Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Zola Dorong Wirausaha Generasi Muda Bangun Jambi

Gubernur Jambi H. Zumi Zola,STP,MA.
Jambipos Online, Muarojambi-Gubernur Jambi H. Zumi Zola,STP,MA, bersama pengusaha asal Jakarta Indra Uno, Ph. D., MBA, menjadi pembicara pada Seminar Nasional Entrepreneurship dengan tema "Sukses Sebelum Lulus Kuliah" di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Sabtu (23/12/2017).

Gubernur Jambi mendorong generasi muda memiliki jiwa wirausaha agar mampu berdaya dan mandiri mengingat angka pengangguran  bertambah dengan adanya pertumbuhan penduduk serta jumlah lulusan semakin banyak setiap tahun sedangkan angkatan kerja yang belum mendapatkan kerja juga bertambah.

“Peluang untuk kerja terbatas, ilmu tidak match(searah) dengan kerjaan,tidak nyaman dengan pekerjaan(karyawan)," ujar Zola. 

Menjadi wirausahawan merupakan peluang besar bagi generasi muda dalam era digital serta keterbukaan informasi dimana anak muda bisa cepat menyebarkan produk serta menggali informasi tanpa batas ruang dan waktu.

“Globalisasi itu terkait teknologi dunia jadi kecil dalam artian kalian bisa mengakses semua informasi dari penjuru dunia menjadi keuntungan bagi kalian," katanya.

Menurut Zola ada beberapa poin yang menjadi pertimbangan dalam meraih sukses. Cara berfikir tidak biasa artinya mampu baca peluang, menjadi pionir bukan follower atau mengekor ikut-ikutan, berwawasan global dengan membangun networking atau jaringan sangat penting berkenalan dengan orang banyak meskipun punya modal tanpa membangun jaringan akan sulit berkembang.

Zumi Zola juga mempromosikan jaket batik hasil karya designer Barly Asmara menunjukkan kreatifitas anak muda bisa dari berbagai sisi. 

“Kalian generasi muda harus bangga dengan dengan budaya dan ini menjadi contoh peluang usaha, foto dan sebarkan ke media sosial menjadi marketing(pemasaran) tanpa batas bisa menjangkau semua orang," kata Zola. 

Pemerintah Provinsi Jambi selaku administrator,  fasilitator,  dinamisator terhadap gerakan positif masyarakat  dalam upaya pembangunan ekonomi dan social.

“Bisa bersaing untuk mendapat pekerjaan atau membuka peluang usaha yang semuanya butuh perjuangan, jangan sampai nyerah duluan karena takut gagal semua itu merupakan bagian proses didalam usaha tidak ada tiket VIP langsung sukses," tegas Zola. 

Lahirnya generasi yang memiliki ilmu pengetahuan menjadi modal utama dimana tanpa wawasan maka tidak mampu bersaing secara baik. “Lulusan UIN STS Jambi menjadi orang hebat  bantu membangun Jambi," tutup Zola. 

Indra Uno, Ph. D., MBA, mengajak anak muda Jambi merubah mindset (pola fikir) menciptakan lapangan kerja bukan mencari lapangan kerja dan Provinsi Jambi memiliki berbagai potensi diantaranya pariwisata, sumberdaya alam, hasil bumi yang perlu pengolahan serta promosi.

“Jangan sampai melamar kerja dimana-mana setelah ditolak baru berfikiran menjadi pengusaha," kata Indra Uno. 

Sebagai pengusaha sukses Indra Uno akan berbagi pengalaman terkait dunia usaha,"Saya akan sampaikan kiat-kiat menjadi pengusaha, mahasiswa bisa memulai sebelum lulus sudah jadi pengusaha dan bisa sukses,  In Sya Allah,” karapnya.

Menurut Indra Uno ada banyak potensi Provinsi Jambi yang bisa dimanfaatkan bagi dunia usaha. Semua perlu eksplorasi dibantu anak-anak muda untuk diekploitasi dan diberikan sebanyak-banyaknya manfaat buat warga Jambi sendiri.

Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Dr. Hadri Hasan menyampaikan harapan seminar tersebut membuka pola pikir menuju personal yang memiliki keinginan berdaya saing dan mampu mandiri membuka peluang kerja.

“Entrepreneurship agar kita tidak tergilas zaman dengan kemampuan kita dapat berkembang maju, mandiri tanpa harus dependen atau bergantung kepada pihak lain,” katanya. (JP-Hms) 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar