Home » , , » Ketangguhan H Ivan Wirata Sebagai Orangtua Tunggal Buat Anaknya

Ketangguhan H Ivan Wirata Sebagai Orangtua Tunggal Buat Anaknya

Written By jambipos-online on Jumat, 26 Januari 2018 | 18:02

Kebersamaan H Ivan Wirata bersama Putrinya. Istimewa
Jambipos Online, Jambi-Awalnya saya enggan menuliskan soal rumah tangga orang lain, demikian pula dengan keluarga H Ivan Wirata yang menggugat cerai istrinya krena faktor orang ketiga. Namun karena istrinya Hj Karyani Achmad SH yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2014-2019, patut jadi perbincangan publik, apalagi Karyani Achmad kedepatan selingkuh dengan Kus yang juga merupakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jambi.

Dengan tidak bermaksud untuk mencampuri privasi rumah tangga H Ivan Wirata, Jambipos Online mencoba menjumpai H Ivan Wirata di kediamannya di Perumnas Kotabaru Kota Jambi, Jumat (26/1/2018) Pagi. 

H Ivan Wirata pun menyambut Jambipos Online dengan baik dan menyuguhkan segelas kopi hitam sembari berbincang-bincang soal pembangunan dan juga soal kehidupan rumah tangganya yang retak. 

“Silahkan tulis saja apa adanya, memang itu faktanya. Saya juga tak keberatan jika soal kasus perceraian saya dengan istri saya diberitakan. Saya sepenuhnya mencurahkan kasih saying saya kepada anak-anak saya. Mereka sudah beranjak dewasa dan harus memberikan pemahaman soal kondisi ayah dan ibu mereka,” ujar H Ivan Wirata saat menjawab Jambipos Online soal rumah tangga itu.


Perceraian dengan istri, mengharuskan seorang suami berperan sebagai orangtua tunggal untuk anak-anaknya. Apalagi hak asuh anak jatuh ke pada suami. Jadi, siap tidak siap suami harus bisa berperan menjadi ibu juga buat anaknya. 
Jambipos Online saat  menjumpai H Ivan Wirata di kediamannya di Perumnas Kotabaru Kota Jambi, Jumat (26/1/2018) Pagi. Photo: Asenk Lee Saragih 
Walau bagaimanapun, anak-anak masih membutuhkan sosok seorang ibu. Dalam kondisi seperti itu, suami harus bisa melakukan apa yang biasa mantan istrinya lakukan bersama anak-anaknya. Dengan begitu, anaknya tidak merasa kehilangan perhatian dan kasih sayang dari ibunya. 

Perceraian ini juga berdampak pada pekerjaan seorang suami dan memastikan memiliki banyak waktu bersama anaknya. Hal itu jugalah yang dialami H Ivan Wirata saat ini. 

Mengikuti linimasa sosial media milik H Ivan Wirata yang kerap membagikan photo bersama putrinya dan anaknya, sungguh menunjukkan begitu tegarnya seorang Ivan Wirata dalam memposisikan dirinya sebagai Ayah sekaligus Ibu bagi anaknya. 
"Cintaku bersamamu semangatku semoga Allah selalu melindunginya". @sir.photography2 @sessario2, @alvieridho @raehan.ivka @putri_ivka95 @ucuphotography @nabilamauliddinadamaniik#ortuja. FB Ivan Wirata
Bahkan sehari sebelum menghadiri  sidang perdana gugatan cerai terhadap istrinya Hj Karyani Achmad SH di Pengadilan Agama Sengeti, Senin (23/10/2017) lalu, Ivan Wirata, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi dan juga Mantan Calon Bupati Muarojambi, memposting sebuah photo di akun instagram pribadinya @ivan_wirata yang juga dibagikan diakun facebook miliknya.

Dalam foto yang ia bagikan, tampak Ivan bersama dua anaknya. Dan sebuah tulisan "Cinta anakku dunia dan akhirat". Tak hanya itu, H Ivan Wirata juga membagikan photo bersama putrinya kala makan bersama, membeli buku bersama, bercanda gurao bersama.

Curahan perhatian yang dilakukan H Ivan Wirata kepada putri dan anaknya, untuk menyakinkan anaknya, tanpa seorang ibupun, mereka dapat bahagia. “Saya memberikan perhatian khusus pada anak saya. Ini saya lakukan karena mereka tak lagi perhatian dari ibunya,” ucap Ivan Wirata.

Kiriman-kiriman photo Ivan Wirata bersama putrinya selalu mendapat komentar orang-orang yang mengenalnya, dan memberikan dukungan moral. Bahkan baru-baru ini IW mengajak anak-anaknya serta Ibundanya berliburan ke Manado Sulawesi Utara.  

@nabil.eva : Semoga bapak dan keluarga selalu sehaat y paak..Aamiin YRA. @hery.sulistiono : Kompak selalu pak ivan.
@iam_rullah : Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan pa @ivan_wirata
@pipin_je : Sehat selalu abangku.

Bahkan istri walikotajambi, Sy Fasha juga memberikan komentarnya. @yulianafasha : Bawa kue yang dibikin rame-rame dirumah dinas sama Bian.


Gugat Cerai Istri 

Dengan pertimbangan yang bijaksana dan mendalam, Ivan Wirata menggugat cerai istrinya Karyani yang duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Demokrat Dapil Muarojambi-Batanghari. 


Pada Senin (23/10/2017) lalu, Ivan Wirata jalani sidang perdana permohonon gugatan cerai terhadap Isterinya yang digelar di pengadilan Agama Sengeti, Muarojambi. Didampingi Penasehat hukumnya, Ivan Wirata menghadiri sidang perdana itu.

Sidang tersebut berlangsung tanpa kehadiran dari pihak tergugat atau Istri dari Ivan Wirata. Persidangan pun dilaksanakan terbuka untuk umum. Dalam sidang tersebut pihak Pemohon menyatakan telah komitmen akan melanjutkan permohonan gugatan cerainya kepada Majelis Hakim.

Bahkan menurut Ivan keputusan sulit itu telah dipertimbangkannya masak-masak dengan melakukan salat istikharah. 

“Saya sudah Istikharah, ini adalah keputusan terbaik, saya ingin menjalani kehidupan ini dengan istiqomah," sebut IW kepada wartawan setelah proses persidangan saat itu.

Kuasa Hukum IW, Maroli, SH, menyebutkan, pokok persoalan permohanan gugatan cerai ini intinya tidak ada lagi kecocokan dari kedua belah pihak sehingga menurut permohonan ini bisa dilakukan.

“Saya mewakili klien saya mengajukan permohonan gugat cerai di Pengadilan Agama Sengeti ini pada 26 September 2017 lalu,” kata Maroli.

Saat ditanya wartawan terkait adanya dugaan perselingkuhan, Maroli tidak mau berkomentar banyak. “Kita lihat saja nanti, kita lihat saja nanti proses dan hasil persidangan nya,” ujarnya.

Karyani adalah putri Ahmad Ripin, mantan Bupati Muarojambi pertama setelah pemekaran dari Kabupaten Batanghari. 

Pergoki Isteri

Sementara proses gugatan cerai di Pengadilan Agama (PA) Sengeti, Kabupaten Muarojambi, masih berjalan, Ivan Wirata Minggu (3/12-2017) malam, memprogoki isterinya makan bareng bersama teman selingkuhnya yang diduga selama ini, Kus yang juga merupakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jambi.

Saat Ivan menemukan isterinya Karyani sedang makan dengan Kus di Rumah Makan Aneka Rasa, Kebun Jeruk, Kota Jambi, sekitar Pukul 20:30 WIB, sempat duduk satu meja, dan tidak ada pembeciraan yang mereka bahas, sedangkan Karyani dan Kus serta seorang wanita berjilbab yang dikabarkan adalah pengacara dari isterinya itu tampak kaget dengan kehadiran Ivan Wirata.

Ivan Wirata dalam keterangannya mengungkapkan, sebenarnya Ia ingin membuktikan dugaan perselingkuhan yang dilakukan isterinya dengan Kus yang selama ini disangkal isterinya dalam proses perceraian itu.

“Apa ini bukti-bukti, mau bukti apa lagi ditengah pengajuan gugatan cerai masih berproses kedua meraka sudah menunjukan prilaku seperti layaknya suami isteri di depan umum,” kata Ivan Wirata.

Selanjutnya, Ivan Wirata mengatakan, sebelum isterinya Ia pergoki di rumah makan itu, sebelumnya sudah dibuntuti sejak di Café Buzz yang terletak dikawasan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, dan selanjutnya mereka bergerak ke Hotel T-One di kawasan Pasar Angso Duo, Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

“Saat di Café Buzz, isterinya datang dengan mobil pribadinya Toyota Fortuner berwarna emas, tetapi ketika menuju ke Hotel T-One isterinya itu sudah satu mobil dengan mobil yang berbeda, yakni Toyota Yaris berwarna merah tua,” kata Ivan, sembari mengatakan mobil ini jugalah yang mereka tumpangi menuju Rumah makan Anek Rasa.

Ini bukti bagi saya, terang Ivan Wirata, sehingga nanti dalam proses persidangan di PA Sengeti akan saya tunjukan supaya apa yang saya duga itu benar adanya.

Dunia Politik

Terlepas dari kasus gugatan perceraian itu, H Ivan Wirata justru konsen masuk ke dunia politik. Bahkan dirinya sudah menancapkan niat untuk maju sebagai calon legislatif DPRD Provinsi Jambi daerah pemilihan Kabupaten Muarojambi dan Batanghari. 

Bahkan H Ivan Wirata juga sudah memantabkan langkah dan strategi untuk menuju gedung DPRD Provinsi Jambi. Dia juga akan maju sebagai caleg bersama Partai Golkar. H Ivan Wirata juga yakin bersama Partai Golkar, dirinya dapat merebut kursi dewan.

“Saya akan berjuang untuk bisa lolos ke dewan, karena lewat dewan itulah bisa memberikan kritikan dan masukan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun program pembangunan. Niat saya maju sebagai caleg DPRD Provinsi Jambi banyak mendapat dukungan,” ujarnya.(JP-Asenk Lee)

Share this article :

Posting Komentar