Home » , , , » Dua Kali Musrenbang, Pejabat Pusat Tak Pernah Singgung Soal Lanjutan Pembangunan Pelabuhan Muarosabak

Dua Kali Musrenbang, Pejabat Pusat Tak Pernah Singgung Soal Lanjutan Pembangunan Pelabuhan Muarosabak

Written By jambipos-online on Jumat, 06 April 2018 | 08:39

Desain Pelabuhan Laut Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjabtim, Provinsi Jambi.
Jambipos Online, Jambi-Dua kali pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2018 dan Tahun 2019, Pemerintah Pusat baik Bappenas, Kementerian PUPR tak pernah menyinggung soal kelanjutan pembangunan Pelabuhan Muarosabak yang berada di alur Sungai Batanghari. Dari catatan pemerintah Pusat, letak pelabuhan itu tidak mendukung karena berada pada alur Sungai Batanghari, bukan di laut.

Pada era Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin Dua Periode 1999-2010, pembangunan  Pelabuhan Muarosabak dirintis dan terbengkalai hingga kini. Kemudian pada era Gubernur Jambi Periode H Hasan Basri Agus (HBA) 2010-2015, justru melakukan pencanangan Grounbreaking Pembangunan Pelabuhan Laut Ujung Jabung di Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis 20 November 2015 lalu.

Sata itu Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan tiga Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan RI yakni Dirjen Perhubungan Udara Herry Bekti, Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit, Dirjen Perhubungan Darat Soeroyo Ali Meoso hadir pada acara itu. Kemudian saat itu Kadis Perhubungan Provinsi Jambi dijabat olah Ir PB Panjaitan MM.
Program Padat Karya Kementeerian PUPR.
Pelabuhan Ujung Jabung Timur di Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi telah mulai direncanakan untuk dikembangkan sejak tahun 2011. Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung telah sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jambi tahun 2013-2033.

Sesuai dengan Perda No 10 Tahun 2013 tanggal 4 Juli 2013 dan ditetapkan dalam Rencana Induk Pelabuhan Nasional sebagai Pelabuhan Pengumpan pada tahun 2015-2020 dan sebagai Pelabuhan Utama pada 2020 sesuai Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 414 Tahun 2013 tanggal 17 April 2013.

Namun sejak Zumi Zola terpilih jadi Gubernur Jambi, dirinya tak ada lagi menyinggung soal kelanjutan pembangunan  Pelabuhan Laut Ujung Jabung di Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Justru Zumi Zola kembali mengangkat programnya soal kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Muarosabak. Namun dua kali Musrenbang RKPD Provinsi Jambi 2018 dan Tahun 2019, pejabat Pusat baik Kementerian PUPR, Bappenas tidak memasukkan pembangunan Pelabuhan Muarosabak dalam program strategis. 

Hal itu terungkap saat pemaparan Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bidang Ekonomi, Dr.Ir.Leonard VH Tampubolon,MA dan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs.Syarifuddin,MM serta Kepala Pusat Perencanaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir.Bobby Prabowo,CES.

Dari pemamaran ketiganya, program strategis dan prioritas di Provinsi Jambi hanya menyangkut  soal irigasi, pertanian, perkebunan, pertambangan, parawisata.

Leonard VH Tampubolon mengatakan, pentingnya sinergi antara semua tingkat pemerintahan, pelaksanaan rangkaian musrenbang di Provinsi Provinsi difokuskan pelaksanaan multi sektor dan kewilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah.

Dikatakan, dalam pembahasan pembahasan dengan masing masing Kabupaten/Kota perlu perlu diperhatikan pendetailan perencanaan yang fokus dan terintegrasi dengan program/kegiatan nasional (lokus kegiatan/proyek yang diperlukan).

Leonard VH Tampubolon juga menekankan, perkuatan integrasi pendanaan antara Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Nasional(APBN) dengan dengan dengan APBD.

Sementara Kepala Pusat Perencanaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir Bobby Prabowo CES menagaskan,  Program Prioritas kesepakatan Kementerian PUPR dengan Provinsi Jambi TA 2019 meliputi Pembangunan Bendung Batang Asai, Rehabiltiasi Jaringan Irigasi DI. Batang Sangkir Kabupaten Kerinci, Revitalisasi Danau Kerinci, Peningkatan Jaringan Irigasi DI Batanghari Kabupaten Bungo dan Tebo.

Kemudian Pembangunan Operasi dan Pemeliharaan Daerah Irigasi Rawa, Rehabiltiasi Jaringan Irigasi DI. Siulak Deras Kabupaten Kerinci, Pembangunan Embung Desa Bukit di Kabupaten Sarolangun, Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Batanghari Bungo dan Tebo, Rehabiltiasi Jaringan Irigasi DI Limun Singkut Kabupaten Sarolangun, Pembangunan Prasarana Pengambilan Air Tanah Untuk Air Baku (8 Lokasi) di Kabupaten Tanjab Timur. (JP-Lee)

Gubernur Jambi H Zumi Zola membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019, di Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi, Kamis (5/4/2018) pagi. Pembukaan Musrembang RKPD Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019 ditandai dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola disaksikan oleh Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bidang Ekonomi, Dr.Ir.Leonard VH Tampubolon,MA dan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs.Syarifuddin,MM serta Kepala Pusat Perencanaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir.Bobby Prabowo,CES.










Share this article :

Posting Komentar