Home » , » Zola: Bakohumas, Saluran Penyebaran Informasi yang Efektif

Zola: Bakohumas, Saluran Penyebaran Informasi yang Efektif

Written By jambipos-online on Selasa, 12 Desember 2017 | 06:13

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi Johansyah,SE,ME (kiri) menyerahkan Cendra Mata kepada Dewan Pers, Hendry Ch Banguh pada Pertemuan Bakohumas Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (11/12/2017). Humas
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP,MA mengemukakan bahwa Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) merupakan saluran penyebaran informasi yang efektif. 

Hal itu dinyatakan dalam sambutan tertulis Gubernur Jambi yang dibacakan oleh Asisten II Sekda Provinsi Jambi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir Agus Sunaryo,M.Si saat membuka Pertemuan Bakohumas Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (11/12/2017).

Tema Bakohumas tersebut adalah "Strategi Humas dal Penyebarluasan Informasi tentamg Program Jambi TUNTAS 2021 kepada Masyarakat”.

“Bakohumas merupakan salah satu saluran komunikasi yang efektif untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ujar Zola melalui Asisten II.

Zola menjelaskan, Presiden sudah menginstruksikan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, yang secara tegas menugaskan kepada jajaran Humas Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyebarluaskan narasi tunggal tentang program dan kebijakan pemerintah secara lintas sektoral dan lintas daerah melalui berbagai saluran komunikasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, dan mudah dimengerti. “Bakohumas merupakan salah satu saluran komunikasi yang efektif untuk menyebarluaskan Informasi kepada masyarakat," jelasnya.

Zola mengatakan, kondisi saat ini masyarakat dibanjiri dengan informasi dari berbagai sumber. "Informasi melimpah dengan berbagai kepentingan. Akibatnya informasi semakinsulit dikontrol dan rawan bias, sementara itu respon kehumasan Pemerintah sering telat. Peran-peran pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sering tidak terdengar, tertutup dari pemberitaan kasus korupsi atau tindak pidana lain yang dipandang lebih punya nilai berita," ungkapnya.

“Peran media sebagai salah satu sektor yang penting bagi terciptanya Good Governance, suatu tatanan pengelolaan kenegaraan dan kemasyarakatan yang baik, dimana sektor-sektor yang terlibat didalamnya saling terkait, saling membutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang demokratis, yakni masyarakat yang bercirikan telah menjalankan prinsip-prinsip transparansi kebijakan, kesetaraan pelayanan publik dan partisipasi publik yang baik. Sektor-sektor yang saling terkait dan saling membutuhkan itu adalah media, masyarakat, pemerintah dan swasta," ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan, keterlibatan media memang bisa membantu dalam membingkai (frame) isu-isu yang berkembang, yang berkaitan erat dengan kepentingan warga masyarakat. "Sektor media independen yang terampil dan hidup juga dipandang merupakan sarana yang paling penting menjanjikan bagi masyarakat untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk mendorong dan menjamin stabilitas keamanan," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi Johansyah,SE,ME menyampaikan, tujuan dilaksanakan Bakohumas yaitu untuk menyampaikan informasi ketengah masyarakat sebagai strategi Humas dalam penyebarluasan informasi tentang program Jambi TUNTAS 2021 kepada masyarakat dan untuk meningkatkan pemahaman dan pran serta praktisi Humas dalam penanganan hukum terhadap berita hoax pada media sosial dan jejaringan internet lainnya.

“Era sekarang, informasi sudah sangat terbuka, karenanya informasi harus lebih tersaji dengan cepat dan transparan sebagai media penghubung antara lembaga dan masyarakat," sebut Johansyah.

Peserta yang hadir lebih kurang 121 orang, terdiri dari OPD Pemerintah Provinsi Jambi, Humas kabupaten/kota se Provinsi Jambi, Humas instansi vertikal, dan Humas BUMN, dan para wartawan.

Ada 2 orang narasumber dalam Bakohumas tersebut, yaitu Tenaga Ahli Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementarian Komunikasi dam Informatika, Ahmed Kurnia Soeriawidjaja, dan perwakilan dari Dewan Pers, Hendry Ch Banguh. Penekanan paparan yang disampaikan oleh kedua narasumber adalah peran Bakohumas dalam menyiapkan masyarakat yang cerdas menggunakan media sosial dan menyipaki berita hoax (bohong). (JP-Hms-Sapra Wintani)
Asisten II Sekda Provinsi Jambi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir Agus Sunaryo,M.Si saat membuka Pertemuan Bakohumas Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (11/12/2017).




Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi Johansyah,SE,ME







Share this article :

Posting Komentar