Home » , , » HUT Jambi Ke 61, Jadi Ajang Promosi Wisata Sungai Batanghari

HUT Jambi Ke 61, Jadi Ajang Promosi Wisata Sungai Batanghari

Written By jambipos-online on Monday, January 8, 2018 | 09:46

Lomba Perahu Pacu di Sungai Batanghari dalam rangka perayaan HUT Provinsi Jambi Kamis – Minggu (4 – 14/1/2018).
Jambipos Online, Jambi- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memanfaatkan momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Provinsi Jambi sebagai ajang promosi wisata Sungai Batanghari dan usaha ekonomi kreatif Jambi. Untuk itu berbagai kegiatan wisata di Sungai Batanghari dan pameran produk usaha ekonomi kreatif digelar selama perayaan HUT Provinsi Jambi Kamis – Minggu (4 – 14/1/2018).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jambi, HM Dianto pada pembukaan lomba perahu tradisional dan perahu naga di Sungai Batanghari, Kota Jambi, Jumat pecan lalu mengatakan, perayaan HUT ke-61 Provinsi Jambi difokuskan pada upaya promosi wisata, ekonomi kreatif dan budaya Jambi.

Kegiatan yang digelar untuk promosi wisata pada perayaan HUT Provinsi Jambi tersebut, yaitu lomba perahu tradisional tradisional dan perahu naga di Sungai Batanghari, Jumat – Minggu (5 – 7/1/2018). Kemudian kegiatan promosi usaha kreatif, yakni pameran hasil olahan produk pertanian Jambi, Minggu (14/1/2018).

Sedangkan kegiatan budaya yang digelar memeriahkan HUT Provinsi Jambi, yaitu malam apresiasi seni budaya Melayu Jambi, Sabtu (6/1) malam dan lomba pemakaian kerudung khas Jambi, tengkuluk.

Kejurnas 

Sementara itu perlombaan dayung sampan tradisional dan perahu naga yang digelar memeriahkan HUT Provinsi Jambi berskala nasional. Lomba dayung yang dimulai Jumat (5/1/2018) di Sungai Batanghari, Kota Jambi, diikuti 52 tim dayung.

“Peserta lomba dayung sampan tradisional dan perahu naga berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Riau, Kota Bekasi, Marinir TNI dan tim dayung dua kota dan sembilan kabupaten se - Provinsi Jambi,”katanya.
Gubernur Jambi H Zumi Zola (pakei lacak), Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto,S.Sos (ke empat kiri berdiri) Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar (kaos hitam pakai topi) foto bersama dengan Tim Dayung Perahu Tradisional Tipe Dragon Boat Indragiri Hulu meraih Juara III dengan uang pembinaan Rp 25 juta, saat final Minggu (7/1/2018). Humas

Dijelaskan, lomba dayung tersebut dibagi lima kategori, yakni kategori perahu naga, sampan tradisional tipe A dan B. Lomba perahu naga diikuti 19 tim dayung, lomba dayung sampan tradisional tipe A diikuti 13 tim dayung dan tipe B diikuti 20 tim dayung.

Selain untuk promosi wisata, lanjut HM Dianto, lomba dayung sampan tradisional dan perahu naga di Sungai Batanghari ini juga dimanfaatkan mencari bibit-bibit atlet dayung nasional dari Jambi. Pedaung muda yang berprestasi pada lomba dayung HUT Provinsi Jambi ini nanti akan direkrut dan dibina.

Sementara Gubernur Jambi H Zumi Zola berjanji akan kembali mengadakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panu Perahu Naga Tradisional di Sungai Batanghari. Dragon boat akan diadakan lagi di bulan September 2018, tingkat nasional memperebutkan piala Menteri PUPR.

Hal itu dikatakan Zumi Zola saat bersama-sama dengan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar bersama Pangdam II Sriwijaya Mayjen AM Putranto, S. Sos, melepas babak final Lomba Pacu Perahu dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke 61 Provinsi Jambi yang memperebutkan hadiah total Rp. 295.500.000, Minggu (7/1/2018).

“Tahun ini mencoba sesuatu yang baru, kita memang setiap tahun lomba pacu perahu tipe A tipe B diikuti tim-tim dari kabupaten kota se Provinsi Jambi. Tahun ini kita ingin memperlebar lagi cakupannya perahu naga ditingkat nasional," kata Zola. 

Peserta Perahu Naga diikuti dari luar Provinsi Jambi menjadi tontonan masyarakat yang memadati kiri-kanan Sungai Batanghari termasuk dari Jembatan Pedestrian Gentala Arasy. “Alhamdulillah diikuti Riau, Jakarta dan Jawa Barat ini semakin semarak In Sya Allah Dragon boat akan diadakan lagi," kata Zola. 

Zumi Zola menegaskan pertandingan serta kemeriahan dalam perayaan HUT Provinsi Jambi ke 61 menjadi ungkapan serta perhatian pemerintah atas kepedulian masyarakat. “Kita upayakan acara lain lebih semarak dan kita dorong futsal, basket sebagai hiburan direspon positif masyarakat dan sebagai ungkapan terima kasih pemerintah atas dukungan masyarakat terhadap Program Jambi Tuntas 2021," kata Zola.

Zola juga mengapresiasi antusiasnya masyarakat Jambi dalam menyaksikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan Panitia HUT Provinsi Jambi Ke 61.

Zumi Zola juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Perahu Tradisional Tipe Dragon Boat (open) pemenangnya Gadjah Mada dari Jakarta meraih Juara I mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 50 Juta. Disusul Kabupaten Bekasi Juara II mendapatkan uang pembinaan Rp 40 juta kemudian Indragiri Hulu meraih Juara III dengan uang pembinaan Rp 25 juta, Muarojambi Tuntas Juara IV meraih uang pembinaan Rp8 juta.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto,S.Sos, pada kesempatan itu juga memberikan hadiah berupa uang Pembinaan Pacu Perahu Tradisional Tipe A dengan 25 pendayung (Lokal) untuk Juara I. Rp. 30 juta  Juara II. Rp.25 juta Juara III. Rp.20 juta Juara IV. Rp.10 juta.

Podsi Muarojambi meraih Juara I, Tedung Kumbang RSUD Raden Mattaher Juara II, Kodak Junior Juara III sedangkan Ashabul Yaman meraih Juara IV.

Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar memberikan hadiah serta uang pembinaan untuk pemenang Pacu Perahu Tradisional Tipe B (Lokal) kepada Tim Dewaruci meraih Juara I Rp 20 juta, Pangeran Kelang Sakti Juara II Rp.15 juta, Dewa Layar Juara III. Rp.10 juta dan Jack Sparrow Juara IV mendapat uang sebesar  Rp.7,5 juta.  (JP-Lee)

Video Youtube Jamberita
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos