Home » , , , , » Gerakan Kelas Inspirasi di Kerinci

Gerakan Kelas Inspirasi di Kerinci

Written By jambipos-online on Thursday, January 11, 2018 | 08:17

Dibuka Pendaftaran Relawan Kelas Ispirasi Kerinci II 
Maulina Septiany, seorang insinyur teknik sipil asal Palembang, sedang menjelaskan tentang profesinya dengan menggunakan maket untuk menarik perhatian anak-anak. Fotografer : Bayi Dewa
Jambipos Online, Kerinci-Sejak digagas pertama kali di tahun 2012 oleh beberapa relawan dari kalangan profesional dan Tim Indonesia Mengajar (IM), Kelas Inspirasi (KI) semakin diminati oleh banyak kalangan yang memiliki kepedulian di dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya animo relawan serta semakin banyaknya kota/kabupaten yang melakukan kegiatan yang sama dari tahun ke tahunnya. 

Tercatat lebih dari 100 kota/kabupaten di Indonesia yang telah menyelenggarakan Kelas Inspirasi, bahkan banyak diantaranya lebih dari satu kali penyelenggaraan.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya masing-masing di hadapan siswa-siswi Sekolah Dasar.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para relawan, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. 
Anak-anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan Abdullah Akhmadi, seorang insinyur asal Bandung, tentang kilang minyak lepas pantai. Photo:  Bayi Dewa
Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

Kelas Inspirasi Kerinci 1 sendiri telah diadakan pada bulan Juli 2017 lalu di 4 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kec. Kayu Aro. Kegiatan ini diinisiasi oleh beberapa relawan asli Kerinci, baik dari daerah maupun luar daerah. 

Kelas Inspirasi Kerinci 1 menjaring para relawan yang bersedia turun langsung, ikut ambil bagian membangun pendidikan di Kabupaten Kerinci. 

Para relawan yang hadir datang dari berbagai profesi seperti insinyur, dosen, public relation, penulis, dan lain-lain. Mereka tidak hanya berasal dari Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, bahkan juga ada yang berasal dari Jakarta, Bandung, dan Palembang. 

Kelas Inspirasi Kerinci kembali akan diadakan untuk kedua kalinya. Kegiatan ini masih menyasar beberapa SD yang ada di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Tidak hanya itu, Kelas Inspirasi Kerinci II juga berecana akan mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

Dipilihnya Kecamatan Kayo Aro karena kondisi pendidikan SD/MI di daerah tersebut masih butuh perhatian. Kenyataan bahwa daerah Kayu Aro merupakan daerah tujuan wisata bagi pengunjung lokal maupun luar daerah, juga menjadi daya tarik relawan dari berbagai daerah untuk datang dan terlibat di Kelas Inspirasi Kerinci.

Deki Pemana, Koordinator KI Kerinci menjelaskan, “Kayu Aro dipilih sebagai lokasi diadakannya Kelas Inspirasi Kerinci 2 karena di daerah ini pendidikan anak-anak SD/MI sangat membutuhkan perhatian. Mereka perlu diberikan wawasan tentang arti sebuah cita-cita dan juga mengenalkan berbagai profesi yang bisa menjadi cita-cita mereka nanti. Selain itu juga sekaligus mengenalkan Kayu Aro sebagai ikon pariwisata Kerinci, bahkan juga Provinsi Jambi”. 

Syarat utama untuk menjadi relawan pengajar adalah profesional yang bekerja dan mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidangnya dengan pendidikan akhir minimal S1 atau D3/Akademi. 

Sedangkan syarat untuk relawan dokumentator (fotografer dan videografer) adalah profesional/mahasiswa yang bersedia membawa peralatan dan perlengkapan dokumentator saat Hari Inspirasi dan Refleksi. Rencananya, Hari Inspirasi yang menjadi simbol Kelas Inspirasi Kerinci 2 akan diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2018 mendatang. 

Tentang Kelas Inspirasi 

Suasana upacara bendera di SD Negeri 175/III Lindung Jaya, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, dengan latar belakang keindahan Gunung Kerinci. Photo:  Bayi Dewa
Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. 

Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita. 

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan terus berkomunikasi. 

Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus. 

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. 

Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa. 

“Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka”. (JP-Rel)

Apabila ingin bergabung menjadi Relawan Kelas Inspirasi Kerinci 2 bisa mendaftar melalui https://kikerinci.wixsite.com/site/. Atau pantau social media Kelas Inspirasi Kerinci :
Facebook : Kelas Inspirasi Kerinci
Instagram : @kelasinspirasikerinci
Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi: Deki Permana Koordinator KI Kerinci
P : 0812 1810 4958
E : deki.permana@gmail.com  
www.kelasinspirasi.org 


Selain aktivitas di dalam kelas, para relawan Kelas Inspirasi Kerinci juga mengajak anak-anak bermain sambil belajar di luar kelas. Photo:  Bayi Dewa

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos