Home » » Piala Dunia 2018: Kalahkan Rusia, Uruguay Juara Grup A

Piala Dunia 2018: Kalahkan Rusia, Uruguay Juara Grup A

Written By jambipos-online on Selasa, 26 Juni 2018 | 09:06

Setelah 20 Tahun, Uruguay Menyamai Rekor Argentina
Striker timnas Uruguay, Luis Suarez (kiri), merayakan gol ke gawang Rusia pada laga Grup A Piala Dunia 2018 di Cosmos Arena, Senin (25/6/2018). (FIFA Photo)
Jambipos Online, Samara-Timnas Uruguay tekuk tuan rumah Rusia 3-0 di Cosmos Arena, Senin (25/6/2018). Kemenangan ini memastikan posisi sebagai juara Grup A Piala Dunia 2018.

Uruguay mencetak gol lewat Suarez ('10), bunuh diri Denis Cheryshev ('23), dan Edinson Cavani ('90). Sedangkan Rusia kehilangan Igor Smolnikov karena mengoleksi dua kartu kuning.

Hasil ini membawa Uruguay mengoleksi hasil sempurna dari tiga pertandingan yang dijalani sepanjang Piala Dunia kali ini. Dengan sembilan angka, mereka unggul tiga poin atas pesaing terdekat Rusia.

Pertahanan Uruguay juga menunjukkan ketangguhannya dengan tidak kebobolan sepanjang turnamen. 

Uruguay selanjutnya menghadapi runner-up Grup B di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (30/6/2018). Sedangkan Rusia meladeni juara Grup B Piala Dunia di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7/2018). 

Jalan Pertandingan

Striker timnas Uruguay, Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang  kiper Rusia Igor Akinfeev pada laga Grup A Piala Dunia 2018 di Cosmos Arena, Senin (25/6/2018). (FIFA)

Sudah memastikan tiket 16 besar, Rusia memilih mengistirahatkan Aleksandr Golovin yang bersinar pada laga ini. Sementara Uruguay mengubah sistem permainan menjadi 3-5-2.

Keputusan tersebut memengaruhi pertandingan. Rusia, yang mencetak delapan gol di dua partai sebelumnya, kesulitan menciptakan peluang berarti. 

Uruguay memanfaatkan kondisi dan memimpin melalui tendangan bebas Suarez. Ini adalah gol keduanya pada turnamen ini. 

La Celeste memperbesar keunggulan setelah usaha Diego Laxalt membentur Cheryshev. Bola yang berubah arah membuat kiper Rusia Igor Akinfeev tidak berdaya. 

Bencana bagi Rusia makin lengkap di menit ke-38. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua bagi Smolnikov usai melanggar Laxalt. 

Kekurangan pemain, Rusia berusaha menekan di babak kedua. Namun pertahanan Uruguay menunjukkan kekuatannya. 

Sebaliknya, La Celeste memiliki sejumlah kesempatan lewat Cavani, Cristian Rodriguez, dan Giorgian De Arrascaeta. Setelah terus berusaha, Cavani akhirnya sukses mencatatkan nama di papan skor memaksimalkan bola muntah. Kedudukan kemudian tidak berubah.

Susunan Pemain
Uruguay: Muslera; Coates, Godin, Caceres; Laxalt, Nandez (Rodriguez 73), Torreira, Bentancur (De Arrascaeta 63), Vecino; Suarez, Cavani (Gomez 90+4)

Russia: Akinfeev; Smolnikov, Kutepov, Ignashevich, Kurdjasov; Samedov, Gazinskiy (Kuzyaev 46), Miranchuk (Smolov 60), Zobnin, Cheryshev (Fernandes 38); Dzyuba

Uruguay Menyamai Rekor Argentina

Timnas Uruguay menang 3-0 atas Rusia dalam pertandingan terakhir Grup A, di Stadion Cosmos Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB. (FIFA)

Timnas Uruguay menang 3-0 atas Rusia dalam pertandingan terakhir Grup A, di Stadion Cosmos Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB. Hasil itu membuat La Celeste menyamai rekor Argantina yang telah bertahan selama 20 tahun.

Ketiga gol Uruguay ketika menang kontra Rusia dicetak oleh Luis Suarez pada menit ke-10, gol bunuh diri Denis Cheryshev (23'), dan Edinson Cavani (90').

Raihan tiga poin membuat Uruguay menjuarai Grup A dengan torehan sembilan angka. Mereka pun melenggang ke 16 besar dengan catatan apik, yaitu tidak sekalipun menderita kebobolan.

Menurut Opta, Uruguay menjadi tim pertama yang selalu menang dalam fase grup tanpa kebobolan di Piala Dunia. Sebelumnya, hanya Argentina yang dapat menorehkan pencapaian serupa pada 1998.

Performa apik membuat Luis Suarez dan kawan-kawan menjadi unggulan di Piala Dunia saat ini. Jika terus tampil konsisten, Uruguay bukan tidak mungkin dapat merengkuh trofi Piala Dunia untuk kali ketiga sepanjang sejarah.

Luis Suarez Kian Dekat Ukir Sejarah di Piala Dunia

Penyerang timnas Uruguay, Luis Suarez, selangkah lagi mengukir sejarah sebagai top scorer negaranya dalam perhelatan Piala Dunia. Sang pemain pun mengaku senang memiliki kesempatan menorehkan prestasi individu tersebut.

Kemenangan 3-0 Uruguay atas Rusia pada laga terakhir Grup A, di Stadion Cosmos Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB, memiliki arti banyak bagi Suarez. Hasil itu menjadikan sang pemain menduduki posisi kedua daftar top scorer sepanjang masa La Celeste di Piala Dunia.

Satu gol Suarez pada menit ke-10 kontra Rusia, membuatnya mencetak total tujuh gol selama mengikuti tiga turnamen Piala Dunia. Dia hanya terpaut satu gol dari pencetak gol terbanyak Uruguay di Piala Dunia, yakni Oscar Miguez.

"Secara pribadi, saya gembira bisa melangkah ke depan bersama Uruguay untuk meneruskan mencetak sejarah, Sebagai sebuah tim, kami memikirkan apa yang terbaik untuk skuat dan itulah yang terpenting," ujar Suarez.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung Uruguay yang sudah jauh-jauh ke Rusia dan kami bisa membalasnya dengan hasil pertandingan pada hari ini," ujar Luis Suarez.

Suarez: Uruguay Makin Berkembang di Piala Dunia 2018

Penyerang timnas Uruguay, Luis Suarez, menyebut timnya semakin berkembang di Piala Dunia 2018. Dia pun berharap, La Celeste mempertahankan performa impresif di pesta sepak bola empat tahunan tersebut.

Menghadapi Rusia pada laga terakhir Grup A di Cosmos Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB, Uruguay tampil dominan. Mereka mencatatkan 56 persen penguasaan bola, berbanding 44 persen milik Rusia.

Bermain menekan, La Celeste berhasil memimpin saat laga baru berjalan 10 menit. Eksekusi tendangan bebas Luis Suarez menghujam deras gawang Rusia yang dikawal Igor Akinfeev.

Masuk menit ke-23, Uruguay mampu menggandakan keunggulan. Gol kedua tim asuhan Oscar Tabarez itu tercipta setelah winger Rusia, Denis Cheryshev, membobol gawang sendiri.

Edinson Cavani membawa Uruguay memimpin 3-0 pada menit ke-90. Bola hasil sepakan Cavani melesat mulus masuk ke dalam gawang Rusia. Sampai laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Kemenangan ini membuat Uruguay lolos ke-16 besar dengan status juara Grup A. Mereka mendulang sembilan poin hasil dari tiga kemenangan beruntun. Uruguay unggul tiga angka atas Rusia yang menembus fase knock-out sebagai runner-up.

"Hasil ini jelas yang kami inginkan, kami ingin terus berkembang di seluruh Piala Dunia," ujar Suarez.

"Setelah memenangkan dua pertandingan dengan skor 1-0 (kontra Mesir dan Arab Saudi), hari ini kami ingin melakukan yang lebih baik. Kami ingin bermain dengan cara yang sama seperti sebelumnya," paparnya.

Pada 16 besar Piala Dunia 2018, timnas Uruguay akan bersua peringkat kedua Grup B di Fisht Olympic Stadium, 30 Juni. Sementara itu, Rusia menghadapi juara Grup B di Luzhniki Stadium pada 1 Juli 2018.(JP)


Sumber: Bola.com
Gallery Foto Uruguai-3-0 Rusia-Foto FIFA.com



















Share this article :

Posting Komentar