Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Bungkam Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Timnas Prancis merayakan Kemenangan setelah mengalahkan  Kroasia 4:2 di final Piala Dunia 2018 yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018). (FIFA.com)

Prancis Juara Piala Dunia 2018
Jambipos Online, Moskow - Timnas Prancis berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah meraih kemenangan 4-2 atas Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018). Meski sempat tertekan oleh permainan Kroasia, Prancis mampu memperlihatkan kelas dan menjadi juara dunia untuk yang kedua kalinya dalam sejarah.

Timnas Prancis membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui tendangan bebas Antoine Griezmann yang kemudian meluncur deras ke gawang setelah mengenai kepala Mario Mandzukic yang berusaha menghalau datangnya bola. Gol ini pun diklaim oleh FIFA sebagai gol bunuh diri Mandzukic.
Antoine Griezmann
Kroasia tak butuh waktu yang lama untuk bisa membuat kedudukan menjadi imbang. Ivan Perisic berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-29.

Berawal dari kemelut di kotak penalti Prancis, Perisic mendapatkan sodoran bola dari Domagoj Vida dan langsung melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri yang tak mampu dihalau Hugo Lloris.

Namun, timnas Prancis kembali unggul pada menit ke-37 melalui eksekusi penalti Griezmann. Handball yang dilakukan Ivan Perisic di dalam kotak penalti dilihat lagi oleh wasit melalui Video Assistant Referee (VAR) yang kemudian memutuskan memberikan penalti kepada Les Bleus.

Babak Kedua

Tertinggal 1-2 di babak pertama membuat Kroasia terus berusaha meningkatkan serangannya di babak kedua. Permainan cepat terus diperlihatkan oleh Luka Modric dkk. untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Namun, justru Prancis yang berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-59 melalui gol yang dicetak Paul Pogba. Gelandang bertahan Les Bleus itu menerima umpan sodoran dari Antoine Griezmann dan mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.


Bola tembakan kaki kanannya sempat membentur pemain bertahan Kroasia dan bola rebound disambarnya kembali dengan tembakan kaki kiri yang tak bisa dihalau oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Kroasia seakan kehilangan semangat untuk bisa menantang Prancis. Hal tersebut terlihat dari begitu cepatnya Les Bleus memperbesar kembali keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-65 melalui gol yang dicetak Kylian Mbappe.

Pemain termuda di Piala Dunia 2018 itu mencetak gol setelah menerima umpan dari Lucas Hernandez. Mbappe tampak dengan tenang melepaskan tembakan mendatar yang meluncur ke sudut kanan bawah gawang Kroasia.

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit ke-69 lewat gol yang dicetak Mario Mandzukic. Gol dari Kroasia tercipta karena blunder yang dilakukan kiper Prancis, Hugo Lloris, yang bermaksud mengecoh Mandzukic di dalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Mandzukic dan masuk ke dalam gawang Timnas Prancis.

Tekanan pun kembali diperlihatkan oleh Kroasia untuk bisa kembali memperkecil ketertinggalan. Namun, hingga pertandingan berakhir tak ada satu pun gol tambahan yang tercipta. Les Bleus pun resmi menjadi juara Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain
Timnas Prancis Final
Prancis (4-2-3-1): 1- Hugo Lloris, 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21- Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba; 10 Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)
Timnas Kroasia Final
Kroasia (4-2-3-1): 23-Danijel Subasic; 2-Sime Vrsaljko, 6-Dejan Lovren, 21-Domagoj Vida, 3-Ivan Strinic; 11-Marcelo Brozovic, 7-Ivan Rakitic; 18-Ante Rebic, 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic; 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Wasit: Nestor Pitana (Argentina)

Daftar Peraih Trofi di Piala Dunia 2018

Perhelatan Piala Dunia 2018 telah berakhir. Timnas Prancis berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Kroasia dalam laga final, di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Pemain Terbaik: Luka Modric
Prancis mendapat perlawanan sengit dari Kroasia. Berdasarkan statistik di situs resmi FIFA, Les Blues hanya mencatatkan 39 persen penguasaan bola berbanding 61 persen milik The Blazers.

Meski begitu, timnas Prancis tampil lebih efektif. Skuat Ayam Jantan melepaskan delapan tembakan yang enam mengarah ke gawang, sedangkan Kroasia hanya memperoleh tiga peluang bagus dari 15 sepakan.

Timnas Prancis akhirnya mengunci kemenangan 4-2 atas Kroasia. Keempat gol Prancis tercipta berkat gol bunuh diri Mario Mandzukic (18'), Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba (59'), dan Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, dua gol timnas Kroasia disarangkan Ivan Perisic (28') dan Mandzukic (69').

Bagi Les Bleus ini adalah trofi kedua di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka merengkuh titel juara turnamen elite antarnegara di dunia itu pada 1998. Saat itu, Prancis mengalahkan Brasil dengan skor 3-0.

Selain timnas Prancis, beberapa trofi individu juga diserahkan selepas partai final Piala Dunia 2018, mulai dari pemain terbaik, pemain muda terbaik, top skorer, hingga kiper terbaik.

Berikut ini adalah daftar peraih trofi di Piala Dunia 2018:

Juara: Timnas Prancis
Pemain Terbaik: Luka Modric
Pemain Muda Terbaik: Kylian Mbappe
Top Skorer: Harry Kane (6 gol)
Kiper Terbaik: Thibaut Courtois
Trofi FIFA Fair Play: Timnas Spanyol

Hadiah Uang Tunai Piala Dunia 2018:

Juara Timnas Prancis: 38 Juta Dolar AS (Rp 513 Miliar)

Runner-up Kroasia: 28 Juta Dolar AS (Rp 378 Miliar)

Peringkat Ketiga Timnas Belgia: 24 Juta Dolar AS (Rp 324 miliar) 



Peringkat Ke-empat Timnas Inggris: 22 Juta Dolar AS (Rp 297 Miliar). 


Deschamps: Prancis, Tim Muda di Puncak Dunia

Didier Deschamps. (FIFA.com)
Didier Deschamps memberikan pujian penuh kepada para pasukannya. Maklum saja, Prancis baru saja memastikan diri menjadi juara Piala Dunia dengan mengalahkan Kroasia di partai final yang digelar di Luzhniki Stadium.

Dechamps senang karena para pemainnya relatif masih muda tetapi sudah bisa menunjukkan kekuatan untuk menjadi juara di kancah sepakbola terbesar sejagad.

Karenanya, Deschamps menolak anggapan timnas Prancis sukses karena kepemimpinannya. Yang pantas dipuji dari kesuksesan kali ini adalah para penggawa Les Bleus.

Di Puncak Dunia

Usia rata-rata para penggawa Prancis yang dibawa dalam Piala Dunia kali ini adalah 26 tahun 1 bulan. Artinya, prancis memiliki skuat termuda kedua dibanding seluruh kontestan tahun 2018 ini.

"Sungguh luar biasa! Ini adalah tim muda, sekarang mereka sudah berada di puncak dunia. Sebagian pemain kami sudah menjadi juara saat berusia 19 tahun," cetus Deschamps seperti dilansir ESPN.

"Kami memang tidak menunjukkan permainan yang sangat hebat, tapi kami menunjukkan kualitas mental yang bagus. Lagipula kami mencetak empat gol. Para pemain saya layak menang. Tim ini bekerja dengan sangat keras dan kami mengalami beberapa momen sulit di sepanjang perjalanan. Rasanya menyakitkan sekali kalah di final Euro dua tahun lalu, tapi itu juga membuat kami belajar."

Bukan Pahlawan

Deschamps menjadi orang ketiga yang bisa menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Deschamps merupakan kapten tim Prancis yang menjadi juara pada Piala Dunia 1998 di kandang sendiri. Kini ia memimpin tim dari bench

Namun ia menolak dianggap sebagai sosok di balik kesuksesan Prancis kali ini. Yang paling berjasa, menurut Deschamps, adalah para pemainnya.

"Kemenangan ini bukan tentang saya. Para pemain lah yang memenangkan pertandingan. Selama 55 hari terakhir, kami sudah bekerja dengan sangat keras. Ini adalah penahbisan yang sebenarnya di level tertinggi. Kami bangga menjadi orang Prancis, untuk jadi les Bleus. kemenangan ini menjadi milik seluruh orang prancis. Vive le Republic!"

Varane Samai Rekor Legenda Brasil

Aksi bek Prancis, Raphael Varane (kiri), pada laga kontra Kroasia di final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018). (AP Photo/Frank Augstein)

Bek Timnas Prancis, Raphael Varane, mendapat kebahagiaan ganda setelah timnya mengalahkan Kroasia pada final Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018). Bukan hanya menggenggam trofi Piala Dunia, Varane juga menyamai rekor 10 pesepak bola dunia, termasuk legenda Brasil Roberto Carlos.

Varane menjadi pemain ke-11 yang bisa merengkuh trofi Piala Dunia dan Liga Champions pada tahun yang sama. Sebelum membawa Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018, Varane juga menjadi bagian skuat Real Madrid yang memenangi Liga Champions musim 2017/2018. 

Selain Roberto Carlos, daftar tim elite tersebut juga diisi Sami Khedira, Christian Karembeu, Franz Beckenbauer serta beberapa pemain lainnya.

Varane memang berperan krusial di tim besutan Didier Deschamps di sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Bek berusia 25 tahun tersebut ikut menjadi benteng tangguh pertahanan Les Bleus. 

Timnas Prancis menjadi juara dunia setelah menaklukkan Kroasia 4-2 di laga final. Ini merupakan gelar kedua Prancis di kancah Piala Dunia, setelah kali pertama merengkuhnya pada 1998.  

 11 Pemain Juara Piala Dunia dan Liga Champions di Tahun yang Sama
1. Paul Breitner

2. Franz Beckenbauer

3. Uli Hoeness

4. Jupp Kapellmann

5. Sepp Maier

6. Gerd Muller

7. Hans-Georg Schwarzenbeck

8. Christian Karembeu

9. Roberto Carlos

10. Sami Khedira

11. Raphael Varane. (JP)

Sumber: Bola.com

Gallery Foto Prancis-4-2-Kroasia-FIFA.com






























































































Pemain Muda Terbaik: Kylian Mbappe (kanan).









Skema Fase Final


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar