Home » , , » Ivan Wirata dengan Hj Masnah Duduk Semeja Bicarakan Pembangunan Muarojambi

Ivan Wirata dengan Hj Masnah Duduk Semeja Bicarakan Pembangunan Muarojambi

Written By jambipos-online on Minggu, 11 Maret 2018 | 21:48

Akrab: H Ivan Wirata bersama Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro tampak serius membahas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi. IST
Jambipos Online, Jambi-Tak ada musuh yang abadi dalam perpolitikan. Bahkan saat menjadi rival di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dan kembali mencair usai perhelatan Pilkada. Bahkan tak ada demdam politik pilkada, namun tetap menjalin hubungan baik untuk membangun daerah secara bersama-sama.

Meski kalah dalam Pilkada Muarojambi, tetapi kecintaan dirinya untuk membangun Muarojambi tetap bergelora. Adalah H Ivan Wirata, yang tetap rendah hati dalam berpolitik kepada rivalnya di Pilkada Muarojambi. Bahkan H Ivan Wirata sudah membulatkan tekad untuk maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi dan Kabupaten Batanghari 2019 mendatang.

Saat menghadiri undangan  resepsi pernikahan salah seorang anak pengurus Partai Golkar di RT 05, Simpang Selat, Kelurahaan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi, Minggu, Sabtu (10/3/2018), Ivan Wirata terlihat serius berbincang dengan Bupati Muarojambi Masnah Busro yang merupakan rivalnya di Pilkada Muarojambi tahun 2016 lalu.

Ivan Wirata dan Masnah Busro yang duduk satu meja undangan tampak berbincang serius soal membangun Muarojambi kedepan.

“Dalam pertemuan itu, tidak lagi membahas soal politik tetapi lebih serius membahas tentang membangun Muarojambi ke depan. Bagaimana stretegi Pemkab Muarojambi untuk menggaet dana Kementerian PUPR untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi,” kata Ivan Wirata kepada wartawan.

Menurut Ketua Depidar SOKSI Provinsi Jambi ini, Dia memberikan masukan menyangkut pembangunan infrastruktur, karena itu bidang kariernya yang sempat menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA) Jambi sebelum terjun ke dunia politik.

Kata Ivan Wirata, menyangkut pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi sangatlah dibutuhkan, dan itu diakui Masnah Busro. Selain itu dalam pertemuan yang penuh suasana keakraban dirinya juga memberikan trobosan termasuk upaya yang mesti dilakukan untuk meningkatkan perolehan anggaran dari pemerintah pusat.

“Karena selama ini saya selalu berhubungan dengan pihak Kementerian PU-PERA semenjak menjabat Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI, sehingga walaupun tidak banyak mengetahui itu paling tidak bisa dijadikan bahan masukan untuk membangun infrastruktur di Jambi,” kata Ivan Wirata.

Kondisi Jalan Muarojambi

Seperti dikatakan Ivan Wirata kepada Jambipos Online belum lama ini, sepanjang  619,74 Kilo Meter (Km) atau 66 persen dari total 941,77 Km jalan di Kabupaten Muarojambi Tahun 2017 kondisinya rusak berat. Kerusakan terparah berada di Sungaibahar Selatan dengan kerusakan jalan mencapai 59, 63 Km atau 92 persen. Kemudian disusul Mestong dengan kerusakan jalan sepanjang 112, 28 Km atau 73 persen dan Sekernan sepanjang 85,25 Km atau 70 persen.

Dari total 941,77 Km panjang jalan di Kabupaten Muarojambi terdiri dari Sekernan 121, 47 Km, Marosebo 57,32 Km, Jaluko 93,69 Km, Tanjung Rajo 50,71 Km, Kumpeh Ulu 54,25 Km, Kumpeh 24,86 Km, Mestong 153, 78 Km, Sungaibahar Utara 64,52 Km, Sungaibahar 81,24 Km, Sungaibahar Selatan 64,69 Km, Sungai Gelam 175, 24 Km.

Masing-masing panjang jalan tersebut sebagian besar rusak parah. Misalnya kerusakan jalan di Sekernan mencapai 85,25 Km, Marosebo 27, 70 Km, Jaluko 52,24 Km, Tanjung Rajo 30,68 Km, Kumpeh Ulu 36,03 Km, Kumpeh 13,11 Km, Mestong 112, 28 Km, Sungaibahar Utara 44,73 Km, Sungaibahar  52,09 Km, Sungaibahar Selatan 59,63 Km, Sungai Gelam 106, 0 Km.

Menurut H Ivan Wirata ST MM MT, kondisi kerusakan jalan itu tidak dapat ditanggulangi Pemerintah Kabupaten Muarojambi dan juga PU Provinsi Jambi.

“Dibutuhkan singkronisasi program antara PU Muarojambi dengan PUPR Provinsi Jambi mengatasi kerusakan jalan di Muarojambi,” kata Ivan Wirata yang kini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Jambi tersebut.

Menurut pengalaman Ivan Wirata saat dirinya blusukan dalam rangka sosialisasi Pilkada Muarojambi  sejak Agustus 2014 hingga Desember 2016 lalu, sudah melihat langsung kondisi kerusakan jalan-jalan di Kabupaten Muarojambi. Bahkan dalam 10 tahun Burhanuddin Mahir  menjabat Bupati Muarojambi tak ada peningkatan signifikan pembangunan infrastruktur di Muarojambi.

“Kapan Muarojambi jalannya bisa kondisi mantap minimal 75 persen yang panjang jalan kabupaten mencapai 1099 Km? Tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pembangunan jalan tersebut. Selain dana APBD Muarojambi, dana APBD Provinsi Jambi dan dana APBN juga bisa dilobi. Kemudian dana dari perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Muarojambi bisa juga diminta untuk membangunan infrastruktur di Muarojambi,” katanya.

Menurut Ivan Wirata, perbaikan kondisi jalan di wilayah Kabupaten Muarojambi penting mengingat akses ekonomi masyarakat tergantung dari kondisi jalan. Muarojambi sebagai daerah penyokong Kota Jambi memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara luas, khususnya Muarojambi dan Kota Jambi.

Kata Ivan Wirata, kepedulian Pemkab Muarojambi dan PU Provinsi Jambi untuk perbaikan jalan-jalan di Kabupaten Muarojambi harus maksimal. Kini masyarakat Kabupaten Muarojambi merindukan pembangunan jalan-jalan rusak di wilayah Kabupaten Muarojambi, khususnya jalan ke sentra pertanian dan perkebunan. (JP-Lee)
Akrab: H Ivan Wirata bersama Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro tampak serius membahas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi. IST
Akrab: H Ivan Wirata bersama Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro tampak serius membahas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi. IST
Akrab: H Ivan Wirata bersama Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro tampak serius membahas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muarojambi. IST






Share this article :

Posting Komentar