Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


BI Jambi : Optimisme Konsumen Meningkat Pada Juli 2018

Jambipos Online, Jambi-Survei Konsumen mengindikasikan optimisme konsumen meningkat pada Juli 2018. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 107,9 atau naik 2,6 dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Keyakinan konsumen yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada seluruh komponen pembentuknya, yakni Indeks Ekspektasi Lapangan Kerja (naik 12,5), Indeks Ekspektasi Kondisi Usaha (naik 5,0) dan Indeks Ekspektasi Penghasilan (naik 3,5).

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sedikit menurun dari bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh melemahnya Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja (turun 7,5) dan Indeks Penghasilan (turun 1,0).

Hasil survei juga mengindikasikan kenaikan tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang (Oktober 2018) dan 6 bulan mendatang (Januari 2019) dari bulan sebelumnya. 

Hal itu tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 174,0 atau naik 14,6  dan Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang sebesar 174,5 atau naik 28,5 dibandingkan bulan sebelumnya. 

Konsumen memperkirakan meningkatnya harga pada 3 bulan mendatang didorong oleh komoditi makanan dan non makanan. Begitupun dengan tekanan harga pada 6 bulan mendatang didorong oleh komoditas makanan, non makanan, peralatan rumah tangga, energi dan jasa.(JP-Rel)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar