Home » » Menag: Awal Ramadan Kamis 17 Mei

Menag: Awal Ramadan Kamis 17 Mei

Written By jambipos-online on Rabu, 16 Mei 2018 | 07:42

Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin
Jambipos Online, Jakarta- Kementerian Agama(Kemag) menetapkan, awal Ramadan 1439H tahun ini akan mulai pada Kamis (17/5/2018) besok. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, penetapan awal Ramadan ini berdasarkan paparan dan penjelasan posisi hilal awal Ramadan 1439 Hijriyah oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama.

Ia menuturkan, dari pantauan yang dilakukan oleh tim hisab rukyat di 95 titik di seluruh wilayah Tanah Air, dari 32 titik belum melihat hilal. Pasalnya, posisi hilal masih dalam ufuk, minus 1,63 derajat hingga dua derajat. "Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1439H, tidak

satupun berhasil melihat hilal atau di bawah ufuk. Maka dua hal tadi menjadi perhitungan hisab dan sebagaimana faktual Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka bulan Syakban saat ini disempurnakan menjadi 30 hari. Seluruh peserta sidang menyepakati pada malam ini, 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018," ucap Lukman di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/5/2018) malam.

Sidang Isbat tersebut turut dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), para duta besar negara-negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Selanjutnya Lukman mengucapakan selamat menunaikan ibadah puasa untuk seluruh umat muslim di seluruh Tanah Air. [JP]

Sumber: SP

Share this article :

Posting Komentar