Home » , , , » Plt Gubernur Jambi Dijadwalkan Buka Acara Pelatihan Jurnalis dan UKW

Plt Gubernur Jambi Dijadwalkan Buka Acara Pelatihan Jurnalis dan UKW

Written By jambipos-online on Kamis, 12 April 2018 | 23:30

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalisk hari pertama, Kamis (12/4/2018) Pukul 13.30 WIB menampilkan Narasumber AK Mahmud (Press One PWI Jambi) dengan materi “Hubungan Wartawan dan Humas”, Ir Fitri Ulinda dengan materi “Teknis Penulisan Berita dan Press Release”. Moderator pada kedua pemateri ini adalah Drs Arwani (Ketua Bidang UKW) PWI Provinsi Jambi. Photo2: Asenk Lee Saragih
PWI Jambi Selenggarakan Pelatihan Jurnalis dan UKW

Jambipos Online, Jambi-Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi melaksanakan Pelatihan Jurnalis dan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) selama tiga hari di Hotel Grand Abadi Pasar Jambi. Peserta pelatihan Jurnalis meliputi puluhan wartawan siber, media cetak, elektronik Jambi lintas usia serta pegawai kehumasan. Sedangkan UKW diikuti sekitar 43 jurnalis media siber, cetak, elektronik.

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalisk hari pertama, Kamis (12/4/2018) Pukul 13.30 WIB menampilkan Narasumber AK Mahmud (Press One PWI Jambi) dengan materi “Hubungan Wartawan dan Humas”, Ir Fitri Ulinda dengan materi “Teknis Penulisan Berita dan Press Release”. Moderator pada kedua pemateri ini adalah Drs Arwani (Ketua Bidang UKW) PWI Provinsi Jambi. 

Usai kedua materi ini, dilanjutkan dengan materi “Teknik Liputan dan Masalah Hukum Pengenalan Media” dengan narasumber Kompol R Manalu SH MH (Kasubdid PIP Polda Jambi). Moderator pada materi ini adalah Drs Bussyafrijal (Ketua DKD PWI Provinsi Jambi). 
Materi “Teknik Liputan dan Masalah Hukum Pengenalan Media” dengan narasumber Kompol R Manalu SH MH (Kasubdid PIP Polda Jambi). Moderator pada materi ini adalah Drs Bussyafrijal (Ketua DKD PWI Provinsi Jambi). 
Selanjutnya pemateri selanjutnya yakni Pejabat BPJS dan Jasa Raharja dengan materi tentang “BPJS Ketanakerjaan dan Jasa Raharja” dengan moderator Renold (Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik dan UKW PWI 2018).

Pembukaan secara resmi pelatihan ini akan dihadiri Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Jumat (13/4/2018) Pukul 13.00 WIB. Kemudian untuk pelatihan hari Jumat (13/4/2018) Pukul 08.00 WIB materinya diantaranya “Fungsi Bahasa Indonesia dan Bahasa Jurnalistik yang baik dan Benar” dengan narasumber Kepala Lembaga Bahasa Provinsi Jambi dengan moderator Syamsul Bahri. 

Kemudian dilanjutkan pemateri dari Pimpinan SKK Migas dengan materi “Liputan Istilah-Istilah Teknis dan Kebijakan Program SKK Migas” dengan moderator Herry FR (Sekretaris PWI Provinsi Jambi).

Selanjutnya Pukul 10.00 WIB masuk pada materi “Program Peliputan Bank Indonesia” dengan Narasumber Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dengan moderator Drs Busyafrizal. Berikutnya materi “Regulasi dan Hukum Tentang Pers” oleh Dewan Pers dan PWI Pusat dengan moderator Hery FR, “Teknik Pemberitaan Radio dan TV” oleh Kepsta RRI dan TVRI dengan moderator M Surtan (Pengurus PWI Jambi).

Sementara pelaksanaan UKW dan Pelatihan Teknik Foto Jurnalistik dilaksanakan pada waktu yang bersamaan yakni Pukul 07.30 WIB hingga Pukul 17.00 WIB. Seluruh peserta UKW fokus pada materi penilaian UKW yang dilakukan pada panitia. Sedangkan peserta pelatihan Jurnalistik akan melakukan kunjungan ke JEK TV dan Jambi Ekspres dan RRI. 

Menurut Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt didampingi Ketua Panitia Pelaksana UKW dan Pelatihan Jurnalis 2018 Renold Isa Putra, pelatihan Jurnalis dan UKW untuk menjawab tantangan perkembangan dunia informasi dan profesionalitas wartawan. 

Disebutkan, pelatihan jurnalis dan UKW suatu aksi dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi wartawan. Hal ini akan dilakukan secara berkesinambungan sehingga semakin banyak wartawan di Jambi yang sudah lulus UKW.

Sementara seorang peserta pelatihan Jurnalis, Rosenman Manihuruk mengatakan, pelatihan dan UKW yang dilakukan merupakan program PWI Provinsi Jambi. Menurutnya, kedepan biaya UKW semakin murah sehingga peserta UKW di Jambi semakin banyak sehingga SDM wartawan di Jambi semakin mumpuni. 

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan PWI Jambi atas terselenggaranya kegiatan peningkatan SDM wartawan ini. Peserta pelatihan gratis dan diberikan kenangan berupa baju kaos dan sertivikat pelatihan. kami ini saya terpaksa absen dulu ikut UKW karena belum memiliki dana yang cukup," ujar Rosenman Manihuruk. (JP-Lee) 
Pelaksanaan Pelatihan Jurnalisk hari pertama, Kamis (12/4/2018) Pukul 13.30 WIB menampilkan Narasumber Ir Fitri Ulinda dengan materi “Teknis Penulisan Berita dan Press Release”, moderator  Drs Arwani (Ketua Bidang UKW) PWI Provinsi Jambi. Photo2: Asenk Lee Saragih


Pelatihan Jurnalis Oleh PWI Jambi di Abadi Gran Hotel Abadi Pasar Kota Jambi, Kamis (12/4/2018). Photo Asenk Lee Saragih  








Pelatihan Jurnalis Oleh PWI Jambi di Abadi Gran Hotel Abadi Pasar Kota Jambi, Kamis (12/4/2018). Photo Asenk Lee Saragih  




Share this article :

Posting Komentar