Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pemprov Jambi Siapkan Ranperda Pembangunan Kepariwisataan

Wagub: Ranperda ini Acuan Pembangunan Pariwisata 
Danau Kerinci. Photo: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum membacakan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan atas peraturan daerah provinsi Jambi nomor tahun 2012 tentang retribusi jasa umum,kedua ranperda provinsi Jambi nomor tahun 2011 tentang Pajak Daerah,Ketiga Ranperda tentang rencana induk pembagunan kepariwisataan daerah Provinsi Jambi tahun 2016 s.d 2021,keempat Ranperda tentang Perubahan atas Perda Provinsi Jambi tentang Tata cara Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah. Penyampaian keempat Ranperda ini dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD, Selasa (14/11/2017).

Disampaikan Wagub bahwa sesuai dengan semangat otonomi daerah dan desentralisasi fiskal,daerah diberi kewenangan untuk memungut pajak dan retribusi daerah yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan daerah dalam mendanai pengeluarannya. 

Penguatan kewenangan tersebut mengacu pada prinsip menjaga keselarasan dengan kewenangan dalam penyediaan layanan penyelenggaraan pemerintahan.

"Filosofi pembentukan Ranperda ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan hal itu maka peran daerah amat penting untuk menopang keberlangsungan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Dan harus kita sadari bahwa dalam membangun Provinsi Jambi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat perlu didukung oleh seluruh pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat se Provinsi Jambi" ujar Wagub.

Dijelaskan Wagub dalam sesi wawancara bahwa salah satu Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan diperlukan sebagai acuan operasional pembangunan pariwisata bagi pelaku ekonomi,sosial dan budaya.

"Potensi pariwisata tersebut merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian daerah,orang Jambi kita dorong untuk mengunjungi dan mengenal seluruh potensi pariwisata di Provinsi Jambi seperti Kerinci, karena pariwisata harus didorong pengembangannya dan diarahkan secara tepat unttuk meningkatkan pariwisata dan nantinya akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat," ungkapnya.(JP-Hms)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar