Sektor Efesus Sy Rahmad Efendi Purba SE. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan ragam lomba diantaranya, bawa kelereng dalam sendok, makan kerupuk digantung, lomba memindahkan karet dengan pipit, lomba tarik tambang, lomba memindahkan tepung dengan tangan secara estapet per kelompok, lomba main bola dengan kacamata corong satu, lomba menangkap belut secara estafet, lomba joget, lomba main bola joget. 

Lomba tersebut dilaksanakan untuk seluruh golongan usia, mulai dari anak sekolah minggu dan ibu-ibu. Aksi lomba itu sebagai bentuk nyata bahwa anggota Sektor Efesus GKPS Jambi juga memiliki rasa syukur memperingati HUT RI Ke 73. 

St Radesman Saragih mengatakan terimakasih kepada Sektor Efesus GKPS Jambi yang berinisiatif melakukan ragam lomba mewarnai HUT RI Ke 73 di GKPS Jambi. Acara makan siang bersama juga sebagai bentuk kegembiraan kegiatan. Kemudian puncak acara membagikan hadiah-hadiah juara dan bingkisan kepada anak sekolah minggu yang hadir. (JP-Asenk Lee) 
(Ka-Ki) Bp Iramsen Saragih Garingging foto bersama dengan Para Juara  Lomba nyanyi lagu Nasional  oleh Anak Sekolah Minggu Kategori Laki-Laki di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (17/8/2018). juara kategori anak laki-laki yakni Juara I Ezer Twopama Manihuruk (Hari Merdeka), Juara II Fredrik Dabuke (Garuda Pancasila), Juara III Moses Juneri Manihuruk (Garuda Pancasila). Khusus hadiah ini berupa uang tunai dari St ML Br Sidauruk. Foto Asenk Lee Saragih
(Ki-Ka) Ny St Ir VM Purba Boru Saragih Simarmata foto bersama dengan Para Juara  Lomba nyanyi lagu Nasional  oleh Anak Sekolah Minggu Kategori Perempuan di Lapangan GKPS Jambi, Sabtu  (17/8/2018). Juara kategori anak perempuan yakni Juara I Keyla Purba (Indonesia Pusaka), Juara II Dian Saragih  (Satu Nusa Satu Bangsa), Juara III Aura Br Silalahi (Ibu Kita Kartini).

Sektor Efesus GKPS Jambi Foto Bersama Sebelum Meninggalkan GKPS Jambi, Sabtu (18/8/2018). Foto Asenk Lee Saragih


Share this article :

Posting Komentar