Home » , , » Wagub Jambi Minta Pemkab Kerinci Profesioanal Kembangkan Sektor Wisata

Wagub Jambi Minta Pemkab Kerinci Profesioanal Kembangkan Sektor Wisata

Written By jambipos-online on Thursday, November 9, 2017 | 16:19

Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar (tengah) didampingi Bupati Kerinci Adrozal (kedua dari kanan), Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Jambi Agus Sunaryo (paling kanan) dan Ketua DPRD Kabupaten Kerinci Arpan Kamil, saat diwawancara wawancara usai  Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupsten Kerinci  di Kantor DPRD Kabupaten Kerinci, Kamis (9/11/2017 ) pagi.Photo: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Kerinci - Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk lebih profesional dalam pengembangan sektor wisata di Kerinci sebagai pendapatan asli daerah. Dia juga meminta sektor wisata untuk dikemas dengan sentuhan modern yang diintegrasikan dengan keberadaan pesona alam Kerinci.

Hal tersebut disampaikan Fachrori Umar saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupsten Kerinci  di Kantor DPRD Kabupaten Kerinci, Kamis (9/11/2017 ) pagi.


Fachrori Umar memasuki usia Kabupaten Kerinci ke 59 tahun, belum tampak maksimal penataan serta pengelolan Pesona Alam Kerinci sebagai obyek wisata yang menarik minat wisatawan. 

"Selama ini kunjungan wisatawan ke Kerinci masih cenderung melakukan pendakian Gunung Kerinci. Padahal banyak obyek wisata di Kerinci yang bisa ditata sedemikian rupa agar menarik bagi wisatawan. Misalnya Agro Wisata Bukit Kayu Aro dengan membangun sarana prasarana yang nyaman bagi pengunjung," ujarnya.

Disebutkan, potensi alam Kerinci yang memesona sudah modal dasar sebagai obyek wisata di Provinsi Jambi. Selain pembangunan sarana dan prasarana pendukung wisata, transportasi juga harus direncaakan dengan baik, sehingga wisatawan tak kesulitan untuk melakukan perjalanan wisata di Kerinci.
Fachrori Umar juga meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk bersinergi dan bersama-sama dengan Dinas Parawisata Provinsi Jambi  dalam pengelolaan atau pembangunan saraa-prasarana wisata di Kabupaten Kerinci.

Disisi lain, Fachrori Umar menyampaikan atas nama pribadi dan Provinsi Jambi mengucapkan selamat atas HUT Kabupaten Kerinci Ke-59 Tahun dan mengucapkan selamat atas prestasi - prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci selama ini.

"Atas prestasi yang telah dicapai tentunya ada hambatan sebelumnya, dan itu perlu dipertahankan dan dukungan bersama agar terus prestasi yang telah tercapai lebih ditingkatkan prestasinya disegala bidang," katanya.

Fachrori Umar kembali menekankan agar pariwisata di Kerinci harus lebih dikembangkan lagi mengingat alam Kabupaten Kerinci salah satu wisata menarik bagi wisatawan lokal dan wisatawan asing.

"Kerinci ini wisatanya menarik, dan kita berharap kedepannya agar lebih dikembangkan. Wisata seni budaya dan kulinernya perlu dikembangkan lagi," katannya.

Sementara itu Bupati Kerinci H Adirozal dalam pidatonya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kerinci, memaparkan secara garis besar capaian pembangunan yang dilaksanakan secara merata dan berkeadilan di Kabupaten Kerinci. 

Adirozal mengatakan, sejak Kabupaten Kerinci ditetapkan sebagai branding wisata Provinsi Jambi dan sebagai Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) serta masuknya Danau Gunung Tujuh dalam nominasi sebagai Danau Tertinggi, Terindah dan terbanyak pengunjung di Asia Tenggara, membawa dampak terhadap kunjungan wisatawan ke Kerinci.

"Sejak bulan Januari 2017 hingga September 2017, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kerinci mencapai 1.063 orang. Dan wisatawan nusantara mencapai 78.057 orang," katanya.    

Disebutkan, guna mendukung akses obyek wisata di Kabupaten Kerinci, pembangunan infrastruktur jalan oleh Pemerintah Provinsi Jambi lewat Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi dan Pemkab Kerinci terus dilakukan.

Dalam rangka mewujudkan terciptanya infrastruktur yang baik, terkoneksi antar sektor dan mendukung perekonoman rakyat dan juga sektor wisata, Pemkab Kerinci telah melakukan pembangunan dan peningkatan sarana infrastruktur berkelanjutan di Kerinci.

"Kini jalan dalam kondisi baik meningkat dari 339,82 Km di Tahun 2016 menjadi 400,85 Km Tahun 2017. Pemkab Kerinci juga mendapat dana dari Pusat Rp 15 Miliar untuk pengembagan Bandara Depati Parbo Kerinci. Dana itu untuk pembebasan lahan pelebaran landasan pacu serta perluasan terminal. Hal ini guna mempermudah akses transportasi wisatawan ke Kerinci," katanya.     
Adirzal juga juga mengucapkan terima kasih kepada segenap warga masyarakat Kerinci atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan pembangunan selama kepemimpinannya.

"Saya sebagai kepala daerah mengucapkan terima kasih kepada warga Kerinci atas dukungan dan partisipasi dalam pembangunan, Semoga kedepan dapat terus dipelihara dan ditingkatkan," kata Adirozal.

Dia jua mengajak kepada semua lapisan masyarakat bersama - sama terus mendukung dan berpartispasi membangun pembangunan visi dan misi Kabupaten Kerinci.

"Mari kita bersama - sama terus meningkatkan disegala bidang, baik dibidang wisata, pertanian, bidang pendidikan, bidang perikanan, bidang kesehatan, bidang peternakan, bidang perkebunan, bidang UKM, bidang keagamaan, program keluarga berencana agar terwujudnya Kabupaten Kerinci yang lebih baik dan kedepan masyarakat Kerinci akan lebih sejahtera," katanya.

Turut hadir dalam Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kerinci Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi H Bakri, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori Umar, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Jambi Agus Sunaryo, Ketua DPRD Kabupaten Kerinci Arpan Kamil, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kerinci Murtias, Para Bupati dan Wakil Bupati se - Provinsi Jambi, Para OPD, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, dan Para Tamu undangan lainnya. (JP-Lee)






Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos