Home » , , » 37 Lokasi di Jalur Mudik Jambi Rawan Lakalantas

37 Lokasi di Jalur Mudik Jambi Rawan Lakalantas

Written By jambipos-online on Selasa, 05 Juni 2018 | 15:41

Jalur Merangin-Kerinci tepatnya di Desa Muaraemat Merangin rawan terjadi lakalantas karena minimnya rambu lalulintas. Lekalantas ini terjadi 9 November 2017. Foto Asenk Lee Saragih
Kerawanan lakalantas tersebut disebabkan ruas jalan yang rusak, tikungan tajam, rawan longsor, kurang rambu lalu lintas, dan padat arus lalu lintas. Titik rawan lakalantas pada jalur mudik di Jambi paling banyak di Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Jambipos Online, Jambi - Para pemudik yang melintas di Provinsi Jambi diharapkan ekstra waspada karena cukup banyak lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dan tindak kejahatan pada jalur mudik Lebaran di daerah itu. Sedikitnya ada 37 lokasi rawan lakalantas dan tindak kejahatan pada jalur mudik Lebaran di Provinsi Jambi. Kerawanan lakalantas tersebut disebabkan ruas jalan yang rusak, tikungan tajam, rawan longsor, kurang rambu lalu lintas, dan padat arus lalu lintas.

“Kami sudah memetakan titik-titik rawan lakalantas di seluruh jalur mudik di Jambi. Baik jalur mudik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) maupun jalan nasional antar kabupaten. Lokasi rawan lakalantas pada seluruh jalur mudik di Jambi terdapat di 37 titik di delapan kabupaten,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra di Jambi, Selasa (5/6/2018).

Menurut Varial Adhi Putra, titik rawan lakalantas pada ruas jalur mudik lebaran di Jambi banyak terdapat di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Bungo, ruas jalan di perbukitan Bangko, Kabupaten Merangin-Kota Sungaipenuh dan Kerinci, Kerinci-Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lokasi rawan lakalantas pada ruas jalur mudik di Jambi juga terdapat di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Dijelaskan, titik rawan lakalantas pada jalur mudik di Jambi paling banyak di Kabupaten Tanjungjabung Timur, yakni sebanyak 11 titik. Titik rawan lakalantas jalur di mudik wilayah Kabupaten Kerinci sebanyak enam titik. Kemudian titik rawan lakalantas pada jalur mudik di Kabupaten Bungo, Tebo dan Batanghari masing-masing lima titik. Sedangkan titik rawan lakalantas jalur mudik di Kabupaten Merangin dan Sarolangun masing-masing dua titik dan di Kabupaten Tanjungjabung Barat satu titik.

Titik rawan lakalantas di Kabupaten Bungo, lanjut Varial Adhi Putra, sebagian besar berada di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, jalur utama mudik Kota Jambi-Padang, Sumatera Barat dan Provinsi Lampung-Padang, Sumatera Barat. Sedangkan di Kabupaten Kerinci, titik rawan lakalantas terdapat pada ruas jalan perbukitan Kota Bangko-Kerinci dan Kerinci-batas Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

“Kami mengimbau para pemudik di Jambi ekstrahati-hati pada lokasi-lokasi rawan lakalantas tersebut. Pemudik yang jarang berkunjung atau melintas di Jambi diharapkan juga melakukan koordinasi atau bertanya dengan petugas yang siaga di setiap posko arus mudik Lebaran,” katanya.(JP-SP)
Share this article :

Posting Komentar