Home » , » Sekda Ajak Para Ulama dan Cendikiawan Terdepan Jaga Kerukunan Umat Beragama

Sekda Ajak Para Ulama dan Cendikiawan Terdepan Jaga Kerukunan Umat Beragama

Written By jambipos-online on Kamis, 14 Desember 2017 | 08:16

H M Dianto  dalam Penutupan Temu Alim Ulama se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Golden Harvest Jambi, Rabu (13/12/2017) malam. Humas
Jambipos Online, Jambi- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs H M Dianto,MSi mengajak para Alim Ulama dan Cendikiawan untuk menjaga kerukunan umat beragama dan antar umat beragama. Peran Alim Ulama harus lebih optimal dalam mengarahkan dan mengawasi proses pembangunan, melalui pemahaman yang luas tentang aturan-aturan agama.

Serta ulama bisa menjadi mitra dengan Pemerintah Provinsi Jambi guna menjaga konsistensi sikap amanah dalam pengelolaan Pemerintah Daerah, karena tata kelola pemerintah yang sesuai dengan Ridho Allah SWT akan mendatangkan keberkahan hidup bagi masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi. Menjalin tali silahturahmi antara Alim Ulama dan Cendikiawan sangat penting. 

Hal itu diungkapkan H M Dianto  dalam Penutupan Temu Alim Ulama se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Golden Harvest Jambi, Rabu (13/12/2017) malam.

H M Dianto mengemukakan, saat ini Pemprov Jambi merasakan beberapa problematika yang masih mempengaruhi harmonisasi dan keindahan kehidupan umat. Diantaranya semakin lunturnya penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama akibat dampak negatif dari globalisasi. Semakin maraknya ajaran agama yang menyimpang serta meningkatnya intensitas konflik horizontal antar umat beragama dan menjamurnya ajakan-ajakan kebencian.

H M Dianto menerangkan, kondisi internal umat Islam juga masih butuh penguatan dalam segala aspek, dari segi akidah. Masih banyak umat Islam yang bergelut dengan kesyirikan yang dibungkus dengan melestarikan tradisi dan budaya. Dari sisi ibadah, masih banyak umat Islam melaksanakan ritual ibadah yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan tidak pernah dikerjakan juga oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.

“Salah satu contoh negatif dari dampak globalisasi adalah narkotika yang semakin marak. Dari data yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jambi, lebih dari 47 ribu orang, hampir 2 persen generasi muda kita terlibat dalam narkotika. Saya mengharapkan kepada para Alim Ulama untuk memberikan wejangan, arahan terkait nilai-nilai keagamaan kepada generasi muda kita, karena dampak dari narkotika bisa merusak generasi muda kita," kata H M Dianto.

Lebih lanjut H M Dianto mengharapkan para alim ulama beserta pimpinan organisasi masyarakat Islam dalam Provinsi Jambi untuk bersama-sama Pemerintah Provinsi Jambi, membantu memikirkan, merumuskan dan menyusun langkah-langkah komperhensif dalam menyelesaikan problematika yang dihadapi oleh masyarakat Provinsi Jambi.

Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Jambi, Drs.H.Amsyarnedi,M.Si menyampaikan, melalui pertemuan ini bisa terwujud sinergitas yang baik antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan para alim ulama, organisasi masyarakat Islam dan cendikiawan dalam menjaga kerukunan umat beragama, serta lebih mempererat erat lagi tali silahturahmi antar alim ulama dan cendikiawan. (JP-Hms-Richi) 




H M Dianto  dalam Penutupan Temu Alim Ulama se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Golden Harvest Jambi, Rabu (13/12/2017) malam. Humas




Share this article :

Posting Komentar