Home » , » Pemudik Perlu Waspadai Macet di Jalintim Sumatera Kota Jambi

Pemudik Perlu Waspadai Macet di Jalintim Sumatera Kota Jambi

Written By jambipos-online on Selasa, 12 Juni 2018 | 11:26

ILUSTRASI-BUS DIDORONG MUNDUR. FOTO ASENK LEE SARAGIH
Pemudik perlu waspada karena bisa terjebak macet pada beberapa ruas jalur mudik. Selain itu jarak terminal dengan lampu merah dan SPBU sangat dekat. 

Jambipos Online, Jambi - Para pemudik Lebaran dari Jawa tujuan Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang melintas di Jambi perlu waspada karena bisa terjebak macet pada beberapa ruas jalur mudik.

Jalur mudik yang rawan macet di Jambi antara lain terdapat di ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, yakni Jalan Lingkar Barat, depan terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi. Kemudian jalur mudik rawan macet lainnya terdapat pada ruas jalan depan kampus Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi.

Pantauan Suara Pembaruan di Jalan Lingkar Barat, depan terminal Alam Barajo, Selasa (12/6/2018) pagi, kemacetan di ruas Jalintim Sumatera wilayah Kota Jambi itu terjadi akibat kehadiran pasar di pinggir jalan persis di samping terminal. Selain itu jarak terminal dengan lampu merah dan stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) sangat dekat.

Beberapa loket bus juga terdapat di sepanjang ruas Jalintim Sumatera dekat terminal. Kemudian arus lalu lintas dari terminal menuju pusat kota dan menuju Kabupaten Batanghari, Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara juga relatif padat.

Kepala Terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi, Despredo menjelaskan, pihaknya menempatkan petugas di ruas Jalintim Sumatera depan terminal guna mengatasi kemacetan. Angkutan kota di sekitar terminal dilarang menaikkan dan menurunkan penumpang di depan gerbang terminal dan pasar yang berada di samping terminal.

“Memang Jalintim Sumatera dekat terminal Alam Barajo sering macet karena arus lalu lintas padat, ada pasar, dekat lampu merah dan SPBU. Kami berupaya mencegah kemacetan di ruas Jalintim Sumatera wilayah Kota Jambi ini dengan mengatur lalu lintas pagi hingga petang,” katanya.

Sementara itu jalur mudik rawan macet di depan kampus Unja, Mendalo, Muarojambi disebabkan ruas jalan yang sempit. Kemudian di ruas jalan tersebut juga terdapat pasar dan rumah toko.

Selain itu jalur mudik melalui ruas jalan depan kampus Unja Mendalo juga selalu padat. Ruas jalan tersebut merupakan jalur penghubung Kota Jambi dengan Kabupaten Batanghari, Bungo dan Padang, Sumatera Barat.

“Ruas jalan depan kampus Unja, Mendalo, Muarojambi ini selalu macet, terutama pagi, siang dan sore. Arus lalu lintas di ruas jalan depan kampus Unja ini selalu padat karena ruas jalan ini merupakan jalur utama Kota Jambi-Padang, Sumatera Barat,” kata Arfan (45), pemilik rumah toko depan kampus Unja, Mendalo.(JP)



Share this article :

Posting Komentar