Home » , , , » H Arfan Dampingi Gubernur Jambi Zola Tinjau Pembangunan Relokasi Masjid Nurul Hidayah Simpang Candra

H Arfan Dampingi Gubernur Jambi Zola Tinjau Pembangunan Relokasi Masjid Nurul Hidayah Simpang Candra

Written By jambipos-online on Wednesday, October 4, 2017 | 17:47

Gubernur Jambi H Zumi Zola (kanan) mendapat penjelasan dari  Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi H Arfan (kiri) saat meninjau pembangunan Masjid Nurul Hidayah di Jalan RB Siagian, Simpang Candra Jambi Selatan, Rabu (4/10/2017). Photo: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola didampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi H Arfan meninjau pembangunan relokasi Masjid Nurul Hidayah di Jalan RB Siagian, Simpang Candra Jambi Selatan, Rabu (4/10/2017).

Peninjauan itu sesaat Zumi Zola tiba di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi usai kunjungan kerja dari Jakarta. Pembangunan Masjid Nurul Hidayah oleh PUPR Provinsi Jambi itu sebagai relokasi Masjid Nurul Hidayah yang lama yang terkena proyek pelebaran jalan Simpang Candra menuju Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.(Baca: Pelabaran Jambi RB Siagian-Bandara Sulthan Thaha Jambi Ditarget Desember 2017)

Menurut Zumi Zola, Pemerintah Provinsi Jambi merelokasi Masjid Nurul Hidayah yang berada di Jalan RB Siagian, Simpang Candra, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi ke kawasan yang lebih luas di depan Masjid Nurul Hidayah yang lama.

Disebutkan, relokasi Masjid Nurul Hidayah dilakukan sebagai bagian dari dampak pelebaran jalan menuju Bandara Sultan Thaha Syaifuddin. Selama ini pelebaran jalan di kawasan itu terbentur pembebasan lahan, termasuk lahan masjid yang sangat dekat dengan badan jalan.

“Berkat dukungan Tokoh Masyarakat setempat dan juga pendekatan dari Pak Abdullah Sani kepada masyarakat setempat, akhirnya Jemaah Masjid Nurul Hidayah yang berjumlah 600 orang itu menyetujui masjid itu direlokasi ke lokasi yang lebih luas dan strategis,” ujar Zumi Zola.

Menurut Zola, kapasitas jamaah yang dapat di tampung di masjid baru tersebut jauh lebih banyak dari masjid lama. “Daya tampung masjid baru ini mencapai 600 jamaah, sementara masjid yang lama kapasitasnya hanya berjumlah 400. Semoga dengan keberadaan masjid baru ini masyarakat yang shalat berjamaah akan semakin banyak,” ujar Zola.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, H Arfan mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi, menganggarkan dana dari APBD Provinsi Jambi sebesar Rp 4,3 Miliar untuk pembangunan masjid tersebut.

Pantauan Jambipos Online, dilokasi tampak sejumlah pekerja tengah mengerjakan pembangunan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi. Kata H Arfan, pembangunan masjid dan pelebaran jalan akan diselesaikan hingga Desember 2017.

“Saya minta pihak rekanan pelaksana proyek PT Mitra Cahaya Bersaudara dan konsultan pengawas CV Elniwsa untuk tepat waktu dalam pengerjaan proyek ini, terhitung sejak tanggal kontrak 20 April 2017 dengan masa kerja 180 hari kalender,” kata H Arfan.

Dalam peninjauan itu, Gubernur Jambi H Zumi Zola juga didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah. Usai meninjau pembangunan Masjid Nurul Hidayah, Gubernur Jambi H Zumi Zola, H Arfan dan Johansyah meninjau proyek pelebaran jalan dan pembangunan drainase ruas Jalan RB Siagian, Simpang Candra, menuju Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. (JP-Asenk Lee)
Masjid Nurul Hidayah yang lama Jalan RB Siagian, di Simpang Candra Jambi Selatan, Rabu (4/10/2017). Photo: Asenk Lee Saragih
Gubernur Jambi H Zumi Zola didampingi  Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi H Arfan saat meninjau pembangunan relokasi Masjid Nurul Hidayah di Simpang Candra Jambi Selatan, Rabu (4/10/2017). Photo: Asenk Lee Saragih
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos