Home » » Wabup Hillal Buka Bimtek Administrasi Keuangan Desa

Wabup Hillal Buka Bimtek Administrasi Keuangan Desa

Written By jambipos-online on Wednesday, October 4, 2017 | 09:20

Jambipos Online, Sarolangun-Wakil Bupati Sarolangun H Hilallatil Badri (Wabup) membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) Administrasi Keuangan Desa Bagi Bendahara Desa Dalam Kabupaten Sarolangun Tahun Anggaran 2017, Selasa (3/10/2017) di Hotel King Sarolangun. 

Dalam pidatonya Wabup menyambut baik dan mengapresiasi acara Bimtek demi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang administrasi keuangan desa.

"Mengingat besarnya dana yang bergulir di setiap desa, selain penggunaannya harus transparan juga harus tertib administrasi keuangan atas semua sumber dana yang dikelola desa," katanya.
 
Wabup menyebutkan, Bimtek bertujuan agar mengerti bentuk, guna dan pertanggung jawaban keuangan dana-dana desa, seperti penyusunan spj yang sebelumnya belum sesuai dengan juknis dan standar pelaporan, seperti masih banyak kurang bukti belanja dan tidak tepatnya waktu pelaporan. 

"Permasalahan juga terdapat pada tidak sesuainya peruntukan dana sesuai juknis yang berlaku," ungkap Wabup. 

"Saya ingatkan ikuti Bimtek dengan baik agar bisa dipraktekkan untuk meminimalisir kesalahan dalam laporan pertanggung jawaban dana," tambahnya. Sebagaimana terlihat di media massa berapa banyak kades yang tersandung dana desa, Wabup berpesan jangan sampai desa terlibat dalam masalah hukum. "Ikuti dengan cermat apa yang disampaikan pemateri," pungkas Wabup. 

Kepala Dinas (Kadis) Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Zaida, dalam pidatonya menguraikan tujuan Bimtek untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta yang terdiri dari pengelola keuangan desa dengan jumlah peserta 50 orang, 10 orang dari kecamatan dan 40 orang dari desa. 

Pada Bimtek ini materi disampaikan oleh nara sumber dari Inspektorat, DPKAD dann Kejaksaan Negeri Sarolangun yang akan berlangsung tiga hari. "Segera praktekkan, kalau administrasi tertib sudah diyakini pertanggungjawaban akan benar," jelas. (JP-Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos