Home » , » Malam “Marsombuh Sihol” Simalungun Jambi Meriah

Malam “Marsombuh Sihol” Simalungun Jambi Meriah

Written By jambipos-online on Sunday, October 29, 2017 | 08:07

Peresmian dan HUT VI GKPS Tanah Kanaan Jambi 
Tortor Kreasi “haroan Bolon” Simalungun dibawakan Pemuda GKPS Jambi pada Acara malam Marsombuh Sihol Simalungun, Sabtu 28 Oktober 2017 malam di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi.

Jambipos Online, Jambi-Malam hiburan “Marsombuh Sihol” (melepas rindu) ke Tanah Simalungun yang diadakan di lapangan Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Tanah Kanaan Kota Jambi di Jalan Penerangan Simpang Rimbo, Kota Jambi, Sabtu (28/10/2017) malam berlangsung meriah. Sedikitnya 600 orang masyarakat Simalungun dan simpatisan di Kota Jambi ikut menikmati lagu-lagu Simalungun yang dilantunkan artis-artis Simalungun Jambi dan Trio JKR Musik.

Turut hadir dan bersahaja bersama pada  Malam hiburan “Marsombuh Sihol” Simalungun itu yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th dan Istri, Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru Pdt Abdi Jekri Damanik STh MSi dan Istri, Praeses GKPS Distrik VI Medan Pdt JP Tamsar STh dan Inang (mantan Pendeta GKPS Resort Jambi) juga mantan Pendeta yang pernah melayani di GKPS Resort Jambi seperti Pdt Jhon Ricky R Purba MTh dan Inang, Pdt Jensi Purba STh.

Sebelum acara  Malam hiburan “Marsombuh Sihol” Simalungun, terlebih dahulu diadakan Ibadah Kebaktian Penyegaran Iman (KPI) yang kotbahnya disampaikan  GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th. KPI itu dihadiri juga oleh St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP yang pada sore harinya mengadakan Seminar Kebangsaan “Kepemimpinan Kristiani yang Membumi” di Gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi di Jalan Penerangan Simpang Rimbo Kota Jambi, Sabtu (28/10/2017) sore. Seminar itu juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 89 (28 Oktober 2017).

GKPS tidak terpisahkan dari seni – budaya Simalungun. Nafas budaya selalu melekat dalam berbagai kegiatan GKPS dan kehidupan warga GKPS di mana pun berada.  

Sebaliknya cahaya kasih Kristus yang berada di bawah panji GKPS selalu menerangi dan memberi nilai religi pada seni – budaya Simalungun, sehingga kegiatan-kegiatan seni – budaya GKPS senantiasa mampu mempersatukan warga GKPS. Bahkan seni – budaya yang selalu digelar GKPS mampu merajut tali kasih warga Simalungun dari berbagai daerah dan agama.

Eratnya   hubungan GKPS dengan seni-budaya Simalungun menjadi salah satu dasar dan kekuatan bagi GKPS untuk tetap berupaya melestarikan seni-budaya Simalungun. Upaya tersebut tidak hanya dilakukan GKPS di Tanah Simalungun, tetapi juga GKPS di perantauan, termasuk GKPS Jambi.

 “Marsombuh Sihol”

Karena itu berkaitan dengan Peresmian dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) VI GKPS Tanah, Sabtu – Minggu, 28 – 29 Oktober 2017, pentas Seni – Budaya Simalungun  bertajuk “Marsombuh Sihol : Semalam di Simalungun” juga diselenggarakan.

Semalam di Simalungun yang dilaksanakan di GKPS Persiapan Tanah Kanaan, Kota Jambi, Sabtu, 28 Oktober 2017 malam menunjukkan bahwa dalam kehidupan warga GKPS Jambi tetap melekat kecintaan terhadap seni-budaya Simalungun.

Kendati tidak mengundang artis dan pemusik dari Simalungun seperti pesta-pesta seni-budaya di GKPS Jambi selama ini, “Marsombuh Sihol : Semalam di Simalungun” tetap berlangsung meriah dan bersahaja.

Mengandalkan potensi anak-anak, remaja, pemuda, orangtua dan artis Batak Jambi, “Marsombuh Sihol : Semalam di Simalungun” tetap dikemas dengan apik agar bisa memuaskan rasa rindu warga GKPS/Simalungun Jambi terhadap seni-budaya daerah Simalungun.

 “Marsombuh Sihol : Semalam di Simalungun” benar-benar menyuguhkan tarian dan nyanyian Simalungun. Malam kesenian Simalungun dalam rangka Peresmian dan HUT VI GKPS Tanah Kanaan menampilkan “Tortor Sombah”, yang dibawakan Pemuda/Remaja GKPS Persiapan Tanah Kanaan. Kemudian Tortor Kreasi “haroan Bolon” Simalungun dibawakan Pemuda GKPS Jambi.

Sementara itu anak-anak Sekolah Minggu GKPS Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan juga akan menampilkan kepiawaian mereka manortor (menari Simalungun) pada puncak Peresmian dan Perayaan HUT VI GKPS Tanah Kanaan, Minggu, 29 Oktober 2017 siang.

Selain itu ditampilkan juga penyanyi  - penyanyi berbakat dari GKPS Tanah Kanaan dan GKPS Kotabaru. Penyanyi yang memeriahkan pentas seni-budaya Simalungun tersebut, yaitu Rani Melianny Br Saragih Sumbayak.

Rani Saragih merupakan peraih Juara I Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu GKPS se-Distrik VI di GKPS Pekanbaru, Riau, Minggu, 3 Februari 2013 dan Juara III Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu se-GKPS di Medan, Sumatera Utara, Minggu, 30 Juni 2013 lalu. Penampilan Rani Melianny Br Saragih Sumbayak dengan lagu-lagu Simalungun lawas mendapat apresiasi dari penonton.

Kemudian penampilan Trio Pemuda GKPS Tanah Kanaan dengan lagu “Sipungkah Huta” juga mendapat respon gembira dari penonton. Juga penampilan Pemuda GKPS Jambi Kotabaru, penyanyi Simalungun GKPS Jambi, inang Rasma H Saragih dengan lagu-lagu Simalungun juga disambut gembira, penyanyi taur-taur Simbandar, Aris Saragih dan Yunika Br Napitupulu juga tampil memukau penonton.

Penampilan Trio Pendeta GKPS (Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th, Pdt Abdi Jekri Damanik STh MSi dan  Pdt JP Tamsar STh) dengan lagu “Monang Do Ahu” Cipt Pdt Dharma Sitopu (Alm) juga menghangatkan suasana. Dua lagu yang dibawakan Pdt JP Tamsar STh yang juga pencipta Lagu Simalungun ini, mampu melepas rindu terhadap Simalungun serta kebersamaan jemaat GKPS Resort Jambi yang sudah setahun ditinggal oleh Pdt JP Tamsar STh karena menjabat sebagai Praeses GKPS Distrik IV Medan.

Pentas seni-budaya Simalungun meriah berkat penampilan Grup Musik/Trio JKR, salah satu grup musik Batak handal di Jambi yang cukup banyak menguasai lagu-lagu Simalungun. Para penyanyi tersebut secara utuh membawakan lagu-lagu Simalungun bertema podah (nasehat) dan rasa cinta terhadap tanah, seni – budaya Simalungun.

Lagu-lagu lawas tersebut antara lain, “Mulak Pe Au Girah”, “Sipungkah Huta”, “Ilah Nasiholan”, “Horas Simalungun”, “Haporas Ni Silongkung”, “Pasangap Namatorasmu”, “Taur – Taur Simbandar” dan sebagainya.

Seluruh sajian seni-budaya yang ditampilkan pada “Semalam di Simalungun” dan Pesta Peresmian dan Ulang Tahun GKPS Tanah Kanaan sungguh menghibur, memuaskan rasa rindu ke Tanah Simalungun, mempersatukan dan meningkatkan kecintaan kita terhadap seni-budaya Simalungun.

Kenanglah Simalungun. Cintai dan Lestarikan Seni-Budaya Simalungun sebagai salah satu wujud kasih kita warga GKPS di daerah perantauan terhadap Tuhan dan kecintaan terhadap Simalungun. Seperti umpasa Simalungun mengatakan, “Ulos – ulos parombah, Iboban hu pandudaan, Age Tinggi Singkolah, Ulang Lupa Kebudayaan”.  

“Martuah do parjuma – juma, ai buei do buah ni pariama. Salah sada tanda ni hita pongkut maragama, harga hon hita ma tongtong age budaya.”. Sumbangan spontanitas pada “marsombuh Sihol “ Simalungun itu terkumpul uang sebesar Rp 3 Juta lebih. 


Profil Pengisi Acara
Marsombuh Sihol : Semalam di Simalungun


1.          Tim Tortor (Tari) GKPS Tanah Kanaan : Remaja-remaja GKPS Tanah Kanaan yang selama ini sudah sering tampil menmgisi acara-acara pesta seni –budaya Simalungun di GKPS Resort Jambi dan pesta-pesta perkawinan Simalungun di Jambi.

2.          Tim Tortor Pemuda GKPS Jambi (Kotabaru) : Pemuda/Pemudi GKPS Jambi yang selama ini sudah sering tampil pada Pesta seni – budaya GKPS Resort Jambi dan budaya Batak Provinsi Jambi.

3.          JKR Musik dan Trio: Grup musik Batak Jambi yang kini sudah cukup ternama di Jambi dan sering mengisi hiburan acara Pesta-pesta perkawinan dan budaya Batak Jambi. Grup musik ini sering juga mengisi hiburan acara GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan. 

JKR Musik dan Trio termasuk grup musik Batak di Jambi yang sangat banyak menguasai lagu dan langgam musik Simalungun. Grup Musik dan Trio JKR terdiri dari : Tony Manalu (Keyboard), Ruli Rafael Haloho (Seruling/Sulim), P Haloho (Godang/Gual) dan Trio Haloho, Manullang dan Siregar.

4.          Rani Melianny Br Saragih Sumbayak. Penyanyi muda berbakat dari GKPS Tanah Kanaan kelahiran Kota Jambi, 30 Mei 1999. Rani Saragih merupakan peraih Juara I Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu GKPS se-Distrik VI di GKPS Pekanbaru, Riau, Minggu, 3 Februari 2013 dan Juara III Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu se-GKPS di Medan, Sumatera Utara, Minggu, 30 Juni 2013.

5.          Inang Rasma Herdiana Br Saragih Simarmata. Penyanyi Simalungun kelahiran P Hanopan, Simanabun, 6 Mei 1979 yang kini menjadi inang di GKPS Jambi dan sudah pernah tampil pada kegiatan pesta gereja GKPS Jambi.

6.          Trio Pemuda GKPS Tanah Kanaan. Para pemuda GKPS Tanah Kanaan yang memiliki bakat seni, pencipta lagu dan pernah aktif di sanggar budaya Simalungun di Simalungun. Mereka juga menjadi Song Leader andalan GKPS Tanah Kanaan.

7.          Aris Saragih, Ketua Pemuda GKPS Jambi, pemain seruling muda dan penyanyi GKPS Jambi yang sudah sering tampil pada pesta-pesta GKPS Jambi.

8.          Tim Tortor Sekolah Minggu GKPS Tanah Kanaan. Anak-anak Sekolah Minggu GKPS Tanah Kanaan yang selama ini sudah sering mengikuti perlombaan dan mengisi hiburan tortor Simalungun tingkat GKPS Resort Jambi dan Distrik VI.

9.          Tim Tortor Sekolah Minggu GKPS Jambi . Anak-anak Sekolah Minggu GKPS Jambi yang selama ini sudah sering mengikuti perlombaan dan meraih juara lomba tortor Simalungun tingkat GKPS Resort Jambi dan Distrik VI.

10.      Penata Hiburan : St JM Purba, St R Saragih dan St TI Dabungke.

11.      Pembawa Acara : St M Saragih, SH dan St S Purba.

(Asenk Lee /Sr R Saragih)
Kegembiraan di acara "Marsombuh Sihol" Simalungun di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Sabtu 28 Oktober 2017 malam.

Kegembiraan di acara "Marsombuh Sihol" Simalungun di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Sabtu 28 Oktober 2017 malam. 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos