Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


TP PKK Provinsi Jambi Fokus Bina 11 Desa Percontohan

Sherrin Tharia:11 Desa ini akan fokus dibina dan dikembangkan seluruh potensinya

Jambipos Online, Jambi-Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj.Sherrin Tharia Zola melaksanakan Rakor dan sinkronisasi program desa percontohan dengan OPD terkait dan TP.PKK Kab/Kota se Provinsi Jambi. Kegiatan dilaksanakan, Rabu (29/11/2017) bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Jambi Dra.Lutpiah,Ketua TP PKK Kab/Kota,Asisten II Setda Provinsi Jambi,dan pengurus TP PKK,dan OPD terkait.

Pada kesempatan ini Ketua TP.PKk memaparkan skema desa percontohan  dan menetapkan 11 desa percontohan tahun2017-2021, yaitu desa Parit Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Desa perdamaian Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Desa Sukamakmur Babeko Kecamatan Bathin 2, Kabupaten Bungo ,Desa Bram Itam Kanan, Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur ,Desa Arul Kecamatan Muara Bulian kabupaten Batanghari ,Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Desa Sungai Jering Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin, Desa Koto Agung Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Desa Koto Panap Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh, Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi.

Disampaikan ketua TP PKK Provinsi Jambi bahwa tujuan dari Desa percontohan ini adalah untuk memberikan kesadaran masyarakat untuk ikut serta membangun desanya menjadi desa yang modern dan maju namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan adat istiadat warisan leluhur.

“ Secara umum baik pemerintah maupun pengurus dan kader PKK memang sudah sangat paham dengan 10 program pokok PKK namun implementasinya dalam masyarakat masing melukan kehadiran kita untuk terus memberikan asistensi dan advokasi, menyadari kondisi inilah saya mengajak semua pengurus TP PKK dan kader bersama up-date terkait untuk saling bergandeng tangan dan hadir dalam mewujudkan Desa percontohan yaitu desa yang mampu dan mau menggerakkan seluruh komponen masyarakatnya untuk membangun desanya berorientasi pada 10 program pokok PKK"ujar Sherrin.

Dijelaskan oleh ketua TP.PKK bahwa Desa percontohan ini akan dibina oleh TP PKK Provinsi Jambi, TP PKK Kabupaten /Kota ,TP PKK Kecamatan, TP PKK desa atau kelurahan dan Dasa Wisma dengan bermitra bersama OPD terkait LSM ormas tokoh masyarakat tokoh agama dan dunia usaha.

“Desa percontohan ini akan memperkuat pembinaan mental spiritual budi pekerti moral serta gotong royong, di desa ini juga akan dibangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, di desa ini juga akan diperkuat ketahanan pangan sandang papan dan tata laksana rumah tangga serta budaya hidup sehat juga Bagaimana menjaga kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan kesehatan,"katanya.

Sementara itu Asisten II Setda Provinsi Jambi Agus Sunaryo yang hadir mewakili Gubernur Jambi dalam sambutannya menyatakan bahwa TP PKK memiliki peran dalam mendukung pembangunan. "Disemua sektor pembangunan PKK selalu ada disana, ada beberapa hal yang kita ingatkan bersama bahwa PKK itu berperan disemua sektor untuk meningkatkan kesejahteraan,menumbuhkan semangat gotong royong dan dengan adanya desa percontohan ini akan meningkatkan pariwisata,"ungkap Agus.

Dilanjutkannya bahwa PKK memiliki tenaga dan kemampuan tetapi anggaran yang sangat terbatas. "PKK punya kemampuan, tenaga,tetapk anggaran terbatas,untuk itu kita perlu kerjasama, dengan OPD terkait bagaimana mendukung peran PKK, banyak sekali program pembangunan yang saling terkait dan untuk itu harus saling mendukung, untuk itu bisa menyatukan gerak untuk memajukan desa desa kita, "ujarnya.(JP-Hms-Maria)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar