Home » , , , » Edy Purwanto: PDIP Target 11 Kursi di DPRD Provinsi Jambi

Edy Purwanto: PDIP Target 11 Kursi di DPRD Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Kamis, 12 Juli 2018 | 13:38

Awal Damanik Caleg Dapil Kota Jambi
Edy Purwanto: PDIP Target 11 Kursi di DPRD Provinsi Jambi
Jambipos Online, Jambi-Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2019 mendatang, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jambi memiliki target 11 kursi di DPRD Provinsi Jambi. Guna mewujudkan hal itu, PDIP mengusung calan legislative (Caleg) petarung dan memiliki kredibilitas dan tetap dalam koridor membawa ediologi partai.

Target 11 anggota atau 20 persen kursi dari 55 kursi di DPRD Provinsi Jambi bukan hal yang mustahil. Mengingat caleg yang diusung PDIP merupakan caleg-caleg yang memiliki elektabilitas di tengah masyarakat dan beragam latar belakang profesi dan etnis kebudayaan. 

Caleg PDIP merupakan caleg Nusantara yang memegang teguh keberagaman dan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Caleg PDIP untuk DPRD Provinsi Jambi sudah melakukan tes dan wawancara dan Jumat (13/7/2018) akan turun SK dari DPP PDIP dan didaftarkan secrentak ke KPU Provinsi Jambi.
Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edy Purwanto saat ditemui Jambipos Online di Markas PDIP Provinsi Jambi, Kamis (12/7/2018) pagi. Foto Asenk Lee Saragih
Demikian keterangan Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edy Purwanto kepada Jambipos Online saat ditemui di Markas PDIP Provinsi Jambi, Kamis (12/7/2018) pagi. Menurutnya, kini DPD PDIP Provinsi Jambi dalam tahap finalisasi seluruh syarat pencalonan dan telah dikirimkan ke DPP PDIP untuk ditetapkan.

“Selama ini PDIP tak pernah mendapat kursi dari Dapil Kabupaten Kerinci Sungaipenuh. Pileg April 2019, PDIP memiliki caleg Nuzran Joher dan Edison. Caleg ini merupakan caleg petarung dan sudah sangat dikenal masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh,” katanya.

Disebutkan, kemudian caleg DPRD Provinsi Jambi usungan PDIP di Dapil Kota Jambi ada nama mantan Staf Ahli Bidang Pembangunan Provinsi Jambi  Dra.Hj.Muallimah Radhiana, Awal Juni Damanik (Pengusaha) dan juga kader PDIP itu sendiri.

Kata Edy Purwanto, caleg DPRD Provinsi Jambi yang diusung PDIP banyak dari kauam profesionalitas dan juga kader-kader terbaik PDIP. Sehingga untuk target 11 kursi di DPRD Provinsi Jambi suatu hal yang tidak mustahil.

55 Kursi DPRD Provinsi Jambi

Sementara pada Pileg 2014 lalu, PDIP meraih 7 kursi di DPRD Provinsi Jambi. Perolehan kursi PDIP di DPRD Provinsi Jambi menempati urutan ke tiga setelah Partai Demokrat 9 kursi, Golkar 8 kursi. 

Kemudian perolehan Partai Politik dibawah PDIP yakni Partai Nasdem 3 kursi, PKB 6 kursi, PKS 3 kursi, Gerindra 6 kursi, PAN 5 kursi, PPP 4 kursi, Hanura 3 kursi, PBB 1 kursi.

Selanjutnya setelah melalui tahapan panjang proses Penatan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 dan telah melalui proses Konsultasi Publik serta Presentasi Usulan Dapil di KPU RI, akhirnya Dapil Provinsi Jambi untuk Pemilu 2019 tetah ditetapkan oleh KPU RI yang tertuang dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor: 268/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Jambi, tertanggal 4 April 2018.

Adapun Dapil untuk Provinsi Jambi tidak mengalami perubahan, masih Enam Dapil seperti pada Dapil 2014.  Enam Dapil ini adalah: Daerah Pemilihan (DP) Jambi 1 meliputi Kota Jambi, DP Jambi 2 meliputi Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Muarojambi, DP Jambi 3 meliputi Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun, DP Jambi 4 meliputi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, DP Jambi 5 meliputi Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo serta DP Jambi 6 meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (JP-Asenk Lee)

Share this article :

Posting Komentar