Home » , » BKIPM Jambi Amankan 7 Ekor Anak Buaya di Bandara Jambi

BKIPM Jambi Amankan 7 Ekor Anak Buaya di Bandara Jambi

Written By jambipos-online on Rabu, 24 Januari 2018 | 07:50

Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi, menggagalkan upaya penyelundupan tujuh ekor anak buaya langka pada Selasa (23/1/2018) sore, sekitar Pukul 17.30 WIB. Binatang dilindungi ini dikirim menggunakan paket Tiki. Photo Jambione.com/Fajar Yogi Arisandi
 Jambipos Online, Jambi-Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi, menggagalkan upaya penyelundupan tujuh ekor anak buaya langka pada Selasa (23/1/2018) sore, sekitar Pukul 17.30 WIB. Binatang dilindungi ini dikirim menggunakan paket Tiki.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tujuh ekor buaya ini terdiri dari empat ekor buaya muara atau (Crocodylus porosus) dan tiga ekor buaya senyulong (Tomistoma schlegelli). 

Kepala BKIPM Jambi Rudi Barmara mengatakan, tujuh ekor buaya ini dikemas seolah-olah paket aksesoris aquarium sebanyak dua paket. “Buaya-buaya ini dipaketkan berbentuk aquascape atau aquarium. Tapi perpantau alat xray kita,” katanya.
BKIPM bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi, menggagalkan upaya penyelundupan tujuh ekor anak buaya langka pada Selasa (23/1/2018) sore, sekitar Pukul 17.30 WIB. Binatang dilindungi ini dikirim menggunakan paket Tiki. Photo Jambione.com/Fajar Yogi Arisandi
Menurut Rudi, tujuan pengiriman paket penyeludupan tersebut adalah Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). “Dikirim menggunakan jasa pengiriman TIKI, dengan tujuan pengiriman Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda,”jelasnya.

Rudi mengatakan, barang bukti sudah diamankan di Kantor BKIPM dan proses lidik untuk menulusuri pengirim paket sedang dilakukan. “Kita juga berkoordinasi dengan BKSDA untuk melakukan pelepas liaran buaya-buaya in ke habitat aslinya,” katanya.(JP)


Sumber: Jambione.com

Share this article :

Posting Komentar