Home » , , , » Wagub H Fachrori Umar Ikut Tanam Padi di Jangkat

Wagub H Fachrori Umar Ikut Tanam Padi di Jangkat

Written By jambipos-online on Monday, September 11, 2017 | 16:33

Jambipos Online, Merangin-Dalam kunjungan kerjanya ke Jangkat, Kabupaten Merangin, setelah mengadakan Dialog Wawasan Kebangsaan bersama Tokoh Masyarakat Jangkat pada Sabtu (9/9/2017) malam, Minggu (10/9/2017) pagi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, M Hum didampingi Bupati Merangin, H Al-Haris dan rombongan mengikuti jalan santai bersama warga Desa Muara Madras menuju “Taman Hesti's Garden”.

Selanjutnya, Wagub dan Bupati Merangin beserta rombongan mengikuti Temu Teknis Pertanian, Perikanan dan Kader Pangan, bertempat di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat.

Dalam temu teknis pertanian dengan tema "Kita Sukseskan Program Pembangunan Pertanian dan Perikanan dalam rangka Kedaulatan Pangan di Kabupaten Merangin Untuk mewujudkan Merangin EMAS 2018" yang dilanjutkan dengan menanam padi, Wagub ikut menanam padi sawah di Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat bersama kelompok tani Angro Mandiri dan melepas bibit ikan Nilem di lubuk larangan. Bersama masyarakat setempat, Wagub dan Bupati Merangin ikut menangkap ikan dalam sawah.

Wagub menyampaikan, pemberian Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada petani dengan tujuan agar produktivitas pertanian dapat meningkat dan bisa mensejahterakan para petani. Selain itu, Wagub mengimbau masyarakat untuk menjaga hutan agar tetap lestari, dengan penanaman pohon secara terus-menerus. "Kita jangan bisa menebang hutan saja tapi juga harus bisa menanam kembali," ujar Wagub.

Wagub berpesan kepada para petani agar menjaga alat bantuan pertanian dari pemerintah untuk dijaga dan dipergunakan sesuai peruntukannya.

"Pada kesempatan ini, saya sengaja mengajak beberapa OPD Provinsi Jambi untuk melihat langsung keindahan alam Jangkat, sampai di lokasi kita bisa lihat berbagai jenis wisata alam yang menyejukkan mata, makanya tak aneh Jangkat ini dijadikan kawasan wisata andalan oleh Kabupaten Merangin maupun Provinsi Jambi," kata Wagub.

"Melihat Alam di Kabupaten Merangin cukup bagus dan alami, banyak potensi wisata yang ditemukan masih dalam keadaan alami," sambung Wagub.

Sebelumnya, Bupati Merangin menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wagub Jambi berserta OPD terkait. “Kabupaten Merangin dalam beberapa tahun terakhir ini, hasil pertanian terus meningkat terutama dari 3 Kecamatan, yakni Lembah Masurai, Jangkat Timur, dan Jangkat." Saya sangat mengapresiasi seluruh petani dan penyeluh di Kabupaten Merangin, karena hasil yang dicapai alhamdulillah meningkat," kata Al-Haris.

"Para petani Kabupaten Merangin terus berupaya mengembangkan berbagai macam tanaman komoditi, buah markisa, kopi, strawberry, dan komoditi lainya," sambung bupati.

Al-Haris menjelaskan, untuk memberikan semangat kepada para petani, Pemerintah Kabupaten Merangin telah banyak memberikan bantuan bibit tanaman kepada masyarakat. "Pemerintah Pusat membantu 60 ribu hektar bibit tanaman cabai. Selain itu, Pemkab berkerjasama dengan ITB dalam peningkatan pertanian di kabupaten Merangin,” terang Al-Haris.

Bupati juga menjelaskan, 90 persen warga Merangin hidup dengan pertanian, dan diharapkan pemerintah provinsi dan pusat dapat memberikan bantuan.

Pada kesempatan tersebut, Al-Haris menyerahkan 28 SK CPNS, dari tenaga Honorer Program Penyuluh Pertanian Lapangan, Kerja Harian Lepas, dan Tenaga Bantu Pertanian yang bertugas di wilayah Kabupaten Merangin, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alsintan kepada para petani, serta penyerahan Jaket Pertisun (Pejabat Tidur di Dusun). (JP-Humas-Sapra Wintani)
 






Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos