Home » , » PN Jakarta Utara Benarkan Ahok Gugat Cerai Veronica Tan

PN Jakarta Utara Benarkan Ahok Gugat Cerai Veronica Tan

Written By jambipos-online on Monday, January 8, 2018 | 10:21

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggugat cerai sang istri, Veronica Tan.
Jambipos Online, Jakarta - Kabar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggugat cerai sang istri, Veronica Tan, dibenarkan oleh PN Jakarta Utara. Surat gugat cerai itu masuk pada Jumat (5/1/2018) lalu.

"Jumat suratnya masuk jam 14.30 WIB. Itu dia masukin gugatannya jelang tutup kantor. Jadi belum ada yang tahu. Sekarang humas sudah tahu," kata panitera muda perdata PN Jakut, Tarmuzi, di kantornya, Senin (8/1/2018).

Tarmuzi menyebut surat itu diserahkan oleh kantor pengacara dari Fifi Lety Indra, adik Ahok. Surat itu sudah ditandatangani oleh Ahok.

"Ahok tanda tangan di atas meterai 6000, ada juga tanda tangan Lety (adik Ahok)," ucapnya.

Meski demikian, Tarmuzi enggan menunjukkan surat gugat cerai tersebut. "Jangan. Pokoknya sudah gugat cerai," ujarnya.

Sebelumnya, kabar Ahok menggugat cerai Vero muncul setelah surat cerai itu jadi viral di media sosial. Pengacara Ahok, Sirra Prayuna, mengaku akan mengecek surat itu saat dimintai konfirmasi pada Minggu (7/1/2018) malam.

Ini Pandangan PGI Soal Cerai di Kristen

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi menggugat cerai istrinya Veronica Tan. Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pun menjelaskan soal cerai dalam Kristen.



"Dalam kekristenan, tidak memperkenankan adanya perceraian," kata Sekretaris Umum PGI pendeta Gomar Gultom kepada detikcom, Senin (8/12/2017).

Gomar menjelaskan, karena ajaran Kristen tidak memperkenankan adanya perceraian, karena itu tidak ada tata cara cerai menurut hukum Kristen.


"Hukum yang terutama dalam kekristenan adalah kasih. Dengan mengedepankan kasih, segala pertikaian dan ketidakharmonisan dalam hubungan suami isteri dapat diselesaikan. Dengan kasih, hati yang terasing dan terpecah dapat digenggam sehingga utuh kembali," ujarnya.



Secara umum, lanjut Gomar, perceraian dalam Kristen hanya dimungkinkan oleh cerai mati dan zinah. Namun menurutnya, sejumlah gereja makin longgar dan makin realistis menghadapi kenyataan sekarang ini. Namun demikian, tetap saja tidak ada pedoman yang dapat digunakan untuk perceraian.

Dalam Alkitab di Matius 19 ayat 6 tegas menyatakan soal hukum pernikahan bagi orang Kristen. Isinya: "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

"Gereja-gereja lutheran seperti HKBP, GKPI dan lain-lain hingga kini mempertahankan tidak boleh cerai kecuali oleh perzinahan. Perceraian ini dimungkinkan karena yang berzinah tersebut telah kena hukum siasat gereja dan olehnya boleh diceraikan," jelas Gomar.   

Makin Dewasa

Surat gugatan diatasnamakan Basuki T Purnama alias Ahok jadi viral di media sosial. Padahal Ahok dan istrinya, Veronica, selama ini sepi dari isu keretakan. Ahok bahkan pernah memuji Veronica yang makin dewasa, tak seperti dulu.



Pujian itu dilontarkan Ahok dalam suratnya saat momen HUT pernikahan ke-20 pada September 2017. Surat itu dibacakan langsung oleh putra sulung Ahok, Nicholas Sean Purnama. Saat itu, Sean dan Vero tengah menghadiri acara buku 'Ahok di Mata Mereka'. Di sela acara, Sean membuat kejutan. 

Saat membacakan surat ayahnya, Sean tampak begitu menghayati kata demi kata. Sedangkan Vero menyimaknya dengan raut wajah terharu. 



Berikut ini isi surat yang ditulis Ahok untuk Vero di Mako Brimob:


Untuk Vero istriku,

Sekarang aku harus berterima kasih akan keadaan saat ini kepada semua pihak yang menyebabkan aku menjadi narapidana dan ditahan langsung tanpa menunggu proses lebih lanjut. 

Tak terbayang jika aku tidak ditahan, aku akan terus bekerja seperti dulu sampai Oktober sampai masa jabatan. Itu artinya saya bangun jam 04.30 (kamu memberiku gelar robot) karena semua waktu dihitung tepat agar aku bisa tiba di Balai Kota jam 07.30 WIB karena sudah banyak yang menunggu dan kerja non stop sampai pulang ke rumah sudah di atas jam 21.00 WIB.

Sabtu-Minggu selain ke kawinan, juga selesaikan dispensi surat dan kadang sampai tengah malam di malam Senin agar hari Senin tidak ada surat yang tertinggal. Kamu memberi gelar padaku robot sungguh benar. 

Sekarang di hari pernikahan kita yang ke-20 tahun, saya bersyukur bisa ada waktu mengenalmu dan memperhatikan kamu. Dulu aku benar-benar 'take it for granted' sampai-sampai anak juga kamu yang ajak jalan dan bicara. 

Hadiah terbesar HUT pernikahan ke-20 tahun adalah aku di dalam tahanan menyadari betapa beruntungnya pernikahan kita masih utuh dan engkau memaafkan semua kegilaan kerjaku melayani masyarakat. Dan sekalipun mendapat balasan masuk dalam tahanan dan tidak dipilih, tetapi saya mendapatkan istri yang mengasihi aku dan anak-anak kembali. Kalau ada yang salah dalam hubungan suami istri umumnya yang salah pasti sang suaminya. 

Aku bersyukur dalam tahanan menjadi banyak waktu untuk merenung, betapa istriku bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah jadi dewasa, mampu berprestasi akan menjadi perempuan penolong bagi saya. 

Sungguh benar dikatakan dalam Amsal Salomo, istri yang berakal budi adalah anugerah Tuhan.(JP)


Sumber: detik.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos