Home » , , , » Zola Harap Budidaya Ikan Gurami Bisa Terus Ditingkatkan

Zola Harap Budidaya Ikan Gurami Bisa Terus Ditingkatkan

Written By jambipos-online on Friday, December 1, 2017 | 20:39

Tingkatkan Produksi, Kurangi Pasokan dari Luar 
Gubernur Jambi H Zumi Zola,S.TP,MA bersama Sekda Kota Jambi, Ir.Budidaya serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi melakukan Panen Ikan Gurami di RT 36 Kelurahan Pal Merah Kecamatan Pal Merah (Kebun Bohok) Kota Jambi, Jum'at (1/12/2017). (Humas)

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola,S.TP,MA bersama Sekda Kota Jambi, Ir.Budidaya serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi melakukan Panen Ikan Gurami di RT 36 Kelurahan Pal Merah Kecamatan Pal Merah (Kebun Bohok) Kota Jambi, Jum'at (1/12/2017).

Zola berharap agar budidaya ikan gurami di Provinsi Jambi bisa terus ditingkatkan, guna meningkatkan produksi ikan gurami Jambi, dan mengurangi pasokan dari luar Provinsi Jambi. “Kita butuh ikan gurami bahkan masih mendatangkan dari luar Provinsi Jambi, " ujar Zola. 

Panen ikan gurami Kelompok Pembudidaya Ikan di RT 36 Kelurahan Pal Merah Kecamatan Pal Merah (Kebun Bohok) Kota Jambi yang diperkirakan mencapai satu ton tersebut merupakan kelompok swadaya masyarakat, terdiri dari Pokdakan Melati, Pokdakan Pucuk Merah, dan Pokdakan Teratai yang mendapat perhatian Gubernur Jambi.

“Benih sepuluh ribu ekor ikan gurami akan kita pantau perkembangannya, sekaligus memperhatikan UMKM dan menyehatkan koperasi guna meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Zola. 

Zola menyampaikan harapan agar satu ekor ikan gurami mampu mencapai berat optimal serta mempertahankan lahan atau kolam tetap menjadi tempat budidaya ikan gurami, ikan mas, dan ikan lele.

“Untuk ikan gurami malahan kita mendatangkan dari luar provinsi, di sini ada gurami dan kebutuhan ikan gurami masih tinggi, sedangkan ketersediaan ikan gurami  justru kurang, kita harap kolam (tempat) ini terus ada," kata Zola. 

Zola menegaskan bahwa program serta bantuan dari pemerintah untuk masyarakat tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kesungguhan secara bersama mewujudkan keberhasilan. “Jika hasil panen terus meningkat, kita beri tambahan bantuan, jangan sampai diberi bantuan malah menurun, apapun program kalau tanpa dukungan masyarakat tidak akan berjalan baik," jelas Zola. 

Zola mengakui pangan merupakan program unggulan yang terus diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. “Penyuluh punya peranan yang sangat penting, tempat masyarakat bertanya atas kinerjanya, saya ucapkan terima kasih kepada para penyuluh," ungkap Zola. 

Pada kesempatan tersebut, Zola menyerahkan penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kategori Penyuluh Perikanan Teladan II Tahun 2017 kepada Elly Maryati Syukur,SP.

Sebelumnya,  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Temawisman,S.Pi, menyampaikan, lahan potensial untuk budidaya ikan di Kota Jambi ada 8 hektar dengan 60 petak kolam ikan gurami, lele, dan ikan mas  berada di RT 36 Kelurahan Pal Merah Kecamatan Pal Merah Kota Jambi. "Panen ikan gurami pertama ada di sini, potensinya 800 kilo sampai satu ton dengan harga Rp35.000 perkilo," kata Temawisman.  

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi memaparkan, lahan 149,97 hektar terdapat kolam 2.000 unit, memproduksi 1.130,75 ton ikan per tahun di Kota Jambi, termasuk didalamnya produksi ikan dari Pal Merah sebesar 415,82 ton per tahun diperkirakan 35-40 persen. "Di sini, usaha swadaya masyarakat kita beri perhatian atas keberhasilan dengan memberikan satu alat pakan, sudah diusulkan pada Tahun Anggaran 2018," kata Temawisman. (JP-Hms-Raihan)



















Gubernur Jambi H Zumi Zola,S.TP,MA bersama Sekda Kota Jambi, Ir.Budidaya serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi melakukan Panen Ikan Gurami di RT 36 Kelurahan Pal Merah Kecamatan Pal Merah (Kebun Bohok) Kota Jambi, Jum'at (1/12/2017). (Humas)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos