Home » , , , » Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi Dipusatkan di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi Dipusatkan di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 02 Februari 2018 | 16:39

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi Dipusatkan di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi.
Jambipos Online, Jambi-Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Pandang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 6-9 Februari 2018, merupakan agenda penting skala Nasional untuk Rakyat Indonesia, khususnya buat Pers Indonesia. Pers sebagai pilar demokrasi ke-empat 4 penopang Indonesia, sangat berperan dalam menjaga demokrasi tetap berjalan di atas jalurnya. HPN 2018 mengusung Tema ”Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa”.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dalam suatu kesempatan pernah mengatakan, di Indonesia ditopang oleh empar pilar. Menurut dia, hanya satu dari empat pilar demokrasi yang masih sehat, yaitu pers, (https://www.merdeka.com).

Mahfud menilai, tiga pilar demokrasi yang lain yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif sudah “busuk”. "Permainan eksekutif dan yudikatif itu kan sudah diketahui banyak orang, ironisnya mereka tertawa-tawa saja dan tidak tahu malu. Yudikatif juga busuk luar biasa," kata dia.

Namun demikian, Mahfud mengatakan, dalam menjalankan perannya menopang demokrasi, pers selalu dihadapkan pada berbagai tantangan yang mengancam idealisme. “Banyak orang yang ingin membelokkan pers dengan iming-iming. Ada juga yang beli berita, bahkan ada yang tidak punya pers tapi menyiapkan dana ratusan miliar untuk kepentingan tertentu,” terang Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan, pada titik inilah idealisme wartawan dibutuhkan untuk menjaga demokrasi tetap berjalan di atas jalurnya. “Pers bukan hanya sebatas mendukung demokrasi prosedural, tapi demokrasi substansial. Kalau tidak disadari ada potensi seperti itu, berbahaya bagi kehidupan demokrasi," kata dia.

Seiring perjalanan Pers dan peringatan HPN 2018, Gebyar HPN itu juga dirasakan Insan Pers, khususnya  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Provinsi Jambi. Guna menyemarakkan gebyar HPN di Jambi, PWI Jambi membentuk Panitia Pelaksana HPN Tinggkat Provinsi Jambi menuju HPN Sumatera Barat 2018.

Bersama PWI Provinsi Jambi Panitia HPN 2018 melakukan roadshow (pesiar-red) silaturahmi ke sejumlah Pejabat Publik, Lembaga, Pihak Swasta dan Insan Pers dalam mensosialisasikan HPN 2018.

Pengurus PWI dan Panitia HPN 2018, melakukan roadshow ke Gubernur Jambi H Zumi Zola, Sabtu (20/1/2018). Dalam silaturahmi dihadiri Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery Rawas, Ketua DKP PWI Provinsi Jambi Busafrizal, Ketua Panitia HPN Provinsi Jambi Paisal Kumar dan pengurus PWI Jambi lainnya. 

Dalam petemuan ini disepakati Perayaan HPN Tingkat Provinsi Jambi dilakukan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu 3 Februari 2018, mulai Pukul 10.00 hingga Pukul 13.00 WIB. Rangkaian Peringatan HPN Tingkat Provinsi Jambi diisi dengan Pemberian Penghargaan PWI Jambi Award kepada sejumlah nama yang sudah ditetapkan PWI Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Zumi Zola yang didampingi Kabiro Humas Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah menyambut baik rencana Pelaksanaan HPN Tingkat Provinsi Jambi Sabtu 3 Februari 2018. Gubernur Jambi langsung menyambut baik dan menyarankan agar pelaksanaannya dilakukan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. 

Ketua Panitia HPN 2018 Jambi Paisal Kumar dalam rapat panitia mengungkapkan, undangan yang disiapkan Panitia HPN Tingkat Provinsi Jambi sekitar 500 undangan dari berbagai elemen masyarakat dan Forkompinda Provinsi dan Bupati/ Walikota Se Provinsi Jambi. Rangkaian acara juga diisi Musikalisasi Puisi dari Pelajar SMAN 1 Kota Jambi.

Sebelumnya roadshow silaturahmi  HPN 2018, Pengurus PWI Provinsi Jambi dan Panitia HPN  juga dilaksanakan dengan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Senin (15/1/2018) di Ruang Kerja Wakil Gubernur Jambi. Pertemuan yakni Ketua PWI Provinsi Jambi Saman Spt, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Herry Rawas dan Paisal Kumar.

Kemudian dilanjutkan ke Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro di Rumah Pribadi Thehok Jambi, Minggu (21/1/2018) malam serta ke Penerima Pena Mas PWI Drs Hasan Basri Agus (Mantan Gubernur Jambi).

Jauh hari sebelumnya roadshow silaturahmi  HPN 2018 pada Selasa (16/1/2018) dengan Walikota Jambi Dr H Syarif Fasha. Dalam pertemuan ini dihadiri Saman SPt, Herry Rawas dan Paisal Kumar, Ketua DKP PWI Provinsi Jambi Busafrizal dan pengurus PWI Jambi lainnya serta Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar. 

Peringatan HPN 2018

Sementara Panitia Pelaksana HPN dan Pengurus PWI Provinsi Jambi mematangkan persiapan Peringatan HPN 2018 di Provinsi Jambi yang puncaknya dilaksanakan 3 Februari 2018. Panitia Pelaksana dan Pengurus PWI Provinsi Jambi telah melakukan gladi bersih di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (1/2/2018) siang.

Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery Rawas mengatakan, Panitia HPN 2018 dan Pengurus PWI Provinsi Jambi sudah memantapkan persiapan Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu 3 Februari 2018.

“Seluruh Panitia HPN dan Pengurus PWI Provinsi Jambi sudah memantapkan persiapan segala sesuatunya untuk acara tersebut. Sejumlah tokoh akan diberikan penghargaan oleh PWI Provinsi Jambi atas dedikasi dan dorongan moral, moril  dalam memajukan pers di Provinsi Jambi pada khususnya. Penghargaan itu diberikan dalam beberapa kategori yang kini sudah disepekati Panitia dan pengurus PWI Provinsi Jambi,” ujar Hery Rawas.

Mereka yang mendapatkan Award PWI Jambi itu yakni Gubernur Jambi H Zumi Zola, Walikota Jambi DR H Syarif Fasha, Bupati Tanjung Jabung Barat H Syafrial Siregar, Bupati Merangin H Al Haris, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro, H Usman Ermulan (Mantan Bupati Tanjabar), Hendry Attan (Ketua Laskar Meraj Putih), PT Petrochina, PT Asian Agri.

Slogan Pers

Sementara Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt mengatakan, dalam rangka HPN 2018, PWI Jambi dan Panitia Pelaksana HPN juga melakukan “kampanye” tentang slogan-slogan Pasal Undang Undang Pers No 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.

Kampanye UU Per situ dilakukan dengan melakukan kerjasama pembuatan spanduk ucapan HPN 2018 dengan isi slogan ragam tentang Pers. Setidaknya ada 9 poin slogan spanduk yang ditawarkan Panitia kepada Instansi, lembaga serta media untuk sumbansih cetak dan dipasang ditepat kantor masing-masing.

Slogan tentang Per situ yakni “Menghalang-halangi Tugas Pers dapat dipidana” (Pasal 18 UU No 40 Tahun 1999)”, “Kemerdekaan Pers Dijamin Undang-Undang” (Pasal 4 UU No 40 tahun 1999), “Pers Profesional Diera Digital”, “Wartawan Tidak Membuat Berita Bohong, Fitnah, Cabul dan Sadis”, “Pers Wajib Melayani Hak Jawab dan Koreksi”, “Wartawan Bersifat Independen”, “Wartawan Tidak Menyalahkan Profesia”, “Wartawan Profesional Harus Lulus UKW”, “Organisasi Wartawan Harus Terdaftar dan Terverivikasi Dewan Pers”.

Menurut Saman SPt, perkembangan pers diera digital ini sangat pesat di Provinsi Jambi. Seiring pesatnya perkembangan media siber itu, tingkat kepercayaan masyarakat juga semakin menurun terhadap Pers. Hal ini karena perkembangan sosial media yang begitu abstrak sehingga Pers dipacu untuk dapat mengimbangi pemberitaan dengan berita yang akurat dengan penerapan Jurnalistik professional.

Saman SPt mengatakan, pihaknya terus mendorong  peningkatan kapasitas Jurnalis Jambi, salah satunya melalui program uji  kompetensi yang digelar oleh Dewan Pers. Juga berharap pemerintah daerah untuk bisa mendorong dan memfasilitasi peningkatan kompetensi wartawan di daerah.  

Dia juga memaparkan kondisi terkini tantangan dunia pers di tengah era digitalisasi dan media sosial. Menurutnya, media mainstream perlu menjaga komitmennya sebagai sumber rujukan informasi bagi publik baik melalui media cetak, elektronik maupun siber.

“Media sosial tidak bisa dikalahkan, itu hampir pasti. Tapi bagaimana media mainstream tetap bisa menjaga komitmennya sebagai penyedia informasi dan rujukan informasi yang akurat bagi masyarakat, itu menjadi kekuatan yang harus dipertahankan," kata Saman yang terpilih sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022 pada Konferensi Provinsi Jambi PWI Jambi 7 Mei 2017 lalu.

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi itu juga sebagai rangkaian Peringatan HPN 2018 di Padang, Sumatera Barat 9 Februari 2018. PWI Provinsi Jambi berencana mengirimkan 60 delegasi yang akan berangkat 6 Februari 2018 hingga 10 Februari 2018. Selamat HPN 2018, Pers Dihati, Jurnalis Sejati.(JP-Rel-Panpel-HPN 2018)

Share this article :

Posting Komentar