Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ajak Masyarakat Gunakan Teknologi Komunikasi Secara Cerdas

Plt Gubernur H Fachrori: Pameran Teknologi Komunikasi Edukasi Masyarakat
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum membuka Pameran Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa, Selasa (24/7/2018) dengan tema ”Teknologi Komunikasi Sebagai Apresiasi Generasi Muda Menuju Jambi TUNTAS 2021,” yang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 28 Juli 2018, bertempat di Museum Siginjei Jambi. Humas

Jambipos Online, Jambi-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum membuka Pameran Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa, Selasa (24/7/2018) dengan tema ”Teknologi Komunikasi Sebagai Apresiasi Generasi Muda Menuju Jambi TUNTAS 2021,” yang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 28 Juli 2018, bertempat di Museum Siginjei Jambi. Hadir pada acara ini Forkopimda Provinsi Jambi, Kadis Pariwisata Provinsi Jambi Drs. Ujang Hariadi.

Fachrori mengatakan, pameran ini sangat penting sebagai upaya edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda akan alat komunikasi tradisional hingga canggih yang telah menjadi koleksi Museum Siginjei Jambi. 

“Penyelenggaraan ini diharapkan memunculkan kesadaran untuk menjalani komunikasi yang baik, benar dan sehat pada zaman canggih ini. Saat ini alat komunikasi seperti smartphone sangat rentan terjadi kesalahan penggunaannnya khususnya oleh generasi muda, bila tidak dibarengi dengan edukasi dari orang tua. Generasi muda sudah masuk ke zamannya, namun harus terus didampingi dan diedukasi agar teknologi menjadi sesuatu yang memberikan kemajuan bagi mereka bukan sebaliknya,” ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, masyarakat harus cerdas dalam menggunakan teknologi komunikasi. "Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat membuat komunikasi menjadi tidak terbatas dan susah dikontrol. Pemerintah juga berupaya dengan membuat kebijakan untuk mengatur penggunaan teknologi terutama dalam hal media sosial," katanya.


“Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurangi pelanggaran dalam penggunaan media sosial, misalnya dalam bentuk penyebaran berita bohong. Masyarakat adalah tokoh utama yang bisa mencegah dampak negatif perkembangan teknologi, harus cerdas dalam menggunakannya,” tegas Fachrori.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Drs.Ujang Hariadi dalam laporannya menyampaikan, pameran ini dilaksanakan untuk  menampilkan alat komunikasi mulai yang lampau atau tradisional hingga tercanggih. Sejumlah stakeholder komunikasi akan terlibat dalam kegiatan pameran ini. 

“Kegiatan pameran tematik dan unik menampilkan item alat komunikasi yang digunakan masyarakat dari masa ke masa seperti alat komunikasi mulai dari kentongan, surat lontar, surat konvensional, telepon, telegraf, telex, ponsel, android, dan lainnya termasuk radar dan satelit, dan bertujuan untuk memberikan apresiasi dan upaya pelestarian kebudayaan Jambi,” ujar Ujang Hariadi.

Ujang Hariadi menyatakan, dalam kegiatan itu akan dilibatkan institusi yang kegiatannya di bidang telekomunikasi dan komunikasi, termasuk media elektonik dan media cetak.

"Kami libatkan juga media elekronik dan cetak, mereka memiliki keterkaitan dan berperan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Salah satunya TVRI, RRI, termasuk Antara dan media lainnya, juga kantor Pos, juga bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang memamerkan koleksi foto sekitar kurang lebih 20 foto. Dan dalam acara ini dipamerkan 53 koleksi dari museum, pegelaran seni dari Sanggar Sri Serumpun dan Langkasau, Lomba Cerdas Cermat tentang museum tingkat SLTP, dan lomba mewarnai untuk TK,” tutur Ujang Hariadi. (JP-Hms-Maria/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar