Home » » Piala Dunia 2018: Belgia Menang Telak Atas Panama

Piala Dunia 2018: Belgia Menang Telak Atas Panama

Written By jambipos-online on Selasa, 19 Juni 2018 | 08:31

Lukaku Cetak 2 Gol Ke Gawang Panama


Dries Mertens menyumbangkan satu gol sekaligus membantu timnas Belgia menang 2-0 atas Panama pada laga Grup G Piala Dunia 2018, di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Senin (18/6/2018) malam WIB. (FiFa.com)

Jambipos Online-Timnas Belgia mengawali kiprah di Piala Dunia 2018 dengan hasil cemerlang. Menghadapi Timnas Panama di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Senin (18/6/2018) malam WIB, Eden Hazard dkk. menang 3-0.

Belgia tampil dominan sejak awal pertandingan. Kevin de Bruyne dan Eden Hazard menjadi poros dimulainya serangan The Red Devils. Namun, dalam 45 menit pertama tak ada satu pun peluang yang berbuah gol. 

Panama bukan tanpa perlawanan. Beberapa kali tim asuhan Hernan Gomez itu mencoba untuk masuk ke daerah pertahanan Belgia dan baru bisa memberikan ancaman serius pada menit ke-30. Namun, sayang momen tersebut tak bisa dimaksimalkan.

Hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan imbang tanpa gol tak berubah. Secara statistik Belgia jauh lebih unggul dengan membuat sembilan tembakan dengan tiga di antaranya tepat ke arah gawang. Sementara itu, Panama hanya melepaskan tiga tembakan melenceng.

Dries Mertens memecah kebuntuan saat babak kedua baru berjalan kurang dari dua menit. Penyerang Napoli itu memanfaatkan bola rebound dan melepaskan tendangan voli yang melambung serta masuk ke gawang Panama.

Belgia kembali menambah keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-69 melalui gol yang dicetak Romelu Lukaku. Penyerang Manchester United itu menerima umpan lambung dari Kevin de Bruyne yang dimaksimalkan dengan sundulan kepala.

Lukaku memperlihatkan kualitasnya sebagai penyerang tajam dengan mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-75. Berawal dari sebuah serangan balik cepat, Lukaku mendapatkan umpan terobosan dari Eden Hazard.

Dengan tenang Lukaku mengecoh Jaime Penedo dengan tembakan lob. Belgia pun unggul 3-0. Hingga pertandingan usai, keunggulan tiga gol yang diraih oleh Belgia tak berubah.

Kemenangan ini membawa Belgia untuk sementara berada di puncak Grup G Piala Dunia 2018 dengan tiga poin. Sebuah modal yang bagus diraih oleh Belgia sebelum menghadapi Tunisia dan Inggris pada dua pertandingan berikutnya.

Susunan pemain:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois (kiper); Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Dedryk Boyata (belakang); Thomas Meunier Axel Witzel, Kevin de Bruyne, Yannick Carrasco (tengah); Eden Hazard, Dries Mertens, Romelu Lukaku (depan)

Pelatih: Roberto Martinez

Panama (4-1-4-1): Jaime Penedo (kiper); Michael Murillo, Roman Torres, Fidel Escobar, Eric Davis (belakang); Gabriel Gomez, Joel Barcenas, Armando Cooper, Anibal Godoy, Jose Rodriguez (tengah); Blas Perez (depan)

Pelatih: Hernan Gomez

Dries Mertens Masuk Buku Sejarah Timnas Belgia

Gelandang Timnas Belgia, Dries Mertens, masuk buku sejarah negaranya setelah mencetak gol dalam kemenangan 3-0 atas Panama pada pertandingan pembuka Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Senin (18/6/2018) malam WIB.

Pada pertandingan tersebut, Dries Mertens mencetak gol di menit ke-47. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak gol melalui tendangan voli yang tak mampu diantisipasi kiper Panama kawalan Jaime Penedo.

Gol tersebut menjadi yang kedua dicetak Dries Mertens sepanjang Piala Dunia yang diikutinya. Sebelumnya, gelandang Napoli itu juga pernah mencetak gol ke gawang Aljazair ketika Belgia menang 2-1 pada Piala Dunia 2010.

Hal itulah yang membuat Dries Mertens mengikuti jejak mantan pemain Belgia sekaligus mantan pelatih, Marc Wilmots. Ketika itu, Marc Wilmots mencetak gol untuk Timnas Belgia pada Piala Dunia 1998 dan 2002.

Secara keseluruhan, ada enam pemain Belgia yang mampu mencetak gol di dua Piala Dunia yang berbeda. Sebelumny Mertens, ada nama Erwin Vandenbergh (1982 dan 1986), Jan Ceulemans (1986 dan 1990), Enzo Scifo (1986 dan 1990), Marc Degryse (1990 dan 1994), Marc Wilmots (1998 dan 2002)

Setelah gol Dries Mertens, Belgia kembali mencetak dua gol lagi melalui Romelu Lukaku pada menit ke-69' dan 75'. Kemenangan 3-0 membuat Belgia kini memuncaki klasemen sementara Grup G Piala Dunia 2018 dengan raihan tiga poin.


Pada laga selanjutnya, Timnas Belgia akan menghadapi Tunisia pada pertandingan yang digelar di Stadion Spartak, Sabtu (23/6/2018). Kemenangan atas Tunisia tentu saja membuat peluang The Red Devils untuk melaju ke babak selanjutnya semakin terbuka lebar.


Sumber: Bola.com
Share this article :

Posting Komentar