Home » , , » Sekda Ajak Seluruh Pihak Wujudkan Pilkada Damai dan Bermartabat

Sekda Ajak Seluruh Pihak Wujudkan Pilkada Damai dan Bermartabat

Written By jambipos-online on Selasa, 26 Juni 2018 | 21:15

Sekda dan Kapolda Jambi Pantau Pilkada Kerinci
Sekreraris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai dan bermartabat. Hal itu dikemukakakan Sekda dalam Zikir dan Dialog bersama Kaplda Jambi dalam rangka Mewujudkan Pilkada Beradap Kabupaten Kerinci Tahun 2018, bertempat di Masjid Nurul Amin Polres Kerinci, Selasa (26/6/2018) siang. Humas
Jambipos Online, Kerinci-Sekreraris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai dan bermartabat. Hal itu dikemukakakan Sekda dalam Zikir dan Dialog bersama Kaplda Jambi dalam rangka Mewujudkan Pilkada Beradap Kabupaten Kerinci Tahun 2018, bertempat di Masjid Nurul Amin Polres Kerinci, Selasa (26/6/2018) siang.

Sekda Provinsi Jambi sebagai perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jambi mengikuti zikir tersebut. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kerinci, seluruh pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Kerinci Tahun 2018, Ketua MUI Kerinci, Ketua Lembaga Adat Kerinci, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kerinci juga ikut serta dalam zikir tersebut.

Sekda menyampaikan harapannya terkait Pilkada, baik di Kabupaten Kerinci maupun di Kabupaten Merangin dan Kota Jambi agar bisa terlaksana dengan lancar, aman, tertib, damai, dan bermartabat. Untuk itu, Sekda mengajak masyarakat dan seluruh pihak untuk sama-sama berusaha mewujudkan kondisi Pilkada yang diharapkan tersebut.

“Kita inginkan, Pilkada tahun ini, terutama Pilkada di Kerinci adalah Pilkada yang damai, aman dan bermartabat. Selama ini, Kerinci ini menjadi barometer setiap Pilkada, itu sudah sampai ke Pemerintah Pusat, makanya Pak Kapolda sengaja turun langsung ke Kabupaten Kerinci, dan kami mendampingi beliau, berharap supaya kegiatan yang dilaksanakan hari ini, dengan mengumpulkan seluruh paslon yang akan mengikuti Pilkada Kerinci, serta semua tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik pandai, KPU, dan Bawaslu mengikuti zikir dan doa bersama, dengan harapan Pilkada Kerinci aman, damai dan bermartabat," katanya.

Sekda menyatakan, meskipun selama ini Kerinci dianggap rawan dalam kemananan Pilkada, namun hal tersebut bisa diubah dan diperbaiki, dengan niat yang baik dari semua pihak dan menjalankan seluruh tahapan Pilkada sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. Jika hal tersebut dilaksanakan, Sekda mengungkapkan optimismenya akan terwujudnya Pilkada kerinci yang aman, damai, dan bermartabat.

Sekda juga berharap agar media massa turut menciptakan kesejukan bagi masyarakat, diantaranya dengan menghindari hoaks.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol. Muchlis AS menegaskan bahwa semua daerah punya potensi gangguan keamanan, namun dengan upaya dan kerja keras seluruh pihak secara bersinergi, semua daerah harus aman.

Muchlis menjelaskan, Polda Jambi telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait dan berbagai upaya untuk mempersiapkan supaya Pilkada Kerinci, Kota Jambi, dan Kabupaten Merangin aman dan damai. Dia juga sudah silaturahmi ke rumah seluruh paslon.

Kapolda mengatakan, 2 hari lalu, dia mengumpulkan seluruh putra Kerinci yang ada di Polda Jambi, yakni sebanyak 80 orang, dan dari 80 orang tersebut diseleksi 33 orang untuk ditugaskan dalam pengamanan Pilkada Kerinci. Hal ini sengaja diambil sebagai upaya untuk turut meningkatkan kedekatan personil Polri dengan masyarakat, dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif.

“Dengan zikir ini, dari aspek religius, di hadapan Allah SWT, kita berjanji untuk menjadikan Pilkada Kerinci ini aman dan damai, yang menjadi faktior yang sangat menentukan dalam pembangunan daerah, termasuk untuk investasi di Kerinci,” ujar Kapolda.

“Kalau kita ingin maju, jadikan masa lalu sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan. Kedepankan pendekatan humanis. Saya minta kawan-kawan TNI dan Polri untuk tetap bersinergi,” tegas Kapolda.

Kapolres Kerinci, AKBP Dwimulyanto,S.IK,SH menyampaikan, Polres Kerinci telah melakukan berbagai upaya preventif untuk mengantisipasi gangguan keamanan terhadap Pilkada Kerinci, namun selain itu juga dilakukan doa bersama untuk memohon restu dari Allah SWT.

“Sampai saat ini, situasi aman dan kondusuf,” kata Kapolres Kerinci. (JP-Hms-Mustar Hutapea)






Share this article :

Posting Komentar