Home » » Piala Dunia 2018: Keisuke Honda Selamatkan Jepang dari Kekalahan

Piala Dunia 2018: Keisuke Honda Selamatkan Jepang dari Kekalahan

Written By jambipos-online on Senin, 25 Juni 2018 | 07:49

Imbangi Senegal, Ketenangan Pemain Jepang Menuai Pujian


Timnas Jepang bermain 2-2 kontra Senegal pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2018, di Central Stadium, Minggu (24/6/2018) malam WIB. (FIFA.com)

Jambipos Online, Yekaterinburg - Timnas Jepang bermain 2-2 kontra Senegal pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2018 di Central Stadium, Yekaterinburg, Minggu (24/6/2018). 

Hasil itu membuat Jepang dan Senegal sama-sama memuncaki Grup H dengan nilai empat dari dua laga. Kedua tim pun berpeluang besar untuk lolos ke-16 besar Piala Dunia 2018.

Jepang dan Senegal sama-sama meraih hasil positif pada pertandingan sebelumnya. Namun, Senegal langsung saling menyerang demi memperoleh kemenangan kedua.

Usaha skuat asuhan Aliou Cisse itu berbuah manis ketika pertandingan baru berjalan 10 menit. Bola tendangan kaki kiri Sadio Mane tidak dapat dihalau kiper Jepang, Eiji Kawashima.

Tertinggal satu gol tidak lantas membuat Jepang menyerah. Makoto Hasebe hampir menyamakan kedudukan lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Perjuangan Jepang membuahkan hasil pada menit ke-34. Berawal dari umpan Yuto Nagatomo, Takashi Inui mencatatkan nama di papan skor setelah bola tendangan kaki kanannya mengoyak gawang Senegal.

Kedua kesebelasan sama-sama berusaha menambah skor sepanjang sisa babak pertama. Meski begitu, skor sama kuat tidak berubah hingga jeda.

Aksi saling serang kedua kesebelasan berlanjut setelah pertandingan kembali berjalan. Yuya Sako dan M'Baye Niang gantian mengancam gawang lawan masing-masing.

Moussa Wague membuat Senegal kembali unggul pada menit ke-71. Menerima umpan Niang, Wague langsung menendang bola ke sisi kanan gawang Jepang yang gagal dihalau Kawashima.

Akan tetapi, keunggulan Senegal tidak berlangsung lama. Pemain pengganti, Keisuke Honda, menyamakan kedudukan setelah menerima umpan Takashi Inui.

Baik Jepang maupun Senegal sama-sama saling serang demi meraih kemenangan untuk memastikan tiket lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018. Akan tetapi, skor sama kuat 2-2 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Jepang (4-2-3-1): 1-Eiji Kawashima; 19-Hiroki Sakai, 3-Gen Shoji, 22-Maya Yoshida, 5-Yuto Nagatomo; 7-Gaku Shibasaki, 17-Makoto Hasebe; 8-Genki Haraguchi (9-Shinji Okazaki 75'), 10-Shinji Kagawa (4-Keisuke Honda 72'), 14-Takashi Inui (11-Takashi Usami 87'); 15-Yuya Osako.

Pelatih: Akira Nishino (Jepang)

Senegal (4-1-4-1): 16-Khadim N'Diaye; 22-Moussa Wague, 6-Alif Sane, 3-Kalidou Koulibaly, 12-Youssouf Sabaly; 13-Alfres N'Diaye (8-Cheikhou Kouyate 65'); 18-Ismaila Sarr, 17-Badou N'Diaye (11-Cheickh N'Doye 81'), 5-Idrissa Gueye, 10-Sadio Mane; 19-M'Baye Niang (9-Mame Biram Diouf 86')

Pelatih: Aliou Cisse (Senegal)

Wasit: Gianluca Rocchi (Italia)

Ketenangan Pemain Jepang Menuai Pujian
Gelandang Jepang, Takeshi Inui, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Senegal pada laga grup H Piala Dunia di Yekaterinburg Arena, Yekaterinburg, Minggu (25/6/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (FIFA.com)

Pelatih timnas Jepang, Akira Nishino, memuji ketenangan para pemainnya saat imbang 2-2 kontra Senegal pada matchday kedua Grup H di Ekaterinburg Arena, Senin (25/6/2018) dini hari WIB. Samurai Blue dua kali tertinggal di laga ini.

Jepang kebobolan lebih dulu setelah Sadio Mane mengantarkan Senegal unggul 1-0 lewat golnya pada menit ke-11. Namun, Takashi Inui berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-34.

Pada babak kedua, Senegal unggul untuk kedua kalinya di laga ini melalui gol Moussa Wague (71'). Hanya saja, keunggulan itu kembali mampu disamakan Jepang berkat gol pemain pengganti Keisuke Honda (78'), yang bertahan hingga laga usai.

"Ini laga yang sulit, dan kami sudah tahu ini akan menjadi laga yang tidak mudah. Kami tahu Senegal bukan tim yang bisa dengan mudah dikalahkan. Namun, tim ini tetap tenang setelah kebobolan dan ini suatu hal yang positif kami bisa menyamakan skor dua kali," ujar Nishino.

Pelatih berusia 63 tahun mengaku anak asuhnya bermain sangat baik saat menyerang dan mampu menjaga ritme permainan dengan baik. Pergantian pemain yang satu di antaranya memasukkan Honda untuk menggantikan Shinji Kagawa juga berjalan sukses di babak kedua.

"Para pemain sangat percaya diri dan begitu positif. Saya merasa kami seharusnya bisa menang dan kami juga sangat ingin meraih kemenangan," tukas Nishino.

Hasil imbang ini membuat Jepang menempati puncak klasemen sementara dengan mengoleksi empat poin dari dua pertandingan. Jumlah poin yang diraih Honda dan kawan-kawan sama dengan yang diraih Senegal.

Fakta Menarik Jepang

- Jepang gagal menang dalam enam laga terakhir mereka saat Piala Dunia berlangsung di benua Eropa. Dari enam laga itu, Jepang menelan lima kekalahan.

- The Blue Samurai, julukan Jepang, tidak pernah mengalahkan tim dari Amerika Selatan di Piala Dunia (satu imbang dan tiga kalah).

- Dari lima edisi Piala Dunia, Jepang hanya satu kali menang di laga pembuka saat mengalahkan Kamerun 1-0 tahun 2010.

- Jepang mengalahkan Paraguay 4-2 saat masa persiapan, namun itu baru kemenangan kelima yang diraih Jepang sepanjang tahun 2018. Jepang bermain imbang melawan Mali, kalah dari Ukraina, Ghana, dan Swiss.

- Keisuke Honda terlibat dalam lima dari enam gol Jepang pada dua edisi terakhir Piala Dunia. Honda juga mencetak tiga gol dan mengemas dua assist, namun Honda belum lagi mencetak gol dalam 14 laga terakhirnya bersama Jepang.(JP)

Sumber: Bola.com

Gallery Foto Jepang-2-2 Senegal-Foto FIFA.com



















Share this article :

Posting Komentar