Home » , , » H Ivan Wirata: Koperasi Tirta Marga Cipta Mampu Kumpulkan Modal Rp 5,2 Miliar

H Ivan Wirata: Koperasi Tirta Marga Cipta Mampu Kumpulkan Modal Rp 5,2 Miliar

Written By jambipos-online on Senin, 29 Januari 2018 | 20:16

Ketua Koperasi Tirta Marga Cipta  H Ivan Wirata ST MM MT saat dijumpai Jambipos Online dikediamannya di Perumnas Jelutung Kota Jambi, Jumat (26/1/2018). Photo: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Perkembangan Koperasi Tirta Marga Cipta, selama 6 tahun terakhir, yaitu dari tahun 2011 hingga sekarang awal 2018 ini telah membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Hal itu tercermin dari SHU (Sisa Hasil Usaha) pada tahun 2011 baru mencapai Rp 269 juta, maka pada tahun buku 2017, SHU mencapai Rp 665 juta, atau mengalami kenaikan sebesar 2,5 kali lipat.

Kemudian permodalan juga mengalami peningkatan dari Rp 1,8 Milyar di tahun 2011, menjadi Rp 5,2 milyar di tahun 2017, atau mengalami kenaikan sebesar 2,8 kali lipat. Plafon Pinjaman KPN Tirta Marga Cipta pada tahun 2011, baru mancapai Rp 10 juta/orang, sedangkan pada tahun 2017  telah mencapai Rp 80 juta/orang, atau mengalami kenaikan delapan kali lipat.

Demikian dikatakan Ketua Koperasi Tirta Marga Cipta  H Ivan Wirata ST MM MT saat dijumpai Jambipos Online dikediamannya di Perumnas Jelutung Kota Jambi, Jumat (26/1/2018). 

Menurutnya, pada tahun 2017 anggota koperasi  KPN Tirta Marga Cipta berjumlah  275 orang, yang terdiri dari PNS/ASN Pemerintah Provinsi Jambi 254 orang dan ASN Pusat     21 orang. Sedangkan jumlah PNS/ASN Pemprov Dinas PUPR sebanyak 294 orang.

“Jadi ada 40 orang PNS Dinas PUPR Pemprov Jambi yang belum menjadi anggota koperasi. Disini kami  menghimbau melalui Bapak Kadis PUPR Provinsi Jambi untuk mengajak pegawai Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk menjadi Anggota Koperasi. Karena ikut menjadi anggota koperasi kini sangat menguntungkan,” ujar mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi ini.

Dikatakan, hingga Tahun Buku 2017 permodalan Koperasi Tirta Marga Cipta telah mencapai Rp5,2 Milyar dan jumlah dana yang dipinjamkan kepada anggota sebesar mencapai Rp 5,11 Milyar (untuk 181 orang). Kalau melihat dari jumlah anggota koperasi PNS PUPR Prov Jambi sejumlah 254 orang jadi ada kurang lebih 71 % yang belum sejahtera.

“Pada acara rapat anggota tahunan KPN Tirta Marga Cipta tahun buku 2017 Kamis, 18 Januari 2018 llau sudah saya sampaikan perkembangan yang baik pada koperasi ini. Saya juga memberikan penghargaan  kepada Anggota yang memasuki usia pensiun atas partisipasi dan kontribusinya terhadap koperasi selama ini,” tambahnya.

Menurut Ivan Wirata, penghargaan juga diberikan kepada Anggota penabung sukarela aktif atas kepercayaannya setiap bulan menabung di koperasi antara Rp 1 Juta/bln, Rp 500 Ribu/bln dan Rp 200 Ribu/bln. Kemudian Anggota peminjam terproduktif telah memanfaatkan koperasi sebagai solusi permasalahan keuangan yang tanpa masalah.

“Melalui koperasi  inilah, kita bisa membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan menuju kesejahteraan bersama, sebagai upaya mensukseskan program kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Perkembangan koperasi Tirta Marga Cipta selama 6 tahun terakhir harus kita syukuri sebagai usaha bersama dengan rasa kekeluargaan untuk sejahtera bersama,” katanya. (JP-Lee)

Share this article :

Posting Komentar