Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pendiri Traveloka Jadi Triliuner di Usia 30 Tahun

Ferry Unardi. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET 

Jambipos Online, Jakarta- Usianya saat ini baru 30 tahun, tapi telah masuk daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Dia adalah pendiri Traveloka, Ferry Unardi.

Globe Asia menyebut kekayaan Ferry saat ini berada di kisaran USD 145 juta dan berada di posisi 146. Sekitar Rp 2 triliun jika dikonversi.

Ide pendirian Traveloka sendiri muncul dari pengalaman pribadi Ferry. Beberapa tahun lalu, untuk mencari tiket pesawat bisa dibilang cukup sulit. Ferry yang sedang bekerja di luar negeri ingin pulang ke Padang.


"Untuk mendapat tiket pesawat yang sesuai anggaran, saya harus membuka beberapa situs untuk membandingkan harga," kenangnya. Dari pengalaman tersebut, ia yakin banyak orang mengalami kesulitan serupa dalam mencari tiket pesawat.

Akhirnya, bersama dua rekan lain, Ferry memutuskan pulang ke Indonesia dan membangun Traveloka, platform daring pencarian tiket pesawat yang membandingkan ragam maskapai di satu tempat. Demikian, konsumen tak perlu repot membuka beberapa situs maskapai untuk mendapat tiket pesawat murah.

Pada 2012, Traveloka pun lahir dari tabungan pribadi hasil bekerja di luar negeri. Demi meningkatkan pertumbuhan bisnis, beberapa bulan kemudian Traveloka berhasil menggandeng East Venture. Selang setahun, Traveloka mendapat pendanaan seri A dari Global Founder Capital yang pernah berinvestasi pada Facebook dan LinkedIn.

Berkat pendanaan tersebut, Traveloka punya sumber daya yang cukup untuk membangun produk terbaik. "Ini dibuktikan pada awal Traveloka berdiri sudah memiliki ribuan pencarian tiket pesawat yang menjangkau 200 kota," kata Ferry yang kelahiran Padang ini.

Pada 2015, aplikasi Traveloka sudah diunduh hingga 6 juta kali. Tahun 2016, mereka melebarkan bisnis di enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Hal ini membuat Traveloka sebagai perusahaan internet pertama dari Indonesia yang melakukan ekspansi bisnis di kawasan Asia Tenggara. Traveloka sudah menjalin kerjasama dengan ratusan ribuu hotel di berbagai belahan dunia. (JP)

Sumber: Detik.com

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar