Home » , , » Puluhan Jurnalis Jambi Dibekali Dewan Pers Soal Kode Etik

Puluhan Jurnalis Jambi Dibekali Dewan Pers Soal Kode Etik

Written By jambipos-online on Thursday, September 28, 2017 | 18:39


Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers 
Anggota Dewan Pers Bidang Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri(Mewakili Ketua Dewan Pers) Nezar Patria saat membuka Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Jambi-Sebanyak 50 orang Jurnalis media cetak, elektronik dan online di Kota Jambi mendapatkan pembekalan soal Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang dilaksanakan Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017). Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers ini terlaksana berkat kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi dengan Dewan Pers. 

Pelatihan ini dibuka oleh Anggota Dewan Pers Bidang Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (Mewakili Ketua Dewan Pers) Nezar Patria. Sebagai pemateri dalam “Safari Jurnalistik Dewan Pers” yakni Nezar Patria dengan judul makalah “UU Pers dan Aturan-aturan Dewan Pers”, Hendri Ch Bangun (Ketua Komisi Pendidikan Dewan Pers) dengan judul materi “Pedoman Media Ciber” dan Marah Sakti Siregar (Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat) dengan judul makalah “Mengenal dan Memahami Kode Etik Jurnalistik”. (Baca: Gelombang Media Siber Menghantam Indonesia)

Ketua PWI Provinsi Jambi Saman Spt dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Jambi merupakan bagian dari program PWI Provinsi Jambi yang disambut baik oleh Dewan Pers. Pelatihan ini penting agar semakin banyak wartawan di Jambi semakin memahami fungsi dan makna dari Kode Etik Jurnalistik. Baca: Marah Sakti Siregar: Wartawan Profesional Harus Miliki Empat Asas Ini

Sehingga para Jurnalis semakin memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam menyuguhkan berita-berita berkualitas dan bisa meredam berita-berita bohong (hoax) yang kini semakin marak di sosial media. 

Kata Saman, para jurnalis penting dalam memahami dan mentaati KEJ dalam menjalankan profesi sehingga terhindar dari hal-hal negatif, khususnya jeratan hukum. Memahami dan mentaati KEJ adalah kunci profesionalitas seorang jurnalis dalam menjalankan tugas jurnalistik. 

4311 Pengaduan 

Sementara Nezar Patria mengatakan, medio tahun 2000 hingga tahun 2010 banyaknya pengaduan pemberitaan yang masuk ke Dewan Pers sebanyak 2313 kasus. Sementara sejak 2011 hingga 2017 pengaduan yang masuk ke Dewan Pers mencapai 4311 kasus. 

Peningkatan jumlah pengaduan itu, juga seiring dengan peningkatan jumlah media seber yang hingga kini mencapai 43.000 media se Indonesia. Namun dari 43.000 jumlah media itu, hanya baru 7 media yang sudah terverivikasi faktual oleh Dewan Pers. 

“Dari survei yang dilakukan Dewan Pers, bahwa hanya sebanyak 20 persen wartawan di Indonesia yang paham dan menaati KEJ. Sebanyak 40 persen jurnalis hanya pernah membaca, namun 40 persen jurnalis tak pernah membaca KEJ. Lewat pelatihan ini diharapkan semakin mensosialisasikan KEJ kepada wartawan guna membangun Pers yang berkualitas,” ujar Nezar Patria. 

Nezar Patria juga mengajak para perusahaan pers dan jurnalis untuk lebih banyak membaca dan memahami dan mentaati KEJ dalam melaksanakan profesi jurnalistik. 

Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers ini ditutup usai pemateri Hendri Ch Bangun dan Marah Sakti Siregar memberikan pencerahan dan pembekalan soal KEJ dan Pedoman Media Siber. 

Acara diakhiri dengan pemberian Piagam secara simbolis oleh Sekretaris PWI Pusat Hendri Ch Bangun kepada perwakilan peserta (Erwin). 

Kemudian Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery Rawas mengajak seluruh peserta pelatihan untuk photo bersama dengan pemateri dari Dewan Pers dan PWI Pusat. (JP-Asenk Lee)
Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.


Anggota Dewan Pers (Mewakili Ketua Dewan Pers) Nezar Patria saat membuka Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.

Musdalifah Membawakan Sebuah Pusisi saat Penutupan Kegiatan.
Drs Arwani (Jambipos Online) saat memberikan kesan pesan Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.


Hendri Ch Bangun (kiri), Ketua PWI Provinsi Jambi Saman Spt (tengah), Marah Sakti Siregar (kanan).


Hendri Ch Bangun
Marah Sakti Siregar.

Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.


Pelatihan Safari Jurnalistik Dewan Pers di Hotel Dua Weston Kota Jambi, Kamis (28/9/2017).Photo2: Asenk Lee Saragih.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos