Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Reaksi Zumi Zola Saat Menyeruput Nikmatnya Kopi Koerintji (Go Internasional)

Gubernur Jambi H Zumi Zola saat menyeruput  Nikmatnya Kopi Kerinci.
Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu pendanaan guna meningkatkan produksi Kopi Koerintji (Kopi Kerinci), menyusul semakin tingginya permintaan kopi Kerinci. Hal itu disampaikan Zola saat pertemuannya dengan Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kerinci, di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (28/10/2017).

Kedatangan Perkumpulan Petani Kopi Alam Koerintji tersebut, untuk meminta dukungan Pemerintah Daerah, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Jambi dalam peningkatan produksi Kopi Kerinci, karena permintaan dari luar negeri begitu banyak, dan para petani kewalahan dalam permodalan.

Zola mengatakan, dari hasil kompetisi dan kontes kopi yang diselenggarakan nasional di Jakarta, diikuti oleh Koperasi Kerinci Berkah, yang menangani kopi Kerinci, kopi Kerinci mengalahkan kopi-kopi dari daerah lain.

“Kopi Koerintji yang terbaik se Indonesia, ini suatu kebanggaan bagi kita,”ujar Zola.

Zola menyambut baik serta mengapresiasi apa yang telah diraih oleh Koperasi Kerinci Berkah. Meraih juara 1 dalam festival kopi nasional.

“Suatu kebanggaan kita bersama, kopi Kerinci bisa mengalahkan kopi-kopi yang selama ini sudah mempunyai nama besar, bisa kita kalahkan dengan keunikan rasa dan keistimewaannya. Yang menilai orang luar semua,”kata Zola.

Zola menegaskan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten siap membantu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, terutama masalah pendanaan. Gubernur juga langsung kontak pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jambi, untuk segera membantu, karena secara penilaianya bisa kita bantu, agar produksi kopi Kerinci bisa ditingkatkan karena permintaan dari luar negeri cukup banyak.

Untuk permintaan ekspor saja sekarang perkontainernya 18 ton hingga 19 ton dan itu membutuhkan dana yang cukup besar Selain itu, Zola mengajak seluruh Kabupaten dan kota se Provinsi Jambi, setiap ada event nasional atau provinsi seperti Festival Batanghari, Festival Danau Kerinci dan Festival Candi Muarojambi, agar menyediakan tempat untuk minum kopi seperti coffee shop, agar kopi Arabica Sumatra Koerintji dapat dikenal lebih luas lagi.

“Saya juga menghimbau para pengusaha perhotelan dan Coffee Shop di Provinsi Jambi agar menyediakan tempat minum kopi dari Provinsi Jambi,”tegas Zola.

Kopi Kerinci telah mendapat sertifikat indikasi geografis pada 26 April 2017 dengan nama Kopi Arabika Sumatera Koerintji, yang diberikan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Aidir Amin Daud kepada Bupati Kerinci Adi Rozal Disaksikan oleh Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.

Kopi Arabika Kerinci Provinsi Jambi hanya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian tujuh ratus hingga 1.200 meter dari permukaan laut (MDPL) di daerah Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Georafis (MPIG) Kerinci, Triyono mengatakan, bimbingan dari pemerintah selama ini cukup baik.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan juga Provinsi Jambi, telah berupaya membantu kita dalam memberikan alat produksi kopi seperti alat pengupas kopi dan yang lainnya,”kata Triyono.

Luas kebun kopi Arabika di Kerinci di tiga kecamatan, yakni kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh seluas 629 hekta,r dengan jumlah petani sebanyak 525 KK, dengan produksi rata-rata 1,3 ton per tahun.

Kendala yang dihadapi yaitu modal karena kopi ini dikirim ke luar negeri. Smentara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah menyampaikan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi akan membantu pengembangan Kopi Kerinci.

“Kita akan bantu berupa alat untuk peningkatan penjualan produk berupa hilirisasi produk dengan nilai Rp500 juta, yang dianggarkan pada 2018. (JP-Hms)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar