Home » , , , , » Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Akan Singgah di Kantor Gubernur Jambi

Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Akan Singgah di Kantor Gubernur Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 06 April 2018 | 22:25

Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi saat beraudensi dengan Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Muchlis AS MH di Mapolda Jambi, Rabu (4/4/2018).IST
Dari Danau Tondano Sulut Hingga Ke Danau Toba Sumut
Masyarakat Jambi Siap Sambut

Jambipos Online, Jambi-Lembaga Paskah Nasional (LPN) menetapkan tempat dan pelaksanaan peringatan Perayaan Paskah Nasional tahun 2018 yang ke XIV di Kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kirab Obor Paskah Nasional ini telah berlangsung selama 13 tahun dan memilih lokasi yang berbeda – beda. 

Sekretaris Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi Drs Fendi Sinabutar kepada Jambipos Online, Jumat (6/4/2018) malam mengatakan, masyarakat Jambi, khususnya Umat Kristiani siap menyambut Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 di Jambi. 

Hal ini terlihat ketika Panitia Daerah Kirab Obor Paskah Nasional terbentuk dan langsung Lembaga Paskah Nasional mengeluarkan  Keputusan Lembaga Paskah Nasional Nomor : 0125/Kep.PASNAS/III/18 Tentang  Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi.

Disebutkan, panitia langsung bekerja secara marathon karena waktu yang begitu singkat dan mengadakan rapat-rapat untuk pemantapan penyambutan dan pelepasan Kirab Obor Paskah Nasional tersebut. 

"Panitiapun membuat program kerja, terlebih untuk menghimpun dana,  memberikan undangan kepada  perwakilan pendeta maupun  jemaat  gereja-gereja,  menghubungi Pemerintah setempat, Gubernur, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pembimas Kristen Kanwil Kemenag RI  Provinsi Jambi. Masing-masing Gereja di Kota Jambi mengirimkan 10 orang untuk menyambut Kirap Obor Paskah Nasional itu di Jambi. Bahkan Kirap Obor paskah Nasional itu akan diarak juga ke kantor Gubernur Jambi Senin 9 April 2018," kata Fendi Sinabutar.  

Panitia Jambi juga sudah melakukan koordinasi dengan Pembimas Khatolik Kanwil Kemenag RI Provinsi Jambi, Ketua PGI Wilayah Jambi, Ketua KWI Wilayah Jambi dan Ketua Wilayah PGIP Wilayah Jambi, Walikota, Kapolda Jambi beserta jajarannya, Danrem, Kapolresta, puji Tuhan semua berjalan sesuai yang diharapkan. 

Kata Fendi Sinabutar, sesuai jadwal  yang diterima Panitia, Tim Kirab Obor Paskah Nasional akan sampai di Jambi pada Sabtu 7 April 2018 diperkirakan sampai Pukul 19.00 WIB dan disambut Panitia  ke batas Kota Jambi (Paal X). Dari Paal X Tim Kirab Obor Paskah Nasional dibawa ke di Gereja Sidang Jemaat Allah  Kotabaru Jambi untuk melakukan Doa Bersama.

Kemudian Obor Paskah Nasional diinapkan di Kantor Kesbangpol Kota Jambi yang précis berada di depan di Gereja Sidang Jemaat Allah  Kotabaru Jambi. 


Dijelaskan, acara seremonial  Penyambutan dan Pelepasan ke Kantor Gubernur Jambi dilaksanakan Senin 9 April 2018 setelah selesai Ibadah Kebaktian di Gereja Sidang Jemaat Allah  Kotabaru Jambi.

"Setelah selesai acara di Kantor Gubernur Jambi,  Panitia akan mengantar Tim Kirab Obor Paskah Nasional 2018 sampai ke Polres Muarojambi dan Tim Kirab Obor Paskah Nasional melanjutkan perjalanan menuju Kota Pekanbaru, Provinsi Riau," ujarnya.

Dikatakan, Paskah Nasional I –VI berlangsung di Jakarta, Paskah Nasional VII di Jayapura Papua, Paskah Nasional VIII diadakan di Bandung Jawa Barat, Paskah Nasional IX di Surabaya Jawa Timur, Paskah Ke X di   Papua Barat, Paskah Nasional XI dilaksanakan di Kupang Nusa Tenggara Timur, Paskah Nasional  XII di Lannya Jaya Papua dan Paskah XIII di Manado Danau Tondano Sulawesi Utara.

Disamping juga Kawasan Danau Toba telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai salah satu Destinasi Wisata Nasional berbasis Geopark Kaldera Toba (Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik), menuju Unesco Global Geoprak. 

Disebutkan, dipilihnya Danau Toba Samosir jadi tuan rumah Paskah Nasional Tahun 2018, karena masyarakat Sumatera Utara memiliki kehidupan kemasyarakatan yang sangat menjungjung tinggi nilai – nilai keagamaan dan kebudayaan serta Persaudaraan yang sudah dikenal luas hingga ke Manca Negara.

Kawasan Danau Toba ini mencakup bagian dari wilayah administrasi  dari tujuh Kabupaten yaitu Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Simalungun.

Menurut Fendi Sinabutar, Perayaan  Paskah tahun 2018 ini akan dipusatkan di Kawasan Danau Toba Provinsi Sumatera Utara. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta sejumlah menteri kabinet kerja hadir dalam perayaan puncak Paskah Nasional yang dipusatkan di Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).
Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi saat beraudensi dengan Pjs Walikota Jambi H Fauzi di Kantor Walikota Jambi, Rabu (4/4/2018).IST
Namun sebelumnya Obor Paskah dikirab melalui berbagai daerah di Indonesia. Untuk tahun 2018 ini, Kirab Obor Paskah Nasional akan melintasi 3 ( tiga ) Pulau, yaitu Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Di Pulau Sulawesi melewati Kota Tondano, Manado, Amurang, Gorontalo, Tentena, Palu, Toraja dan Makassar. Kemudian Pulau Jawa, akan melintas di Kota Surabaya, Malang, Jogja, Bandung dan terakhir di Jakarta. 

Dijelaskan, sedangkan di Pulau Sumatera, Kopas (Kirab Obor Paskah Nasional ) menyusuri Kota Merak, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang Sidempuan, Tarutung, Dolok Sanggul, Pangururan ( Samosir), Sidikalang, Salak, Kaban Jahe, Medan, Pematangsiantar, Parapat dan terakhir di Kota Balige Kabupaten Toba Samosir.

Kopas berlangsung selama 40 hari dan menjadi tontonan dan  atraksi wisata  melewati 27  Kabupaten / Kota. Di mulai dari Danau Tondano Sulawesi Utara 19 Maret hingga 28 April 2018 dan berakhir di Balige Kabupaten Tobasa, Provinsi Sumatera Utara. 
(Dari Kiri ke Kanan) Lipan Pasaribu SH, Sintong Aritonang, Dimar Simarmata SH MS, Parluhutan Simorangkir SP ME, Dr Rosinta Norawati MA, Robert Pasaribu AMd, Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi saat melakukan Rapat Persiapan di Partukkoan HKBP Kotabaru Kota Jambi, Selasa (3/4/2018).IST
Tema Kirab Obor Paskah Nasional 2018 “ Karya Terbesar” dimana Allah Bapa telah mengorbankan anak Nya Yesus Kristus untuk mati dan bangkit guna menebus dosa seluruh umat manusia dan itu adalah Karya Terbesar yang boleh dirasakan oleh seluruh umat manusia (Yohannes 3: 16 ). 

Sejak digulirkan Paskah secara Nasional, Panitia dari tahun ke tahun terus mengedepanpan tema Sentral “ Karya Terbesar” dan sub Tema “ Merawat  keutuhan ciptaanNya. Kopas (Kirab Obor Paskah Nasional ) diharapkan menjadi simbol kebersamaan gereja dalam memancarkan terang kasih, perdamaian, dan kerukunan. (JP-Lee)
Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi saat melakukan Rapat Persiapan di Kantin Sopo Godang Jubileum HKBP Kotabaru Jambi, Rabu (4/4/2018).IST
(Dari Kiri ke Kanan) Ir Dj Marpaung MSc, Ir Dopang Tambunan, Hotman Sitanggang SH, Cst Parluhutan Simorangkir SP ME, Dimar Simarmata SH MS, Dr Rosinta Norawati MA, Ny Ir Dj Marpaung Boru Simanjuntak, Sintong Aritonang dan Candra Hutabarat. Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi saat melakukan Rapat Persiapan di Partukkoan HKBP Kotabaru Kota Jambi, Senin (2/4/2018). IST
Salinan SK Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi.
Salinan SK Panitia Penyambutan Pemberangkatan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 Daerah Provinsi Jambi.
Share this article :

Posting Komentar