Home » , , , , » Wagub Jambi Minta ASN Netral Pada Pilkada 2018

Wagub Jambi Minta ASN Netral Pada Pilkada 2018

Written By jambipos-online on Selasa, 16 Januari 2018 | 08:04

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar (paling kanan) saat meninjau jalan rigid beton di Keliling Danau Kerinci awal November 2017 lalu. Photo: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak ikut-ikutan berpolitik praktis jelang Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. Dia juga meminta ASN di Kota Jambi, Kerinci dan Kabupaten Merangin untuk menjaga netralitas selama proses Pilkada berlangsung.

Wagub Fachrori Umar juga meminta seluruh ASN di Provinsi Jambi agar displinan dalam melaksanakan tugas, khususnya di lingkup Pemerintahan Provinsi Jambi. Hal itu disampaikan Wagub jambi Fachrori Umar saat menjadi Inspektur upacara Kedisplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, bertempat di lapangan Kantor Dinas Kesehatan Senin (15/01/2018).

Turut mendampingi Wagub Jambi, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Provinsi Jambi, H Tagor Mulia Nasution, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi , H. Husairi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr Samsiran Halim, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah.

“Saya senang karena tingkat kedisplinan pegawai kita terus meningkat. Tapi peningkatan displin saja tidak cukup. Peningkatan displin harus selaras dengan peningkatan kinerja. Sebagai pembinaan dan pengawasan ASN di Pemerintah Provinsi Jambi sudah menjadi kewajiban saya untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan ASN sekaligus memantau seberapa jauh program Jambi TUNTAS dapat diserap oleh setiap OPD dan masyarakat," katanya.

“Displin sangat diutamakan dalam pelayanan terhadap masyarakat, kita ini harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, jangan melayani masyarakat setengah hati, harus lillahita’ala dengan iklas karena kita digaja oleh negara," ujarnya.

Dalam peningkatan mutu ASN di Provinsi Jambi, semua harus banyak belajar dan membaca sesuai dengan tugas masing-masing. “Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan anggaran bagi putra-putri Jambi yang ingin belajar atau melanjutkan pendidikan ketingkat lebih tinggi lagi, termasuk bagi ASN yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi, kita sudah menyediakannya," sebutnya.

Usai apel, Wagub Jambi Fachrori Umar yang didampingi Asisten III dan Kepala BKD Provinsi Jambi serta Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi melakukan dialog dan tanya jawab di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Fachrori Umar mengatakan, seiring dengan upaya membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik sebagaimana tercermin dalam visi misi JAMBI TUNTAS 2021, diperlukan komitmen yang kuat dari para pengambil kebijakan, tidak melakukan nepotisme, korupsi, semua harus adil dalam bertindak, selalu mengedepankan kebersamaan dan mengadakan koordinasi dan sinergitas dalam pelaksanaan program kerja.

Dia juga tekankan kebersamaan dalam melaksanakan tugas dan keseragaman dalam berpakaian serta kebersihan diri dan lingkungan tempat kerja. "Kita harus menjaga kebersamaan dalam pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kepala BKD Provinsi Jambi, H. Husairi menghimbau seluruh ASN yang berada di Provinsi Jambi untuk netral dalam menghadapi Pilkada. "Di Provinsi Jambi sekarang ini ada tiga kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak di tahun 2018 ini yaitu Kota Jambi, Merangin, dan Kerinci, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan larangan dan sanksi bagi seluruh ASN, harus netral dalam menghadapi Pilkada tersebut, terbukti ada keberpihakan pada salah satu pasangan sudah tentu ada sanksi bagi ASN tersebut," ujarnya.

Wagub Jambi Fachrori Umar juga menambahkan seluruh ASN di Kota Jambi, Merangin dan Kerinci harus netral dan tidak ikut-ikutan berpolitik praktis dalam proses Pilkada Juni 2018. (JP-Lee)

Share this article :

Posting Komentar