Home » , , , » Zola Tinjau Progress Pengembangan Kawasan Permukiman Kumuh

Zola Tinjau Progress Pengembangan Kawasan Permukiman Kumuh

Written By jambipos-online on Friday, January 26, 2018 | 15:54

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli S.TP,MA meninjau hasil pengembangan kawasan permukiman kumuh tahun 2017, di Kelurahan Beringin Kecamatan Pasar Kota Jambi, Kamis (25/01/2018) sore.Humas
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli S.TP,MA meninjau hasil pengembangan kawasan permukiman kumuh tahun 2017, di Kelurahan Beringin Kecamatan Pasar Kota Jambi, Kamis (25/01/2018) sore.

Kawasan kumuh di Kelurahan Beringin Kota Jambi ini seluas 23,02 hektare, jumlah bangunan 724 unit, jumlah penduduk 3.105 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 690 KK, termasuk dalam kondisi kumuh ringan di daerah dataran rendah. Seluas 16,5 Ha (71,68%) kawasan permukiman kumuh tersebut telah diperbaiki dari total luas 23,02 Ha.

Zola mengungkapkan, pengembangan kawasan kumuh ini merupakan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia, Jokowi, untuk memperbaiki kondisi permukiman kumuh yang ada di Indonesia, termasuk Provinsi Jambi. Melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, pada tahun 2017, Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Jambi memperbaiki kawasan kumuh di Kelurahan Beringin Kota Jambi.

“Kita tadi sudah melihat, kawasan Beringin ini yang tadinya kumuh, berhasil diubah menjadi kawasan yang bersih, indah dan rapi serta nyaman untuk masyarakat yang tinggal di sini. Saya tadi ngobrol dengan masyarakat setempat, alhamdulillah mereka merasa senang karena permukiman tempat mereka tinggal telah diperbaiki," ujar Zola.

Dia menyampaikan, sampai saat ini, sudah 16,5 hektar yang telah diperbaiki dari luas 23,02 hektare yang akan diperbaiki dengan anggaran lebih kurang Rp4,5 milyar, sedangkan untuk kawasan yang belum diperbaiki, pada tahun 2018 ini semuanya akan selesai diperbaiki.

Lebih lanjut, Zola mengatakan, bukan hanya di Kota Jambi saja dilakukan pengembangan kawasan permukiman kumuh ini, tetapi juga di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sarolangun, dan Kota Sungai Penuh.

“Saya berpesan kepada Bapak Ketua RT, kepada lurahnya, dan kepada camatnya, untuk menjaga lingkungan yang sudah nyaman ini dan menggunakan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. Semoga yang sudah dilakukan ini bermanfaat bagi masyarakat banyak," kata Zola.

Setelah meninjau pengembangan kawasan permukiman kumuh di Kelurahan Beringin, Gubernur Zola melanjutkan meninjau jalan lingkungan yang telah dibangun pada tahun 2017 di Perumahan Pesona Jambi Mayang.

Zola mengungkapkan, pembangunan jalan lingkungan di Perumahan Pesona Jambi ini menggunakan rigid beton yang mampu menahan beban sampai dengan 10 ton, serta bisa bertahan lebih kurang 15 tahun. Jalan lingkungan yang dibangun sepanjang 400 meter dan lebar 4 meter, dengan anggaran lebih kurang Rp 500 juta.

“Kita melakukan pembangunan jalan lingkungan di perumahan ini, karena penduduknya padat sekali dan membutuhkan jalan yang layak untuk dilalui. Kita akan mencari lagi, daerah-daerah yang akan dibangun jalan lingkungan," tutur Zola.

Dia juga mengharapkan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk juga membangun jalan lingkungan di perumahan-perumahan, jadi Pemerintah Kabupaten/Kota bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dalam membangun jalan lingkungan. Zola mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat akan jalan lingkungan ini sangat penting sekali, karena kegiatan keseharian pasti menggunakan jalan lingkungan.

“Mari kita bersama-sama membangun jalan lingkungan ini untuk kepentingan masyarakat Jambi, tentu dilakukan dengan cara bertahap karena kalau seluruhnya langsung dikerjakan, anggarannya tidak cukup," jelas Zola. (JP-Hms-Richi)












Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos