Home » , , , » Bunda PAUD Siapkan Generasi Cerdas, Berkualitas, Kreatif, dan Inovatif Sejak Dini

Bunda PAUD Siapkan Generasi Cerdas, Berkualitas, Kreatif, dan Inovatif Sejak Dini

Written By jambipos-online on Senin, 18 Desember 2017 | 21:39

Jambipos Online, Batanghari-Ketua Tim Pengerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia Zola mengemukakan, Bunda PAUD sebagai mitra pemerintah dalam menyiapkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, berkualitas, kreatif, dan Inovatif untuk membangun generasi yang tangguh di masa mendatang. Hal itu dikemukakan Sherrin saat Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Batanghari, Hj.Yunnita Asmara Syahirsah,SH, bertempat di Gedung Pemuda Batanghari, Senin (18/12/2017).

Pengukuhan diawali dengan ikrar guru PAUD Kabupaten Batanghari dilanjutkan dengan pemasangan selendang dan pin Oleh Bunda PAUD Provinsi Jambi kepada Hj. Yunnita Asmara sebagai Bunda PAUD Kabupaten Batanghari.

“Bunda PAUD adalah simbol dan sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD, Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan mulai dari desa sampai tingkat nasional. Oleh karena itu, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat ikut berperan aktif. Kepada ibu-ibu Bunda PAUD Kecamatan untuk dapat mengambil bagian dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan PAUD yang berkualitas di wilayah masing-masing," ujar Sherrin.

Sherrin mengatakan, peran dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk membebaskan anak dari trend budaya yang tidak mendidik dan mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya. 

“Peran dan kasih sayang dari kedua orang tua sangat penting, juga peranan pendidikan sebagai fungsi bimbingan moral kepada anak, karena dunia pendidikan mempunyai mandat luhur dari para orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak didiknya. Penelitian membuktikan bahwa anak usia 0-6 tahun merupakan masa perkembangan anak. Oleh karena itu, stimulasi dini yang berkualitas mutlak dilakukan kepada setiap anak," ungkap Sherrin.

Sherrin mengharapkan Bunda PAUD Batanghari bisa menjadi wahana dalam melakukan pembinaan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun, yang dilaksanakan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, maka kerja sama semua pihak perlu dibangun dan dikembangkan untuk keberhasilan Pendidikan Anak Usia Dini. Masyarakat juga dapat berperan langsung sebagai sumber, pelaksana dan pengguna hasil pendidikan tersebut," tambah Sherrin.

Sherrin menjelaskan, tugas pokok dan fungsi Bunda PAUD diantaranya, pertama, Menyosiasikan dan memotivasi para pengelola/guru PAUD, masyarakat perorangan atau kelompok dana orang tua akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Kedua, mengajak para stakeholder seperti pengusaha, BUMN, unsur PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan dan dusun peduli PAUD dengan memberikan dukungan dalam bentuk CSR, program yang menyangkut PAUD yang Holistik Integratif. Ketiga, memediasi program organisasi mitra dengan Pemerintah Daerah dan Pusat. Keempat, mendukung program pemerintah pusat, provinsi dan daerah didalam mewujudkan 1 Desa 1 PAUD dengan tolak ukur angka partisipasi kasar (APK) PAUD," Jelas Sherrin.

“Apabila harapan di atas bisa diwujudkan, perkembangan PUAD di Kabupaten Batanghari dapat berjalan dengan baik dan bahkan bisa dijadikan contoh di Provinsi Jambi," pungkas Sherrin.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA, perwakilan OPD terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi, Bupati Batanghari H. Syahirsyah, Wakil Bupati Batanghari Sofia Joesef, Sekda Batanghari, dan Unsur Forkopimda Kabupaten Batanghari, OPD Kabupaten Batanghari, para camat dan lurah se Kabupaten Batanghari, serta para undangan lainya. (JP-Hms-Sapra Wintani)

Share this article :

Posting Komentar