Home » , , » Pemkot Jambi Raih Penghargaan TOP IT Implementation on Smart City Development 2017

Pemkot Jambi Raih Penghargaan TOP IT Implementation on Smart City Development 2017

Written By jambipos-online on Thursday, November 2, 2017 | 17:53

Jambipos Online, Jakarta-Pemerintah Kota Jambi meraih torehan prestasi bidang penerapan konsep Smart City (Kota Pintar) oleh Wali Kota H Dr Syarif Fasha ME. Penghargaan ini pengakuan atas prestasi itu diberikan oleh kolaborasi Majalah Itech, ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), Alvara (Marketing Research Agency), serta di dukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dan bersama asosiasi TIK lainnya, menganugerahkan Penghargaan TOP IT dan TELCO 2017 untuk kategori "TOP IT Implementation on Smart City Development 2017" bagi Pemerintah Kota Jambi.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha menerima langsung penganugerahan penghargaan bergengsi di bidang teknologi informasi ini bertempat di Balai Kartini Jakarta, Selasa (31/10/2017). Anugerah TOP IT dan TELCO diberikan kepada Top Management dan IT Managers dari Institusi Pemerintah dan perusahaan IT di Indonesia. 

Kegiatan yang diawali dengan seminar proyeksi bisnis digital 2018 tersebut, turut di hadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Prof. Pratikno, Anggota DPR RI Ingrid Kansil dan Mewakili Menteri Kominfo Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI Samuel Abrijani Pangarepan.

Kota Jambi terpilih untuk meraih penghargaan tersebut bukan tanpa alasan, selain terpilih masuk menjadi 25 kota percontohan penerapan smart city di Indonesia, Kota Jambi juga dinilai memiliki konsep dan komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan smart city secara utuh dan berkesinambungan di daerah.

“Kami hari ini menerima penghargaan untuk kota yang memiliki komitmen dalam mengaplikasikan smart city dan pengembangannya secara berkesinambungan. Ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan seluruh OPD kami Pemerintah Kota Jambi. Penghargaan ini kami persembahkan untuk masyarakat Kota Jambi yang turut berperan serta bersama pemerintah mendukung konsep smart city di Kota Jambi,” kata Fasha.

Menurut Fasha Kota Jambi dinilai berhasil bertransformasi meletakkan aspek fundamental dalam pengembangan smart city untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dan efisien.

“Konsep Smart city yang dimiliki oleh Kota Jambi mungkin sedikit berbeda dengan kota lainnya di Indonesia. Kami tidak hanya berbicara tentang teknologi saja, namun bagaimana konsep membangun kota yang didukung oleh teknologi untuk mewujudkan kota yang layak huni, aman, nyaman, kemudahan aksebilitias pendidikan dan kesehatan yang murah, berkualitas dan manusiawi, serta pelayanan publik yang efektif,” ujarnya.

Kata Fasha, Smart City juga akan dapat meningkatkan daya saing daerah, karena tantangan daerah di seluruh Indonesia hampir memiliki karakteristik yang sama, diantaranya adalah minimnya dana pembangunan, kurangnya pemenuhan standar pelayanan masyarakat, rendahnya kinerja pemerintah, serta kurangnya kualitas SDM. 

“Berbagai kelemahan tersebut kita benahi dan ditutup dengan berbagai inovasi. Inovasi akan kita elaborasikan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan dipadukan dengan strategi pemerintah, serta partisipasi masyarakat. Itulah konsep smart city yang dimiliki oleh Kota Jambi dan sangat berdeda dengan daerah lainnya,” katanya.

Penganugerahan Penghargaan TOP IT dan TELCO 2017 di Balai Kartini Jakarta turut dihadiri oleh jajaran pejabat Pemkot Jambi, seperti Asisten I Sekda Kota Jambi H. Mukhlis, Kadiskominfo Kota Jambi Nirwan, Kadisdik Kota Jambi Arman, Kadis PU Pera Kota Jambi Fatri Suandri, Kadishub Kota Jambi Saleh Ridha, Kabag Humas Setda Kota Jambi Abu bakar, Kabag Protokol Setda Kota Jambi Erwandi dan mewakili Kepala Bappeda Kota Jambi Kabid Fispra Ahmadi. (JP-Adv)




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos