Home » » Berkat VAR, Prancis Kalahkan Australia

Berkat VAR, Prancis Kalahkan Australia

Written By jambipos-online on Sabtu, 16 Juni 2018 | 20:13

Prancis menang 2-1 atas Australia berkat gol dari Antoine Griezmann dan Paul Pogba

Gol Griezmann lahir berkat VAR, pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia.

Jambipos Online, Kazan - Kemajuan teknologi menjadi penyelamat Prancis dalam laga perdana mereka di Grup C Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rusia, Sabtu (16/6/2018) waktu setempat. Prancis menang 2-1 atas Australia berkat gol dari Antoine Griezmann dan Paul Pogba, sementara Australia membalas lewat gol penalti dari Mile Jedinak.

Di awal babak kedua, sebuah umpan terobosan Pogba menembus kotak penalti, Josh Risdon mencoba menghalau bola tetapi justru menjatuhkan Antoine Griezmann. Wasit Andres Cunha tidak langsung memberikan penalti.

Namun, setelah berkonsultasi lewat siaran ulang VAR atau Video Assistant Referee, tampak jelas Risdon menjatuhkan Griezmann di kotak terlarang. Cunha pun menghadiahkan penalti untuk Prancis. Griezmann maju dan menyelesaikan penalti dengan kaki kirinya.

Penggunaan VAR ini adalah yang pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia. Gol Griezmann juga menjadi gol perdananya bagi Prancis di putaran final Piala Dunia.

Australia membalas lewat sebuah serangan balik. Samuel Umtiti tertangkap basah menepis bola dengan tangan di kotak penalti. Jedinak berhasil memasukkan bola. Skor 1-1.

Permain kembali berjalan terbuka setelah dua gol penalti. Australia lalu melakukan pergantian pemain. Andrew Nabbout digantikan Tomi Juric.

Australia mampu mengimbagi Prancis di 45 menit pertama pertandingan Grup C yang dimainkan di Kazan Arena. Socceroos bahkan sempat mengancam beberapa kali lewat tendangan bebas dan serangan balik. Prancis juga melakukan pergantian pemain. Griezmann dan Ousmane Dembele digantikan Olivier Giroud dan Nabil Fekir. Lalu, Australia memasukan Jackson Irvine menggantikan Tom Rogic. Corentin Tolisso mendapatkan kartu kuning setelah menjatuhkan Juric. Tidak lama kemudian, dia digantikan Blaise Matuidi yang lebih berpengalaman.

Di menit ke-80, Paul Pogba membawa Prancis unggul 2-1. Sebuah operan satu-dua dengan Giroud diselesaikan Pogba dengan tendangan lob. Bola membentur mistar atas lalu jatuh persis di belakang gawang dan keluar lagi. Siaran ulang Goal Line Technology memastikan bola sudah melewati garis gawang.

Australia mencoba membalas dengan memasukkan pemain muda Daniel Arzani menggantikan Robbie Kruse. Namun skor akhir 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Prancis tidak akan terlalu puas dengan permainan mereka hari ini tetapi mereka cukup senang dengan kemenangan pertama di laga pembuka. Laga berikutnya adalah Peru dan Denmark, dua tim yang lebih kuat dari Australia.(JP)



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar